Hello! What's up brehh?!
Setelah berkutat dengan soal PTS, gue mau share lagi gimana caranya mencari pembaca. Gampang! Banget malah! Enggak percaya nih? (Ya emang percaya mah sama Tuhan yakan, percaya sama gue musyrik)
Jadi, begini caranya gaes.
1. Buat pekerjaan baru dan tulis judulnya (kalau bisa pake caps semua biar mantul) COOL BAD BOY/MY (BAD)BOYFRIEND/BAD BOY VS NERD GIRL.2. Cantumkan genre Tren Fiction aka Fiksi Remaja sebagai genre utama, dan subgenre cantumkan; nerd, badboy, ganteng, coolabes, ketuasosis (osis maksudnya, maap typo), cewekcupuyangiyuhbanget, nakal, keren. (Boleh nambah asal jangan kurang)
3. Ini yang paling wajib ya, paling wajib! COVERNYA KUDU MANU RIOS ATAU CAMERON DALLAS ATAU SHAWN MENDES ATAU ALEX LANGE ATAU HARRY STYLES ATAU JEFRI NICCHOL. TERUS CEWEKNYA ITU KUDU AMANDA RAWLES ATAU SIAPA ITU MODEL VS (BARBARA PALVIN GAK SIH, LUPA GUE) ATAU NATASHA WILONA ATAU ENGGAK MUKA KALIAN LEH UGHA.
4. Ending-nya kudu happy, gaboleh ada sad ending.
5. Alurnya itu harus ada pelakor, terserah dah berapa, mau masukkan sepuluh juga boleh. Pokoknya nanti si cowok harus kegoda sama pelakor, campakin si cewek, terus balik lagi. (Yhaaa jilat ludah sendiri ea)
6. Jangan lupa kasih adegan ekhem-ekhem di beberapa bagian, kalau perlu lebih, dikasih mature content biar degem pada baca heuheu.
Sekian tutorial dari saya, kurang lebihnya gaada, oke, kembali ke laptop!
Cara menarik minat pembaca bagian dua.
» Beli readers di olshop ngahahhaha
Oke stop! Kali ini serius, udah enggak ada jebakan lagi.
Tips dari gue untuk menarik minat pembaca :
» Don't judge a book by cover kayaknya udah enggak berlaku lagi sih ya, karena gue pribadi juga kadang masih suka nilai dari sampulnya. Exactly, ini untuk strategi pemasaran aja, buat sampul yang sekiranya menarik minat pembaca untuk buka karya kalian (ingat ya, menarik! Bukan bagus).» Kasih blurb yang misterius, buat pembaca penasaran, dan bertanya-tanya apa isi cerita kalian ini?
» Awali dengan prolog yang sama misteriusnya dengan blurb. Kalian harus baca berulang-ulang sebelum dipublikasikan kalau prolog kalian gini, kira-kira menarik atau enggak ya?
» Alur cerita jelas, tidak bertele-tele. Tidak banyak drama tapi perbanyak dengan kejadian yang dirasa nyata agar menambah sensasi ketika membaca.
» Tokoh harus jelas, tidak bersinggungan dan tidak mendominasi antara yang satu dengan yang lain (ini sih buat gue pribadi ya).
» Rajin promosi, bukan berarti kalian jadi sales atau apa ya, ini untuk membantu memperkenalkan cerita kalian ke publik. Tapi pliss, jangan sering-sering promosi di status, itu emang hak kalian, tapi gimana atuh nasib followers kalian? Notif teh muncul banyak banget. Lebih efektif promosi di grup kepenulisan atau saat ada acara review.
» Mau menerima kritik dan saran. Jangan sampai kena star syndrome ya kawan-kawan acu.
Kayaknya dari gue cukup sekian, kalau teman-teman punya tips lain, boleh di-share di kolom komentar ya. Berbagi ilmu itu enggak rugi kok, justru kalau kita berbagi ilmu dan disebar (ilmunya yang bener ya) itu imbasnya balik ke kita lagi manfaatnya. Berbagi ilmu itu gaada mudarat, kecuali ilmu hitam baru enggak boleh hehe.
Jangan lupa vote, komen, dan follow jika menyukainya xixi.
Salam sayang dari Silpia :*
Si ceuceu ketinggalan ngahaha
KAMU SEDANG MEMBACA
[K1] Bad Things in Wattpad ✔
Não FicçãoC O M P L E T E D Buku pertama. [Harap mem-filter segala hal yang berada pada lapak ini, jangan menelannya bulat-bulat] 15+ Mengupas hal-hal yang sering kita temui di Wattpad. Bagi yang merasa kurang cocok dengan konten, silakan pergi dari lapak ini...