Rekomendasi Cerita ala Sil

3.9K 510 69
                                    

Ya, sebenarnya ini enggak penting banget sih. Cuma karena sering banget nemuin orang yang minta rekomen, akhirnya gue buat bagian ini. Sebelumnya, gue menegaskan bahwa tidak ada paksaan, kedekatan, promosi, atau lainnya dalam hal rekomen ini. Ini murni rekomen bacaan-bacaan yang ada di library gue.

Satu lagi, gue enggak mau ada komentar semacam ini.

"Kok punyanya X yang judulnya bliblibli enggak ada sih?"

"Kak, masih bagusan blablabla karya G daripada ini."

Kenapa? Karena gue murni rekomen, kalau sharing sih enggak apa ya, tapi kalau menjatuhkan penulis lainnya, gue menolak.

Oke, langsung aja.

1. Romance

» Historical-Romance
[at]jealoucy dengan karyanya yang berjudul Shades of Twilight. Kalau lu baca ini, sumpah ya, gue berasa pernah hidup juga di zaman kerajaan dulu. Untuk cerita Ka Jea ini, kerajaannya ada di Indonesia dan berhubungan dengan salah satu tempat wisata populer.

[at]Cendarkna dengan karyanya yang berjudul Helenina. Ini sih parah abis, enggak usah diragukan lagi ceritanya. Cara bercerita, kegiatan sehari-hari, deskripsi museumnya, parah abis. Lu bakal ngerasa kalau ini tuh based on true story padahal kata Ka Lovita ini cuma fiksi. Semuanya, dari latar, alur, tokoh, intinya lu bakal ngerasain kalau mereka beneran ada.

(Warning! Yang enggak suka sastra, atau lebih minat bacaan ringan, gue saranin mending jangan baca Helenina. Meski enggak terlalu berat, tapi untuk orang yang enggak mau banyak pikir mungkin bakalan boring jatuhnya)

»Spiritual-Romance
[at]Alnira03 dengan karyanya yang berjudul The Purpose of Life. Ini cerita spiritual terdabes menurut gue. Bahkan novelnya pas pertama open pre-order baru lima sampai sepuluh menit udah ludes 300 eksemplar. Wagelaseh, gue aja ngirim format lewat tiga-empat menit kebagian nomor 200-an. Novel ini juga sudah diakui oleh Ka Ima Madani penulis Assalamu'alaikum Calon Imam.

[at]SusanArisanti dengan karyanya yang berjudul Serenade Jingga

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

[at]SusanArisanti dengan karyanya yang berjudul Serenade Jingga. Entah masih ada atau enggak, ini adalah cerita spiritual pertama yang buat gue terkesan dan gue ingat sampai sekarang. Bukan fokus di romantisnya ya, tapi gimana proses lu menutup aurat dari hati yang dilema, pergaulan yang mengharuskan lu trendi, teman-teman yang pakaiannya terbuka semua, tapi di lain sisi keluarga besar lu religius banget. Di cerita ini juga ada action yang dijamin enggak bakal boring.

»Teen Fiction-Romance
[at]Cendarkna dengan karyanya yang berjudul The Boot Stories : Sepatu Boot, Puisi, dan Sepotong Cupcake. Bercerita tentang kehidupan seorang cewek bernama Anggi, yang baru saja memasuki dunia perkuliahan. Di awal sih mungkin lu bakal mikir mainstream banget ya, tapi kalau udah masuk bagian-bagian selanjutnya bakalan ketagihan kok. Ceritanya juga sederhana sih, si Anggi ini suka sama Ananta-Presiden BEM-yang orangnya super baik, ganteng, berwibawa. Sedangkan nasibnya itu selalu ketemu Sabasnash-wakil Presiden BEM-yang berkebalikan dengan Ananta. Banyak hal receh yang bakal lu temuin di sini seperti karya Kalop yang lainnya (re: kecuali Helenina).

[at]Crowdstroia dengan karyanya yang berjudul Heart of Gold. Cerita selanjutnya datang dari Ka Crowdstroia aka Ka Saras. Menurut gue pembaca yang ngikutin Ka Saras pasti udah enggak meragukan lagi kualitas dari ceritanya. Gue enggak mau bocorin banyak sih, intinya ini sama kerennya dengan cerita lain. Apalagi ini versi Crowrstroia yang mana enggak akan lu duga alurnya.

»Dark-Romance
[at]cecilwang dengan karyanya yang berjudul Evermore (Blue Series). Penggemar cerita romantis tapi sakit bisa baca ini serius. Ini cerita Ka Cecil yang buat gue pengen matiin tokohnya :)). Berhubung udah terbit, lebih baik beli bukunya aja sih wkwkwk. Tapi kalau emang no money coba cek ke akunnya aja, kali aja masih ada gitu ya.

(Baca semua Blue Series kalau emang lu penggila novel angst)

2. Teen Fiction

»Angst-Teen Fiction
[at]InggridSonya dengan karyanya yang berjudul Seven Days For Keshia. Like seriously, ini cerita rekomen banget sih. Banyak hal sensitif yang ada di dalamnya. Gue salut banget sesalut-salutnya sama Keshia yang berhasil menyentil gue tentang masalah keluarga. Ya, kehidupannya emang khas remaja sekarang, tapi ... lu taulah cerita Ka Inggrid enggak berkisar sama cinta.

[at]QueenNakey dengan karyanya yang berjudul Princess-Princess! Sebenarnya ini juga gue enggak tau sih masuk angst atau enggak. Cuma, gue pikir cerita ini cukup sensitif juga. Enggak beda jauh sama SDFK, PP bercerita tentang Princess yang seorang anak bungsu, maminya meninggal pas tau bokapnya selingkuh (seriusan gue enggak habis pikir ya kan), dan arogan yang mana temennya itu cuma ngincer hartanya. Intinya lu kalau suka cerita sejenis ini, PP ini rekomen juga sih.

[at]Raatommo dengan karyanya yang berjudul Proximity. Siap-siap ketemu anak dari dua cerita berbeda, yaitu Summer anaknya Liam-Felicia (Life) dan Shawn anaknya Jamie-Nora (Chasing Memories, judul lamanya Sugar) yang mana mereka ini satu sekolah. Jangan berpikir kalau lu bakal nemuin kisah cinta ala-ala di sini. Karena, masalah mereka lebih dari kisah roman picisan. Pokoknya baca aja deh, enggak masalah juga kalau emang lu belum baca Life dan Chasing Memories, paling agak bingung dikit terus yaudah, nanti juga paham.

3. Horror

»Pure Horror
[at]YuuMikaela dengan karyanya yang berjudul Urban Legends.

[at]Radif_Chan dengan karyanya yang berjudul Creepypasta.

[at]ZhukeLiang dengan karyanya yang berjudul Creepypasta Japan.

Ketiga karya di atas sama sih, sama horornya, sama menegangkannya, dan sama nyebelinnya dengan gambar-gambar jumpscare yang kalau gue sarankan mending lu baca offline biar enggak loading gambarnya WKWKWKWK. Cuma jangan lupa apresiasi dengan vote dan momen setelah baca atau sebelum baca.

Gue sudahi dulu rekomennya, serius ini panjang banget (padahal cuma 870-an words) tapi karena gue emang enggak mau bagian di cerita ini panjang, jadi ((mungkin)) akan ada Part 2 rekomennya. Kalau suka bisa request genre apa yang bakalan gue rekomen selanjutnya.

See you soon,

Sil

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang