Pentingnya Ranking?

1.3K 186 112
                                    

Part terbit bagian 2 dan 3 akan dipost secara acak.

____

Gue bakal bahas mengenai ranking story di wattpad. Beberapa bulan lalu, wattpad mengeluarkan—bukan mengeluarkan juga sih—suatu fitur baru yang setiap sub-genre dapat diketahui rankings.

Di sini, gue mikir gitu ya, buat apasih sebenarnya suatu ranking itu?

Ada beberapa jawaban dari teman-teman gue.

» opening beberapa abad lalu, awokwok

Oke! Gue kembali setelah beberapa lamanya (padahal baru bentar) dengan part YANG UDAH LAMA MAU GUE BAHAS TAPI GUE LUPA MULU WKWKWK.

Yang di atas itu adalah opening yang gue buat beberapa bulan lalu, so, langsung aja ke pembahasan,

SEBERAPA PENTINGNYA SUATU RANKING?

Next!

Apa itu ranking?

Ranking adalah peringkat.

...

Wkwkwk

pe·ring·kat n tingkat; pangkat: biasanya perjuangan untuk mencapai kemerdekaan kurang mengalami tantangan pada -- pertama

Kalau kalian pengguna baru wattpad, coba tengok bagian tagar cerita kalian, di situ ada tulisan #2889 dalam roman. Contoh ya gengs, contoh.

Itu tuh yang dimaksud ranking aka peringkat. Ranking, bukan rangking. Beda ya, beda.

Jadi, ini tuh didasari atas pemikiran gue mengenai, "Kenapa sih banyak spam suruh baca cerita dan banyak tagar buat jadi ranking 1 di tagar itu?"

Padahal ya, yang kebanyakan dipinang penerbit pun ngeliatnya dari viewers, bukan peringkat setiap tagarnya. Yang penting mah viewers berjuta-juta (sotoy lu) terus langsung deh diterbitin. Beberapa yang beruntung juga yang murni bagus walau pembaca belum sampai jutaan bisa terbit. Tapi gue rasa dibanding yang peminatnya banyak, yang terbit murni karena bagus itu sedikit dan (bagus versi gue ya).

Di sini, keluhan gue adalah ketika berusaha mencapai peringkat satu di setiap tagar penulis bisa jadi sangar. Serem cuy.

Bisa sehari promosi sampe puluhan kali. Sumpah ya, mending kalau sepi, ini lagi ngebahas apa, lagi ramai gitu tiba-tiba dipotong sama promosi. Lah anjir.

Lagian juga, buat kalian yang baru di Wattpad, sekarang mah dapatin peringkat itu mudah. Kalau dulu mah ya, kebanyakan yang masuk what's hot tuh yang emang bagus. Sekarang sih pasti gak jauh-jauh dari tenpik lagi tenpik lagi. Semua genre tenpik. Ini mata gue yang rabun apa emang semuanya tenpik?

Seriusan, gue sampai seheran itu. Balik lagi ke pentingnya peringkat, gue rasa sampai sini kalian udah paham ya? Peringkat itu enggak terlalu ngaruh kok. Seingat gue ya, pas baca balasan Ka Raa soal tagar berperingkat itu, kalau gak salah untuk memudahkan pencarian sama apresiasi penulis apa ya. Kayanya sih gitu.

Jadi, menurut gue juga, tagar berperingkat ini lebih untuk memberikan apresiasi terhadap penulis. Karena kalau genre aja 'kan saingan banyak, mungkin biar penulis pemula juga semangat. Tapi, jangan spam promosi juga ya untuk dapetin sebuah peringkat. Apalagi sampai ganggu yang lain, tidak baik maleh.

Inget yang gue bilang, percaya aja sama diri kalian, kemampuan kalian, setiap penulis itu punya pembacanya masing-masing.

"Pembaca gue gaada tau Sil."

Jadiin diri lu sebagai pembaca karya lu sendiri. Ingat, kalau bukan lu yang mencintai karya lu, siapa lagi?

Dan ingat, promosi boleh, ngarep dapat tagar #1 di semua tagar yang lu pasang boleh, asal jangan dengan cara yang berlebihan ya. Ingat!

Oh iya, setuju enggak kalau pas Bad Things in Wattpad mencapai 60k viewers dan 10k votes, gue adain give away buat kelen?

Rencananya sih, rencana baru ya. Gue 'kan ada novel belum kebaca nih, nanti bisa gue kasih ke kalian. Atau mungkin bisa aja gue ngasih kalian novel, bebas milih asal harganya di bawah 100k wkwk. Atau pulsa mungkin?

Antara itu sih.

Yang setuju komen dong. Kalau komennya lebih dari 30 orang, lanjut nih wkwk.

Satu lagi. Setuju enggak kalau setiap bulan, random tanggal gue buka grup untuk diskusi? Bisa juga gue sharing materi di sana. Tapi khusus sehari dalam sebulan aja, abis itu lu semua gue tendang AWOKWOK.

Yang setuju juga boleh komen. Lebih dari 20 orang, kita buka nih awal tahun 2020.

Dijawab maleh :( aku butuh kepastian.

Udahlah kebanyakan bacot gue, asli dah.

Yang ada saran buat dibahas part depan (selain terbit ya wkwk), silakan komen.

Cukup sekian presentasi hari ini, kurang lebihnya mohon maaf.

Selamat pagi semua~

Serang, 21 November 2019

Hbd beb :*
Beb ....
Ek

Barakallah ukhti syalqadri <3

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang