Apa yang Kalian Cari di Wattpad?

2.4K 391 108
                                    

Long time no see, ya.

Setelah bertarung dengan soal-soal, gue akhirnya balik lagi nich. Ya, pasti pada bingung sama judulnya ya? Gue juga sendiri enggak paham sih, hehe. Pertanyaan ini muncul sudah lama, sejak gue pertama kali menemukan weti di tumpukan link fanfiction. Gue juga masih belum tahu apa yang gue cari di sini. Teman? Pembaca? Ketenaran? Grup menulis? Karya terbit? Duit? Atau kesombongan?

Gue pernah bertanya pertanyaan yang similar kaya judul dan well mayoritas dari mereka menjawab like that.

Kelompok Asem

"Simple aja sih, gue cuma mau nulis."

Kelompok Bau

"Iseng aja sih, siapa tahu makin banyak temen."

Kelompok Caper

"Mau dapet respon selain temen kelas atau temen deket, gimana baca cerita gue reaksinya."

Kelompok Degem

"Gue juga gatau kenapa gue ada di wattpad?"

Masih banyak lagi komen lainnya yang gue dapet dari mereka. Rata-rata ya jawabnya gak jauh dari itu. Pengen terbit, dapet temen, masuk grup kepenulisan, dll.

Sekarang gue tanya sama kalian, apa yang kalian cari di wattpad? Yang pasti bukan jodoh ya (ya gpp sih, cuma masa pacaran sama hape hehe).

Alasan gue sendiri berani terjun di wattpad karena awal mulanya gue nemu fanfiction Harry Potter, terus baca Sweet Marriage or something  gue juga agak lupa, pokoknya ceritanya tentang Abel (15) yang dijodohin sama Rafa (20) terus ya gitu deh, mereka nikah ala-ala hehe. Anyway, satu yang gue syukuri dari cerita pertama yang gue baca (selain ff itu ya) si Rafa ini gutboi bukan betboi hehe. Setidaknya gue enggak menyesal baca itu.

Habis baca itu pun gue masih enggak ngeh kalau weti tuh aplikasi baca bikos gue buka dari web. Pas gue klik home, waduh, cerita banyak keluar. Terus dulu (seingat gue belum ada istilah what's hot deh kayaknya) yang cerita terpopuler itu zamannya cerita Cinta Pangeran Es punya Ka [@]dinni83 sama ceritanya Unforgettable Marriage punya Ka  [@]FlatFlo. Pokoknya tahun 2015 itu masih zamannya cerita nikah-nikahan gitu deh, jarang yang angkat tema remaja nakal kekinian. Yang enggak bikin boring itu tiap cerita mereka pasti ada lawaknya, entah itu yang biasa dialami di kehidupan sehari-hari, atau lawak konyol yang lu auto mikir, "Ada ya orang sekonyol dia."

Yang paling utama juga selalu terselip pesan moral di setiap cerita. Jadi, ceritanya bukan sekadar "cangkang kosong" yang bisanya bikin mewek doang. Kalau pas ditanya sama orang lain, "Apa yang bisa lu ambil dari cerita betboi?"

You said : "Ya biar lebih pilih-pilih lagi kalau mau macarin cowok. Biar bisa belajar kalau cowok betboi juga gak selamanya nakal kok, kebanyakan itu anak broken home."

Ya terserah lu bambang.

Pesan moral, bukan hal receh kaya jawaban di atas. Pesan sendiri itu pasti sesuatu hal penting yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca, dan moral itu adalah sikap. Bukan semata-mata pesan moral bisa diambil seenak jidat kaya gitu. Pesan moral yang baik itu seperti,

"Hal terbaik untuk mencapai cita-cita adalah motivasi dari diri sendiri terlebih dahulu, menguatkan tekad, dan konsisten dengan tujuan awal."

"Egois itu sifat yang patut dijauhi, karena baik untuk diri kita dan untuk orang lain tidak ada untungnya."

"Jangan cepat putus asa, yakinlah bahwa di luar sana banyak tangan-tangan dan hati yang berdoa untukmu. Yakini bahwa diri kita bisa, jangan merasa rendah diri."

Begitu pula dengan contoh lainnya. Walau pesan moral di atas juga belum tepat adanya hehe.

Gue rasa cukup sekian, jangan lupa komentar ya apa yang kalian cari di wattpad? Satu komentar aja boleh kok, lebih juga boleh. Anggap aja curhatan kalian, karena gue suka baca komentar-komentar kalian, apalagi yang unik dan memotivasi.

Yang gue cari di wattpad adalah sesuatu yang dapat mengembangkan tulisan gue, baik segi alur, karakter, penguatan konflik, maupun hal lainnya.

Lastly, guys, you're the best! Believe in yourself, love yourself, and makes your happiness day!

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang