Kesalahan Umum dalam Tulisan

4.4K 871 168
                                    

Ada beberapa kesalahan yang mayoritas gue temukan di cerita wattpad. Emang sih enggak gue baca seluruh cerita wattpad, tapi ya, udah lumayan lah gue ubek-ubek ini aplikasi dari tahun 2015.

Berikut adalah kesalahan umum dalam tulisan.

1. Penulisan kata di-

Disini atau di sini?
Sebagian besar kalian pasti tahunya disini 'kan? Nah, itu penulisan yang salah. Karena di sini itu menunjukkan tempat, yaitu sini, maka penulisannya harus dipisah. Sama aja kaya di sana, di balik, di antara, di depan, di belakang, di tengah, di samping.

Dimakan atau di makan?
Pasti kalian jawabnya di makan 'kan? Itu penulisan yang salah ya. Makan itu merupakan kata kerja, beda dengan tempat, kata kerja harus digabung. Kaya diminum, disapu, dipukul, digoreng, direbus.

2. Elipsis (...)

Aku...menangis di sini.

Aku ... menangis di sini.

Aku... menangis di sini.

Aku..menangis di sini.

Aku.. Menangis di sini.

Mana yang paling benar?
Jawabannya adalah ....

Aku ... menangis di sini.

"Kak, kok pakai spasi sih?"

Elipsis memang harusnya sebelum dan sesudah digunakan spasi kalau di tengah kalimat. Tapi, untuk beberapa versi cetak banyak yang menggunakan versi sesudah elipsis baru dispasi.

Aku... menangis di sini.

Nah, pasti makin bingung 'kan? Nih, gue kasih pengertian elipsis versi KBBI.

elipsis/elip·sis/ /élipsis/ n Ling tanda berupa tiga titik yang diapit spasi (...), menggambarkan kalimat yang terputus-putus atau menunjukkan bahwa dalam suatu petikan ada bagian yang dihilangkan.

Ada kata diapit. Masih belum percaya juga kalau elipsis ini sebelum dan sesudahnya dispasi?

apit n 1 sesuatu yang terdapat di antara dua benda (orang dan sebagainya); sesuatu yang dihimpit (dijepit, ditindih, dan sebagainya); 2 alat untuk menghimpit (menjepit, menindih, dan sebagainya); 3 jejenang; ajudan;

See?

Elipsis juga terdiri dari tiga titik, tiga ya bukan dua. Kecuali elipsis ini berada di akhir kalimat. Contoh :

Aku menggema, dalam keheningan malam. Terus mencari ....

Kok empat? Karena elipsis+titik untuk mengakhiri suatu kalimat. Sampai sini paham? Yang kurang paham inline comment aja.

3. Dialog Tag

Hmm, pada tahu enggak apa itu dialog tag?

dialog/di·a·log/ n 1 percakapan (dalam sandiwara, cerita, dan sebagainya); 2 karya tulis yang disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih;

- Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog, yang menginformasikan identitas si pengucap dialog.

Sc : google

"Aku menangkapnya!" Ucap Jeni.

"Aku menangkapnya!" ucap Jeni.

Mana yang benar?

Yang benar adalah "ucap" dengan huruf u kecil. Karena jika kata ujar, ucap, kata, seru, ungkap, itu masih satu kalimat dengan dialognya. (Cmiiw)

Beda halnya kalau kalimatnya gini,

"Aku lapar, tapi tidak punya uang." Ari mengeluhkan tentang perutnya yang keroncongan.

"Masih ada nasi, tapi tidak ada lauk." Setelah membuka tudung saji itu, Teri pergi keluar.

Jadi kalau udah beda kalimat tuh pakainya huruf besar setelah kalimat dialog tagnya. Yang kurang paham bisa komen ya.

Yang mau tanya juga bisa komen. Karena gue rasa terlalu banyak yang mesti dibahas, jadi kesalahan umum ini nantinya bakal gue bagi ke beberapa part.

Yang punya rekomen masalah dalam tanda baca, kepenulisan, kebahasaan, bisa komen, siapa tahu gue bisa bahas di sini.

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang