Pentingnya Sebuah Judul dan Tema

3.5K 629 70
                                    

Ada yang masih kebalik antara judul dan tema?

ju·dul n 1 nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab itu; 2 kepala karangan (cerita, drama, dan sebagainya); tajuk;

te·ma /téma/ n pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya):

Jadi, judul itu singkatnya adalah nama dari buku yang dipakai. Kalau tema adalah dasar ceritanya. Contoh?

Judul : Kekasih yang Hanyut
Tema : hilang

Kalau kalian tahu premis, pasti bakalan kebalik kaya gue wkwkwk. Oke, jangan bahas premis dulu. Di sini udah deal ya antara tema dan judul.

Let's go!

Pentingnya sebuah judul dan tema

Gue pribadi merasa kalau judul dan tema dalam sebuah cerita itu penting banget. Kenapa? Hal pertama kali yang kita lihat saat beli buku adalah judul. Hal pertama kali yang dilihat dari cerita wattpad adalah judul (beberapa mengatakan cover). Jadi, di sini kita bisa lihat betapa pentingnya sebuah judul.

Jadi, gue paling sebel sama orang yang asal kasih judul (di sini maksudnya tuh judul enggak ada sangkut pautnya sama cerita) terus judul yang aneh-aneh.

Misal :

· My Stupid Pacar

· Cowokku Gak Suka Cewek

· Si Bego Fiance

Oke stop, di sini gue bingung maksimal. Buat contoh nomor satu dan tiga, kenapa gitu harus campur-campur? Kenapa enggak full english atau Indonesia aja? Ya, mending campurnya pas, ini aneh malah.

Terus nomor dua ini sering banget muncul judul yang satu spesies. Di sini diceritain bahwa cowoknya dia enggak suka cewek. Oke, gue ulangi sekali lagi. Cowoknya dia enggak suka cewek.

Jadi, gimana ceritanya itu bisa pacaran? Apalagi sampai klaim dia cowoknya? Lagian, kalau emang mau menarik minat pembaca, enggak harus buat judul ekstrem macam itu. Cukup buat judul yang menggambarkan isi cerita aja. Toh, kalau emang ceritanya bagus bakalan dibaca.

"Kalau udah terbit gimana, Kak? Kan gabisa dibuka segelnya."

Balik buku, ada blurb di situ 'kan? Nah, selain judul, blurb bisa juga menarik minat pembaca. Jadi enggak perlu buat judul yang kelewat aneh dan nyeleneh, asalkan bisa menggambarkan isi cerita udah cukup.

"Itu namanya strategi pemasaran."

Gini ya, kalau seandainya gue jadi penerbit nih, gue enggak bakal lihat dari sisi pemasaran versi mereka aja. Gue bakalan liat kalau seandainya gue sendiri yang jadi konsumen itu bakalan tertarik atau enggak? Kalau gue pribadi sih, enggak berminat baca cerita kaya gitu. Kenapa? Dari judul aja bikin ilfeel, terus entar isinya kaya apa tuh?

Kalau strategi pemasaran versi wattpad alias belum terbitnya, gue tuh menempatkan diri jadi pembaca. Kira-kira kalau gue pembaca nemu judul kaya gini dilirik enggak ya?

Pasti dilirik,

Dilirik buat dihujat :)

Oke, udah kepanjangan. Sekarang bahas tema. Tema sendiri tuh kan dasar, sama pentingnya kaya komponen lain. Emang sih ada kemungkinan kalau judul aneh temanya bagus bisa dipertimbangkan. Cuma, balik lagi nih. Tergantung juga sama eksekusi penulisnya. Percuma juga sih kalau judul oke, tema oke, blurb oke, eh ... pas eksekusi hancur total. Lebih bagus lagi kalau semua oke.

So, cukup sekian pembahasan kita hari ini, semoga bermanfaat. Bila ada salah kata datangnya dari saya, bila ada kebenaran datangnya dari Allah SWT.

(Oke, berasa lagi tausiyah wkwkwkw)

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang