Komentar Negatif vs Komentar Memaksa

4.7K 917 201
                                    

Manusia di dunia ini emang beragam karakter. Kadang, lu enggak bisa memaksakan pendapat atau keinginan lu ke khalayak atau seseorang. Apalagi sampai ngancem ini itulah. So, gue di sini mau bahas tentang beragam komentar yang sering banget ditulis sama readers.

Tipe-tipe komentar negatif :

1. Komentar Memaksa
"Next part!"
"Cepet update dong!"
"Lama banget deh, udah nungguin dari tahun lalu."
"Kak, kangen deh sama XX. Next dong! Enggak sabar nih!"
"Capek nunggu, udah buka work lain masih belum up juga. Ini author ke mana sih?!"

Blablabla
Gini ya pembaca yang budiman, author aka penulis juga 'kan manusia. Mereka juga punya kehidupan masing-masing, dan enggak selalu ide yang terlintas tuh bisa segampang lu komen "Next part" dan jadi gitu aja. Di sini sih ngertiin ajalah, jangan maksa mereka, cukup lu komen tentang ceritanya kalau emang udah ada new part pasti langsung dipublikasi.

2. Komentar Pedas
"Apa sih njrit, ceritanya gajelas banget. Kesel gue liatnya!"
"Sampah! Buang aja deh ke laut!"
"Gue bukan mau sok pinter ya, tapi lu punya kaca enggak sih? Ini cerita APAAN?"
"Cih! Udah author sombong, cerita gajelas, mati aja deh lu!"

Oke, ini komentar yang sedikit menyinggung work gue yang satu ini wkwkwkwk. Gue emang orangnya julid (nyinyir) ya, tapi kalau speak up yang berujung hate speech itu enggak pernah gue lakuin secara spontan. Jadi, gue tipikal orang yang awalnya gue liat dulu nih mental si penulisnya gimana? Kalau pemarah paling sambil gue bercandain kaya gini,

"Kak, btw lu kayaknya ada salah ketik deh. Coba lu cek lagi ya."

Terus kalau dibales, "Apaan sih. Udah bener juga, berisik deh."

Udah was-was nih, bales aja gini, "Iya kak, maaf. Cuma ingetin, siapa tahu ngetiknya pas malem jadi udah capek gak sadar ada salah 'kan :)?"

Perhatian : gue bakal ngetik gitu kalau udah kenal sama orangnya ya, itu juga enggak secara langsung lewat komentar, biasanya lewat grup spam atau pc. Grup spamnya juga yang orang-orangnya udah pada kenal.

Karena gue udah enggak mau lagi komentar di wattpad. Kenapa? Jadi tuh, gue sekali seumur idup gabung di sini pernah iseng komentar di work seorang penulis, itu gue komentar kurang lebih kaya gini.

"Kak, setahu aku ini kayaknya salah. Seingatku yang benar gini blablabla. Maaf ya, bukan maksud sok pintar atau apa kok ^^."

Terus enggak lama datang balasan, "Iya udah tau! Berisik deh!"

Terus gue kaya pengen teriak,

WHAT THE---

Secara gitu ya, dia penulis yang lagi naik daun (ulet kali ah), seinget gue sih dia baru tenar akhir-akhir itu. Gue juga agak lupa sih siapa, tapi yang jelas username-nya udah gue masukin daftar blacklist. Gila aja sih, gue komen baik-baik, gue kasih contoh malah balesnya gitu. Ya, kalau emang gue salah atau dia enggak mau dikomen kaya gitu, bisa 'kan balesnya santai aja.

Misal,

"Oh iya, thanks ya."

Gitu aja beres kok. Enggak gue komen lagi. Penulis itu harus siap mental dikritik dan diberi saran, jangan mau dipuji doang. Karena, manusia yang stratanya paling mulia ini juga pasti pernah salah, jadi, kalau ada kritik tuh diterima, kecuali kalau udah berbentuk komentar pedas nan negatif. Diemin aja lah kalau gue, atau kalau mau, nanya lewat dm secara baik-baik.

3. Komentar Jahat
Kalau komentar ini yang derajatnya paling tinggi di antara komentar negatif lainnya.

"Si anj**g emang ya, lu tuh udah t*l*l, g*bl*k, gak punya otak apa ya! Cerita lu tuh sampis! Gak pantes buat terbit! Boro-boro terbit, publish aja udah ketinggian buat lu!"

Ya, semacam itulah. Gue lupa pernah liat di mana, ada komentar sejenis itu yang sampai gue ngebatin dah. Kalau gue sih enggak usah bales, langsung block aja. Toh, dia komentar enggak ada etika, dibales nanti malah berantem, sama aja kita kaya dia.

"Kak, gimana cara ngeblock orang?"

Cara block orang (buat yang benar-benar mengganggu aja ya) :
1. Buka profil orang yang mau di-block.
2. Klik tanda titik tiga di kanan pojok atas.
3. Di pilihan "Report or Mute", klik mute.

Tapi, tenang aja. Kalau lu udah blokir orang yang salah, bisa lu unmute dengan lu buka profilnya dia dan klik dibagian tengah (yang biasa untuk follow/mengikuti) itu klik. Tulisannya jadi unmute 'kan, nanti kalau udah dibuka blokirnya, bisa follow lagi.

Cara kerjanya sama kaya ig, mereka enggak bisa nemuin profil lu, tapi lu bisa nemuin profil mereka. (Cmiiw)

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang