Kata Baku

2.7K 444 81
                                    

Hello!

Gue kembali lagi setelah menyepi dari keramaian; setelah berpindah-pindah dimensi; setelah melewati arus kehidupan, gue kembali membawakan hal yang sering diabaikan. Benar! Kata baku sering terlupa oleh pengguna dunia baca tulis ini.

"Apaan sih kata baku kata baku? Gue gasuka formal!"

Tenang breh, gue juga enggak maksa kalian buat nulis formal. Penggunaan kata baku yang gue maksud di sini bukannya cerita lu kudu Anda-saya semua ya—walau emang bagusnya gitu sih hehe—tapi di sini yang gue maksud adalah pembenaran dari hal yang sering dimaklumi orang-orang (apasih bahasa gue belibet kaya uler).

Hal yang paling umum dulu deh yang gue mau kasih pembenarannya. Dimulai dari acuh. Hayo, ngaku enggak yang ngira acuh itu sama dengan tidak peduli!

Kalian itu ... SALAH BESAR TEMAN-TEMAN!

1. ACUH

Menurut KBBI, kata acuh dimaknai dengan :
acuh v peduli; mengindahkan:

Yaps, arti dari acuh tak acuh adalah peduli tidak peduli. Lawan acuh sendiri adalah abai, yaitu cuek. Jadi, sehabis baca ini, cepatlah perbaiki tulisan kalian yang masih salah ya, karena orang yang sudah benar memaknainya nanti saat membaca tulisan kalian jadi rancu.

2. PRESENSI DAN ABSENSI

Kata ini juga sering salah pengertiannya karena kerap kali guru bilang, "Saya mau ngabsen dulu ya." Pemikiran masyarakat yang berkembang adalah mikirnya si guru itu mau ngecek kehadiran murid, tapi ... KALIAN SALAH BESAR LAGI HEHE!

Menurut KBBI, absen yaitu :
/ab·sen/ /absén/ v tidak masuk (sekolah, kerja, dan sebagainya); tidak hadir;

mengabsen/meng·ab·sen/ v memanggil (menyebutkan, membacakan) nama-nama orang pada daftar nama untuk memeriksa hadir tidaknya orang: setiap pagi guru ~ murid-muridnya.

Yang masih sekolah pas mapel Bahasa Inggris atau yang kuliah jurusan Sastra Inggris, mana yang kalau diabsen jawab PRESENT? Ayo tunjuk tangannya!

Yang benar adalah presensi yang diambil dari kata bahasa Inggris, yaitu present.

presensi/pre·sen·si/ /présénsi/ n kehadiran.

Yang baru tahu, silakan mulai sekarang perbaiki kosakatanya ya.

3. PRAKTIK

Yang salah lagi selanjutnya adalah PRAKTIK yang sering diucapkan PRAKTEK. Sehingga menjadi kebiasaan menulis maupun diucap.

praktik/prak·tik/ n 1 pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori: teorinya mudah, tetapi -- nya sukar; 2 pelaksanaan pekerjaan (tentang dokter, pengacara, dan sebagainya): -- dokter dibuka mulai pukul 15.00; 3 perbuatan menerapkan teori (keyakinan dan sebagainya); pelaksanaan: aturan itu menemui kesukaran dalam -- nya;

Jadi, yang benar adalah praktik ya, jangan sampai salah lagi, apalagi yang mau ujian Bahasa Indonesia dan yang mau buka tempat praktik nih.

4. USTAZ

Yang satu ini emang sih gue juga agak kaget, gimana ya breh, selama ini gue nulis ya ustadz sih, terus pas tahu enggak pake d kaya kaget, bengong, melamun, cengo, yaaaayaaaa ... oke abaikan.

ustaz/us·taz/ Ar n 1 guru agama atau guru besar (laki-laki); 2 tuan (sebutan atau sapaan)

Emang si-alan sih :) eh, astaghfirulah, enggak boleh ngumpat.

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang