Bos adalah suri teladan bagi bawahan, tapi tidak semua kelakuannya bisa dicontoh. Salah-salah nanti malah dapat surat peringatan
***
Definisi pujian menurut KBBI: pernyataan memuji. Definisi pujian menurut Wikipedia: menyatakan sesuatu yang positif tentang seseorang dengan tulus dan sejujurnya.
Dari dua sumber valid yang sudah Ana pahami betul maksudnya, tidak ada pengertian yang mendekati umpatan maupun kutukan. Semuanya diartikan dalam klausul baik.
Ana mengetukkan telunjuknya pada dagu berulang kali. Sumber-sumber ini yang melenceng atau otak Deo yang kurang waras? Masa umpatan dikira pujian? Yang benar saja!
Ia menyandarkan punggungnya ke kursi kerja, masih linglung. Innalillahi, kapan Deo memiliki otak layaknya manusia normal pada umumnya? Apa karena dia bos sehingga kemampuan berpikirnya berada di luar jangkauan manusia?
Matanya kembali memindai data yang ditampilkan oleh monitor. Laporan kinerja karyawan sudah selesai. Submit-nya nanti saja ketika mau pulang biar tak ada alasan untuk Deo menyemprotnya lagi. Kalaupun nanti niat menyemprot, Ana langsung cabut. Fair enough.
“Tessa, saya mau keluar. Handle semua telepon yang masuk dan orang-orang yang ingin menemui saya.”
Ana refleks bangkit. Bos datang dan pergi tanpa diundang. Ia harus siaga agar tak terkena sentilan maut mendadak.
“Sampai jam berapa, Pak?” tanyanya sopan.
Deo tersenyum. Laki-laki itu membenarkan kerah kemejanya yang sedikit tergulung. “Jam tiga.”
“Baik, Pak.”
Ana mengangguk sekilas sebagai tanda hormat. Ketika sang atasan lenyap dari jarak pandang, ia menarik napas lega.
Bos tidak ada, bukan berarti bawahan merdeka. Berjaga di balik meja sekretaris terkadang bisa menjadi tugas yang lebih berat dari tugas normal. Setiap jamnya, Ana harus menerima panggilan masuk yang dialihkan ke teleponnya, mencatat permintaan para sekretaris dan direktur yang meminta pengaturan jadwal pertemuan dengan Deo, menyortirnya satu per satu kemudian mengajukannya pada si Bos.
Biasanya, Deo akan berpikir panjang terlebih dahulu sebelum memutuskan sehingga Ana yang di-hantui telepon klien yang meminta kejelasan pengaturan waktu. Direktur utama itu manusia super-super. Super sibuk, super gila tugasnya, super panjang pemikirannya. Umpatan yang seharusnya membuat Deo kesal saja di-pelesetkan menjadi pujian apalagi intrik para koleganya.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Devil Boss [TAMAT]
ChickLitᴘᴇʀᴀᴛᴜʀᴀɴ ᴘᴇʀᴛᴀᴍᴀ Dilarang mendekati bos dalam radius dua meter. Khilaf? Takdir. ᴘᴇʀᴀᴛᴜʀᴀɴ ᴋᴇᴅᴜᴀ Bos selalu benar dan bawahan harus menyetujui kebenaran yang ada. Khilaf? Potong bonus. ᴘᴇʀᴀᴛᴜʀᴀɴ ᴋᴇᴛɪɢᴀ Dilarang melakukan skinship apa pun bentuknya...