24

1.9K 298 16
                                    

Cerita panjang yang kelam


















Di dataran Honam yang subur, dimana terkenal dengan desa Jeonju Hanok dan hasil bumi yang luar biasa. Jeonju telah menjadi pusat regional penting di provinsi ini selama berabad-abad.

Jeonju adalah ibu kota Kerajaan Hubaekje, yang didirikan oleh Gyeon Hwon. Itu dianggap sebagai modal spiritual dari Dinasti Joseon karena keluarga kerajaan Yi berasal dari sana. Kota ini diduduki oleh gerakan petani Donghak.

Keluarga kerajaan Yi, yang merupakan keturunan bangsawan Kim memiliki seorang putra bernama Kim Sungkyu yang mencintai gadis petani Donghak bermarga Park Hyeji. Seolah janji mengikat sehidup semati, ayahnya raja Gyeon Hwon mengizinkan sang putra untuk menikahi gadis yang ia cintai tanpa syarat.

Semua berjalan lancar hingga mereka dikarunia seorang putri disusul putra tampan dengan nama bakti Park Roseanne dan Kim Jungkook. Bagai hitam di atas putih, Kim Sungkyu meminta sang istri menyetujui sebuah wasiat agar jika sesuatu terjadi nanti--hanya untuk berjaga, kedua buah hati mereka masing-masing Kim Jungkook akan hidup bersamanya karena menyandang marga Kim terhormat dan Park Roseanne akan Tetap berada di pangkuan sang ibu tercinta.

Setelah berbulan-bulan lamanya, semenjak surat wasiat itu dibuat, Jungkook dan Roseanne tumbuh menjadi bocah lugu berusia tiga belas tahun. Mereka tidak kembar juga tidak mirip, hanya sepasang saudara yang hobi bermain ayunan kayu didekat taman danau kerajaan.

"Annyeong~"

Seseorang membungkuk hormat dengan segala tata krama yang telah diajarkan, kedua bocah itu balas membungkuk penuh sopan.

"Panggil aku Tae-oppa"

Hingga semua berubah seiring kedatangan sepasang anak dan ibu dari dinasti Jeoson pemegang kekuasaan tertinggi.

Berjarak dua tahun, mereka bertiga hidup dengan damai tanpa mengetahui fakta yang ada-- hingga satu bulan berikutnya, Park Hyeji didepak keluar dari kerajaan Yi, membawa sang putri kembali pada tempat asalnya dikalangan petani Donghak.

Bukan semudah itu untuk melupakan seseorang, sebab yang namanya cinta saat ini berbeda dengan cinta saat lalu. Kim Sungkyu tak menyangka jika mantan istrinya Kim Taeyeon menghubungkan perasaan dengan politik antar dua kerajaan--Jeoson dan Hubaekje.

Karena sebelum pernikahannya dengan Park Hyeji, lelaki yang menyandang pewaris kerajaan itu telah menjalin kasih dengan putri mahkota Jeoson--Kim Taeyeon. Membuat semuanya makin rumit. Apalagi, Taeyeon bertindak menjadi ratu satu-satunya di Hubaekje menjadikan Park Hyeji sebagai pelayan istana.

Setidaknya aku masih berbaik hati menjadikan dia pelayan daripada harus kembali pada kalangan petani itu--pikir Taeyeon saat menarik kembali Hyeji yang nyaris kembali ke Donghak.

Persoalan dengan Taehyung yang tiba-tiba menjadi oppa dan Hyung bagi kedua sibling itu tak terlalu diambil pusing oleh Hyeji. Bahkan mengingat Taeyeon yang sangat menyayangi Jungkook seperti anaknya sendiri membuat Hyeji yakin akan masa depan sang putra.

Saat Rose hidup diantara kalangan petani, sedangan Jungkook hidup dikalangan bangsawan, Hye ji pun masih tak masalah dengan hal itu. Namun, jiwanya mendadak murka saat dengan kepala matanya sendiri, putra Kim Taeyeon menebaskan pedangnya pada dada Jungkook--putra kandungnya.

Bagai tersambar petir disiang hari, musnah sudah harapan, bahwa Jungkook setidaknya akan menjadi salah satu pewaris dari kerajaan hubaekje. Air mata tak terbendung lagi, saat bocah itu dinyatakan tewas karena ulah saudara tirinya sendiri.

Entah setan dari mana yang merasuki Hye ji , tapi dengan iming-iming kebebasan atas rasa bersalahnya, Hye ji membawa kabur Taehyung menuju bagian timur Jeonju menuju Jeollo utara--daerah lain yang menjadi pusat perdagangan dinasti geryeo.

Tekadnya hanya satu, balas dendam pada Taeyeon dengan membawa pergi putra semata wayangnya untuk disandra--dalam waktu dekat berniatan ingin dibunuh. Berharap Kim Sungkyu membawanya pulang dan menjadikan Taeyeon selir kerajaan untuk selamanya-- setidaknya dia akan menjadi ratu hubaekje lagi.

Empat sampai lima tahun berlalu, tak ada tanda-tanda prajurit suruhan kerajaan yang mencari mereka. Hye ji pun mulai menaruh rasa sayangnya pada Taehyung dan bertekad akan membesarkannya sepenuh hati. Tapi, jika mengingat lagi, lingkungan nan asing ini yang membuat Hye ji harus menjadikan Taehyung boneka permainannya, memutuskan untuk menyebarkan rumor besar yang menjadikan pribadi Taehyung berubah.

Dengan sisa uang yang ada, wanita itu membeli sebuah rumah kuno megah dan mengurung Taehyung disana dengan ancaman-ancaman palsunya mengenai dunia luar. Setelah hidup bersama, itu membuat Hye ji tak ingin kehilangan Taehyung dengan kata lain, pemuda itu dijadikan pengobat rindu pada sang putra-- Kim Jungkook yang telah tiada. Hye ji bersikap protektif pada Taehyung seperti nenek sihir yang takut akan kehilangan sapu ajaibnya.

Mengenai putrinya Roseanne, ia melihat gadis itu terakhir kali bersama Taeyeon pada malam dimana dirinya membawa kabur Taehyung. Bukan tanpa alasan Park Hye ji menyebarkan rumor kotor itu.

Sebab mulai dua tahun yang lalu, ia beralih sebagai pembunuh bayaran untuk para politikus pemegang kerajaan yang tak menutup kemungkinan membunuh suaminya sendiri. Namun tidak, Hye ji tak sekeji itu untuk melakukannya.

Hanya ingin membalaskan dendam- bukan untuk menghabisi orang-orang terdekatnya. Jika saja ia ingin, pasti sudah sedari lalu, dirinya mencari Taeyeon dan Sungkyu untuk melenyapkan mereka. Yapi wanita itu sungguh yakin bahwa Taeyeonlah yang membesarkan Tose dengan baik.

Mengenai Taehyung, pemuda itu tumbuh dengan segala kegelapan dihatinya. Hye ji menyarankan sebuah topeng untuk menutupi luka di wajah sang pemuda sekaligus agar rumor tersebut semakin nyata.

Kala semua orang mulai merasa takut, maka saat itu pula Hye ji merasa Taehyung akan selalu aman di taman bunga miliknya. Hye ji pun tak menyangka, menapa bisa Taehyung tumbuh dengan membawa paras sang ayah begitu lekat.

Mengingatkannya pada masa lalu kelam yang tersimpan jadi kenangan. Wanita itu mendidik Taehyung penuh ambisi. Menjadikannya pemuda dingin yang bersembunyi dibalik sebuah topeng.














THE TRUTH UNTOLD

THE TRUTH UNTOLDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang