Nama gue Maemunah Kayana Gantari, biasa dipanggil indun, agak jauh emang dari nama asli gue. Umur, bisa dibilang lagi imut-imutnya.
Gue baru aja lulus SMA guys dan sekarang lagi menjalani masa-masa gak enakan. Ya, kenapa gue bilang gitu. Karena, sekarang gue belum punya kerjaan, alias nganggur.
Sementara, gue masih butuh jajan dan jangan lupain kuota internet ya. Gue termasuk boros sama yang begituan.
Mau minta ama Nyokap, gak enakan guys. Hidup gue serba salah. Gue juga bukan dari kalangan holang kaya.
Nyokap, kerja di salah satu mall. Perlu kalian tahu, Emak gue itu seorang janda. Gue denger dari bisik-bisiknya tetangga, Emak gue udah menjanda sejak gue baru brojol.
Sebagai anak, gue penasaran banget sama Bokap gue. Pernah gue coba tanya Emak perihal keberadaan Bokap gue, tapi jawabannya selalu 'Bokap lo, dulunya pekerja batu bara. Trus merantau ke Medan. Sampe sekarang gak ada kabar.'
Sampai akhirnya gue bosen sendiri nanyain tentang Bokap yang entah dimana.
"Indun!!!" suara Emak gue udah kayak toak.
"Bangun! Yaelah punya anak perawan malesnya gak ketulungan. Sial amat idup gua," ocehan Emak gue yang terdengar sampai kamar gue.
Sejak lulus SMA, gue sering banget bangun siang (itu mah dari dulu kali). Males banget rasanya bangun pagi-pagi. Biasanya gue gak bakal mempan tu sama teriakkan Emak gue pas mau bangunin gue. Gue bakal lanjutin tidur gue sampai...
Byurrrr...
"Kebakaran! Kebakaran!" akhirnya gue bangun juga, ini ni senjata paling ampuh Emak gue. Guyurin gue pake air comberan, eitss nggak deng.
"Udah dari jaman beheulak gua bangunin lo, dasar perawan males lo." Ocehan yang kayak begini udah jadi makanan gue sehari-hari. Udah kebel telingan gue dengerinnya.
Gue masih ngucek-ngucek mata gue yang kemasukan air siraman Emak gue. Dengan penampilan yang gak terdefinisikan.
"Yaelah Emak, Indun lagi enak-enaknya mimpi jadi milyader malah dibangunin," cetus gue, sementara Emak yang dengerin cuman ketawa ngeremehin doang.
"Ngimpi di siang bolong lu Ndun, buruan bangun anterin gue ke pasar," perintah Emak yang lansung keluar kamar gue.
"Ini ni, udah kasar ngomongnya, taunya masih butuhkan sama anaknya. Dasar Emak-emak bawel," guman gue.
Brakk...
"E bujuk!" teriak gue kaget, karena suara gebrakan pintu yang dihasilkan dari Emak gue yang tiba-tiba muncul.
"Gue denger yang lo omongin," ucap Emak gue dengan mata mematikannya.
Seketika bulu kuduk gue berdiri semua, cepet-cepet gue bangun dari tempat tidur menuju kamar mandi.
Setelah gue udah siap mau nganterin Emak gue ke pasar, eh gantian si Emak yang lelet. Udah setengah jam gue nungguin dia di teras rumah.
"Ekhem, maaf ya lama." Gue yang tadinya mulai nutupin mata, sekarang membelalakkan mata pas ngeliat Emak gue yang baru keluar rumah.
"Mak, kita ni mau ke pasar atau kondangan sih?" tanya gue sama Emak gue, gimana enggak. Emak gue mau ke pasar kayak mau ke kondangan bajunya.
"Gak usah banyak tanya lo, buruan hidupin noh motor lo." Emak gue kalau ngomong suka ngegas emang.
"Baju baru terus, giliran anaknya rombengan bajunya. Gue gak yakin kalau gue anak kandungnya," guman gue sembari berjalan menuju motor.
"Aaa, sakit Mak kuping Indun," kata gue sembari megangin telinga gue yang bernasib malang ini.
"Itu baru jeweran ya, besok-besok gue kepret lu," ancam Emak gue.
---
Udah sekitar satu jam gue ngekorin Emak gue yang milih-milih sayuran. Jangan lupa ya, gue di sini bukan cuman buat nemenin aja. Tapi, gue juga megangin tuh belanjaan Emak gue yang banyak. Jari-jari gue udah pada merah megangin tu kantong plastik.
Sementara Emak gue asyik milihin sayuran. Kadang lucu juga ngeliat Emak yang belanja. Tuh sayuran pada dipegangin dan ditanyain harganya, tapi kagak dibeli. Suka kesian gue liat penjualnya.
"Halo adek manis, mau Abang bantuin bawain belanjaannya," goda Abang-abang penjual sayur.
Kalau udah berurusan ama yang beginian, gue ahlinya.
"Gue sambit lo," ancam gue dengan mata melotot dan satu tangan seolah-olah akan menghantam muka Abang ganjen itu.
"Cantik-cantik galak," tutur Abang penjual tadi.
"kayaknye udah semua tuh belanjaan, yuk lah kita pulang," kata Emak gue dengan santainya.
Namun, langkah Emak gue terhenti saat dengerin para cacing perut gue bernyanyi merdu.
"Eh buset, tu bunyi perut lu ya." Gue cuman bisa nyengir kuda doang dengerinnya.
"Kan tadi Indun belum makan Mak." Emak gue cuman bisa menghela nafas berat.
"Yaudah, kita makan dulu dah." Akhirnya Emak gue peka, kalau gue lagi pengen makan di luar begini. Ini tu kesempatan langka, jarang-jarang Emak gue ngajak makan di luar.
Pas udah di parkiran sebuah rumah makan, gak tahu apa yang dikerumunin para wartawan dari kejauhan. Heboh dah pokoknya, dari jauh aja udah kedenger banget suaranya.
Gue menyipitkan mata mencoba fokus sama objek yang dikerumunin.
"Waduh, gak salah liat ni gue," ucap gue.
"Apaan sih lu, ngomong sendiri," tanya Emak gue yang ngeliat gue ngomong sendiri.
"Mak yang dikerubungin wartawan di depan ntu, pengusaha yang terkenal ntu bukan. Yang kemaren ada di tepi."
"Eh, Arkana Mahendra!!! " eh buset, Emak gue kenapa histeris gini.
Emak gue kayak orang kesurupan, lari seketika menuju tu pengusaha yang terkenal di tv. Gue langsung nyusulin Emak gue yang berlarian.
"Pak Arka, gue-- saya ngefans banget sama Bapak." Gue cuman bisa ngeliatin Emak gue dari jarak beberapa meter.
"Boleh minta foto gak Pak?" Emak gue emang gak tahu malu, gue mencoba menghindar. Tapi mata Emak gue yang tajam ntu gak bisa gue hindarin.
"Hei! Ndun, Indun. Sini bentar," panggil Emak gue, gue yang berniat kabur memberanikan diri buat menghampiri Emak gue yang manggil. Entar kalau gak disamperin, jadi anak durhaka gue.
"Halo, hai..." ucap gue sembari melambaikan tangan ke kamera, sebenernya malu gue menghadap kamera para wartawan.
"Indun, fotoin Emak bentar yak," perintah Emak gue yang gak malu ngeluarin hp jadulnya, saking jadulnya ada pribahasa, kalau ntu hp dilemparin ke dinding hpnya gak bakal hancur. Cuman tu hp udah ada kamera belakangnya, walaupun burem.
"Iye Mak," jawab gue yang langsung aja motoin Emak gue sama Pak pengusaha. Salutnya gue sama ntu Pak pengusaha, beliau gak sombong. Buktinya mau aja diajak foto sama fansnya yang dari antah berantah ini (Emak lu itu, durhaka lu ngatain Emak sendiri).
Muka para wartawan udah pada masem, cepet-cepet gue narik tangan Emak gue dan ngajak dia pulang, tanpa makan dulu.
.
.
.
Hai semua ketemu lagi sama Bebe, dengan cerita baru.
Awalnya Bebe ngerencanain buat nyelesain cerita yang di sebelah dulu. Cuman, ni ide udah pada muncul aja. Dari pada ni ide hilang mending Bebe tuangin aja. Tenang aja, cerita yang di sebelah bakal tetep Bebe usahain update sampai selesai.
KAMU SEDANG MEMBACA
I Love You Mr. Idiot [Completed]
RomanceBanyak cara yang digunakan manusia untuk memenuhi hasratnya menemukan cinta sejati. Mungkin cara Raka sedikit aneh, namun ia meyakini itu akan berhasil. Bagaimana caranya? Penasaran? Langsung baca aja yuk! #1 in akad (May 2021) #2 in different (Sept...