Indun pov
Sekarang gue gak tahu lagi mau kemana, gue masih membopong Emak gue yang kakinya memar dan sikunya berdarah. Mungkin udah cukup jauh gue jalan ninggalin kampung tempat gue dibersarin Emak.
Gue milih beristirahat sebentar di pondok, kelihatannya sih itu pos ronda. Tapi, lagi gak ada orangnya. Gue tuntun Emak gue buat duduk di pos ronda itu. Lalu...
"Mau kemana lo?" tanya Emak gue pas gue beranjak dari pos ronda.
"Mau beli sesuatu Mak," jelas gue.
Tanpa basa-basi gue langsung cabut aja. Sebenernya gue itu mau ke apotek, beliin Emak obat buat lukanya. Gak tahu dah cukup gaknya duit yang ada di kantong jeans gue, yang penting ke apotek aja dulu.
Sesampainya di apotek gue langsung tanyain obat buat luka sama mbak penjaga apoteknya dan untungnya duit gue cukup buat beli tu obat sekalian ama minumnya.
Gue dengan rasa khawatir dan juga sedih, melangkahkan kaki secepat mungkin, supaya cepet ketemu Emak dan ngobati lukanya.
Lokasi apoteknya emang nyebrangin jalan raya setidaknya dua kali, pas mau nyebrang lagi ada anak kecil yang nyebrang main nyelonong aja, dan ya bisa ditebak tu anak hampir aja ketabrak mobil.
Untung aja dengan cekatan gue lari dan narik tu bocah menghindar mobil yang ngebut. Alhasil, gue harus rela telapak tangan gue menyentuh aspal kasar dan sedikit lecet.
Gue langsung ngeliat sinis ke arah mobil yang hampir nabrak bocah tadi.
"Woii, ini jalan bukan punya Kakek lo. Hati-hati kalau nyetir."
Ntah apa yang ada di pikiran yang punya mobil tadi, main nyelonong aja ninggalin korban yang hampir ditabrak tanpa minta maaf. Reflek gue ngancungin jari tengah gue tepat saat mobil itu melintas.
"Anakku!!" teriak Ibu bocah yang tadi gue tolongin.
Sesekali Ibu itu ngecek keadaan anaknya apakah ada luka di badan anaknya. Terus tu Ibu ngeliatin gue, "Kamu gak apa-apa Dek?" tanyanya.
"Kagak ape-ape Buk, tenang aja," jawab gue. Gak mau memperpanjang cerita, gue langsung aja pamit ama tu Ibu.
Dengan sekantong obat di tangan, gue lanjutin lari-lariannya. Sesampainya di pos ronda gue langsung ngobatin luka Emak gue.
"Emak diapain aja sih sama tu tua bangke, ampe begini tangan Emak. Biar entar Indun bales," gerutu gue sambil ngobatin Emak gue.
"Lo kagak usah main-main sama tu rentenir, berabe entar." Nasihat Emak dengan raut wajah yang khawatir.
"Emak, abis ini kita mau kemana?" tanya gue.
"Jalan aja dulu, entar kita bakal sampe kok," jawab Emak dengan muka kagak yakinnya. Yah, walaupun gue tahu sebenernya kita gak ada tujuan lagi, gue ngangguk nurut aja pas Emak bilang 'jalan aja dulu'.
Entah udah berapa jam gue sama Emak istirahat di pos ronda itu, cahaya indah jingga udah menyambut dari ufuk barat. Kagak mungkin kan, kalau gue sama Emak gue nginep di pos ronda malam ini. Akhirnya, Emak sama gue mutusin buat jalan lagi.
Sial, sial emang. Malam ini turun hujan, gue sama Emak harus rela kebasahan. Mau gimana lagi, gak ada tempat tinggal buat disinggahi malam ini.
Setelah beberapa menit menantang hujan, gue ngerasain ada yang beda sama Emak gue, badannya tiba-tiba aja panas. Mukanya pucet banget dan gak lama dari itu, Emak gue pingsan.
"Emak! Mak bangun Mak!!!" tangis gue pacah saat itu juga. Gak ada respon sama sekali dari Mak gue.
Gue panik banget, di tengah hujan deras kayak gini mau minta tolong ke siapa coba. Gue letakin Emak di pinggir jalan dan mutusin buat ngeberaniin diri minta pertolongan sama pengendara yang lewat jalan itu.
"Tolong!!" teriak gue, sembari ngelambaiin tangan. Berharap ada orang yang baik hati mau nolongin gue.
---
Author pov
"Pa, Papa yang fokus dong nyetirnya," ucap Sarah memperingatkan suaminya.
Sedari tadi mata Prasmana tidak fokus pada depan jalan. Matanya mengedarkan pandangan mencari sosok yang selama ini dikhawatirkan.
"Apa kita makan dulu ya Pa, Mama udah laper," rengek Sarah.
"Mama masih bisa mikirin makan dalam keadaan kita yang genting gini Ma," murka Prasmana.
"Loh kok Papa bentak Mama gini, kan tujuan Mama baik. Kalau Papa jatuh sakit, siapa juga yang repot."
"Aku gak minta untuk direpotin," cetus Prasmana.
"Kok Papa jadi gini sama Mama. Mama tahu hal ini penting buat Papa, tapi Papa juga punya tanggungjawab, Papa punya anak dan istri yang harus dihidupi, jadi Papa juga harus tetep sehat."
"Maksud Mama apa? Mama nyumpahin Papa mati gitu."
Terlihat kesalahpahaman terjadi antara Prasmana dan Sarah.
"Papa awas, di depan ada anak kecil!!!" teriak Sarah.
Prasmana seketika mengerem mobilnya mendadak. Badan mereka terhuyung ke depan. Untung saja ada anak gadis yang menarik anak kecil tadi secepat mungkin, sehingga mobil Prasmana tidak sampai menyentuh anak kecil tadi.
Dirasa semua baik-baik saja, Prasmana tidak mau ambil pusing dan membuang waktu lebih banyak jika harus keluar mobilnya sekarang, sehingga Prasmana langsung saja melajukan mobilnya.
Namun, tidak disangka-sangka saat melintasi korban yang hampir tertabrak tadi, anak gadis yang menolong anak kecil tadi mengacungkan jari tengahnya sembari memberi seringai penuh amarah dan mata sinisnya ke arah mobil Prasmana.
"Ih, dasar kurang ajar itu anak. Gak ada malu nunjukin hal-hal kayak gitu di depan umum," guman Sarah, yang masih shock dengan kejadian barusan.
"Udahlah Ma, lagian ini salah kita." Prasmana mencoba menenangkan Sarah.
"Salah kita? Yang ada tu ya semua ini salah Papa, nyetirnya gak bener, gak fokus."
Setelahnya, suasana hening menyelimuti Prasmana dan Sarah.
"Pa, Mama minta maaf. Mama salah ngomong," pinta Sarah.
"Papa juga minta maaf, tadi udah bentak Mama. Yang tadi itu omongan mama ada benernya juga kok," sesal Prasmana.
"Yaudah kita berhenti makan dulu," ajak Prasmana.
Tidak lama setelah makan, mereka melanjutkan perjalanan untuk mencari Ana dan anaknya.
Pada saat itu, Prasmana tidak berdaya untuk menolong kembarannya itu. Semua akses untuk menghubungi Bramasta ditutup oleh Ayah mereka. Alamat tempat tinggal, bahkan di mana tempat kerjanya, Prasmana tidak tahu.
Semenjak hari tu, hari-hari Prasmana diliputi rasa bersalah. Apalagi setelah kematian Bramasta, akibat suatu kecelakaan. Hal itu semakin membuatnya merasa bertanggungjawab atas Ana dan anaknya dari Bramasta.
"Wah, turun hujan Pa," ucap Sarah.
"Gimana kalau kita pulang dulu Pa, besok baru cari lagi." Saran Sarah pada suaminya.
"Yasudah Ma, kita pulang dulu." Prasmana mengiyakan saran istrinya.
Akhirnya mereka memutuskan untuk pulang. Namun, ditengah perjalanan pulang, ada seorang gadis yang terlihat melambai-lambaikan tangannya ke arah mobil mereka.
"Pa, itu kayaknya ada orang yang lambaiin tangan di depan," kata Sarah, sembari menyipitkan mata untuk lebih memastikan.
"Tapi gak usah diladenin Pa, takutnya itu sindikat begal Pa," ucap Sarah ketakutan.
.
.
.
Ups...
Bersambung deh^^
Penasaran sama drama kehidupan Indun?
Pantengin aja terus ya.
Jangan bosen nunggu, nungguin doi aja pada mau (ups), masa nungguin ceritanya Indun kagak mau^^
KAMU SEDANG MEMBACA
I Love You Mr. Idiot [Completed]
RomanceBanyak cara yang digunakan manusia untuk memenuhi hasratnya menemukan cinta sejati. Mungkin cara Raka sedikit aneh, namun ia meyakini itu akan berhasil. Bagaimana caranya? Penasaran? Langsung baca aja yuk! #1 in akad (May 2021) #2 in different (Sept...