Junkyu membuka matanya, menguap kecil lalu melihat ke jendela bus. Tersenyum saat dilihatnya pemandangan pantai.
Sebentar, dia ingat kata sang Ibu kalau sudah melewati pantai berarti sebentar lagi sampai ke desa tempat Neneknya tinggal.
Iya, ini liburan semester dan disuruh orangtuanya mengunjungi sang Nenek. Tak lama bus berhenti tepat didepan gapura desa.
"Junkyuuuu!" Si manis tersenyum lucu saat Neneknya yang kecil itu berlari ke arahnya
"Jangan lari-lari Nenek!"
Junkyu tertawa sembari membalas pelukan erat Neneknya. "Duh, cucuku yang manisss. Udah gede sekarang" tangannya mengusap pipi gembil Junkyu
"Udah dong nek, udah kelas 12 nih!"
"Iya-iya, ayo langsung ke rumah, Nenek udah masakin kamu semur ayam"
Junkyu mengangguk, lumayan capek juga naik bus 6 jam , sudah mau malam juga.
.
Besok paginya Junkyu ikut sang Nenek pergi ke sawah. Junkyu terlihat manis walau hanya mengenakan kaos longgar dan training panjang.
Sampai disawah ternyata banyak tetangga disana, Junkyu hanya menunduk malu ketika ditanyai macam-macam sama mereka. Apalagi digodain mas-mas
"Duh cucuku jadi malu nih, udah-udah" lerai si Nenek membuat semua orang termasuk Junkyu tertawa.
"Nenek mau bantu tetangga dulu ngambil padi, kamu duduk di bawah pohon itu aja" ujar sang Nenek
"Nggak mauu, mau bantu"
"Yaudah"
Junkyu menirukan apa saja yang dilakukan Neneknya , memotong tanaman padi lalu dipukul-pukulkan ke kayu kotak, kata Nenek sampai gabahnya rontok semua.
Walau panas, tapi menurut Junkyu ini seru.
"Lo kurang kenceng tuh" padi ditangan junkyu direbut pelan, dilihatnya cowok tinggi itu hanya tiga kali nggebuk langsung rontok semua . Junkyu tanpa sadar memekik senang, membuat cowok didepannya tersenyum.
"Gue Haruto"
"Junkyu"
"Nih, lap keringat lo tuh" Haruto mengulurkan handuk kecil yang masih bersih ke arah Junkyu.
"Makasih"
Haruto mengangguk."Junkyu! Haruto! Sini ada es sama gorengan!"
Mendengar ada makanan, langsung saja Junkyu menuju sang Nenek. Berlari dengan masih mengelapkan handuk ke lehernya.
"Lucu banget sih"
Haruto terkekeh pelan..
Bersambung...