KATA SI A, KATA SI B DAN KATA SI C.
Tahukah kalian kalau pengulangan kata, baik itu deskripsi yang menerangkan Dialog atau pun Deskripsi tempat, kondiai dan lain lain, akan sangat membosankan dan menjemukan kalau terus-terusan dengan kata yang sama.
Dalam Dialog, pengulangan 'kata si A' dan 'ucap si A' adalah yang paling banyak digunakan. Malah sampai-sampai kita malas bacanya, habis baca dialog, deskripsi keterangannya kita skip.
Nah, sebagai penulis kalian harus punya perbendaharaan kata bervariasi. Dan materi kita kali ini adalah Perbendaharaan Kata Keterangan Dialog. Tanya diri kalian sendiri, dalam menulis pasti kalian selalu mengulang-ulang kata-kata itu-itu saja, paling hebat hanya 5-7 kata yang variasinya kalian gunakan.
Yuk kita list, kata keterangan untuk Dialog apa aja sih yang bisa membuat tulisan kalian berwarna.
Keterangan Standar:
Kata, Ucap, Ujar, Tanya, Seru, Terang, Desis, Desah, Gumam, Gerutu, Cetus, Celetuk, Hardik, Bentak, Sentak, Batin dan lain lain
Keterangan Variatif:
Kalimat menerangkan ini hanya dilakukan para penulis profesional yang mengabaikan kata keterangan penulisan standar diatas.
Contoh:
"Bukan aku yang melakukannya!" sambil berlalu Kosim menggelengkan kepalanya.
"Bukan aku yang melakukannya!" aku Kosim tegas.
"Bukan aku yang melakukannya!" sebuah gelengan mengakhiri kalimat Kosim.
"Bukan aku yang melakukannya!" suara Kosim mendesah pelan, seolah dia bicara pada dirinya sendiri.
"Bukan aku yang melakukannya!" Kosim membatin sambil menatap tidak percaya.
"Bukan aku yang melakukannya!" tanpa menghiraukan keadaan Kosim membahayakan suaranya hingga semua terdiam.
"Bukan aku yang melakukannya!" tolak Kosim sambil tersenyu kecut.
"Bukan aku yang melakukannya!" satu gebrakan meja langsung membuat Kosim menjadi pusat perhatian.
Variasi Keterangan Dialog👆🏿
Coba kalian pahami, untuk satu dialog saja, saya pribadi bisa menuliskan puluhan bahkan mungkin ratusan keterangan yang berbeda.
Hal inilah yang mau saya sampaikan di Materi kali ini, JANGAN HANYA fokus dengan kalimat keterangan Standar saja, yang itu-itu saja.
Kalimat lain, kalimat apa pun, bisa kalian buat keterangan bervariatifnya, cobalah terus berlatih dan mencoba.
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi kepenulisan
RandomHanya beberapa materi materi kepenulisan dari berbagai sumber.