TIPS MENULIS CERPEN

1.6K 119 0
                                    


Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan saat ingin menulis cerpen. Apa saja itu? Simak pembahasan di bawah ini.

1. Menentukan tema.

Hal awal yang harus kamu pikirkan adalah tema. Tanpa sebuah tema, cerita tak akan berjalan dengan beraturan karena tema adalah nyawa dari sebuah karya.

2. Menentukan konsep.

Meski cerpen tidak akan sepanjang novel, tetapi kita memerlukan sebuah konsep agar cerita yang kita sajikan tidak 'lari' dari tema yang kita tentukan. Konsep bisa berupa alur cerpen dan karakter tokoh yang berperan.

3. Riset.

Jangan lupa menggali informasi terhadap karyamu. Jadikan karyamu sempurna dengan informasi yang didapatkan.

4. Menentukan amanat.

Jangan menulis tanpa sebab, sebisa mungkin berilah amanat di balik karya-karya yang kau lahirkan sehingga orang-orang menyenanginya.

5. Menentukan judul.

Judul sebenarnya bisa ditulis di akhir cerita, hanya saja jika kamu masih pemula tidak ada salahnya jika menentukan judul di awal.

6. Menulis cerita.

Biarkan pikiranmu berkelana jauh, jangan batasi jarimu untuk terus menulis meski batas kata yang ditentukan amat sempit. Terus berkarya hingga rasa puas menelusup di dalam dirimu.

7. Membaca ulang.

Setelah selesai dengan imajinasi, jangan lupa membaca ulang. Perhatikan tanda baca yang salah, kata yang kurang efisien, lalu cari apakah ada kejanggalan. Jika ada jangan lupa ditandai. Kalau kamu merasa terlalu banyak kata, tandai scene yang tidak berpengaruh untuk ceritamu.

8. Revisi.

Jika kamu menemukan kesalahan, lakukanlah pembenaran di tanda-tanda yang sudah kau berikan. Jangan lupa untuk menghapus scene yang bagimu tak begitu penting.

Note :

Scene yang tak begitu penting itu maksudnya jika scene itu dihapus, maka tidak berpengaruh besar.

Materi kepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang