KU, KAU, MU

508 24 0
                                    


Masih banyak sekali yg sering salah di tema kali ini bukan? Entah lupa, atau memang belum paham tentang penulisan ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya.

Yang paling mudah diingat itu kata-kata "Aku mencintaimu" atau "Kau milikku seutuhnya"

Kata ganti ku-, dan kau- ditulis serangkai, dengan kata yang mengikutinya, -ku, -mu, -Nya ditulis serangkai dengan kata yng mendahuluinya.

Contoh

📌 Cintaku hanya untukmu
📌 Wajahnya sangat tampan
📌 Rumahnya sedang diperbaiki
📌 Biarlah kumakan coklatmu

_Misalnya_

📌 Kau makan dari kata "Kau + makan (ini bisa digabung) "
📌 Kau memakan dari kata "Kau +( me)  makan" (ini tidak boleh digabung)

Contoh

Dari kejauhan 'ku melihat dua insan sedang memadu kasih.

Supaya lebih aman

Dari kejauhan aku melihat dua insan sedang memadu kasih.

Kata ganti (-ku, -mu, -nya) dirangkaikan dengan tanda hubung apabila digabung dengan bentuk yang berupa singkatan atau kata yang diawali dengan huruf kapital.

📌 KTP-mu (pakai tanda hubung {-})
📌 SIM-nya (pakai tanda hubung {-})
📌 STNK-ku (pakai tanda hubung {-})
📌 Tuhan-ku (pakai tanda hubung {-})

Penggunaan kata si, dan sang.

Kata si, dan sang ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya.

Contoh

📌 surat itu dikembalikan kepada si pengirim (dipisah ya, bukan sipengirim, tapi si pengirim)
📌 Toko itu memberikan hadiah kepada si pelanggan setia.
📌 Wanita itu membelikan sang suami jam tangan mahal.
📌 Lana memarahi sang adik, katena telah mengotori kamarnya.

Catatan: Kata si, dan sang ditulis dengan huruf kapital jika kata-kata itu diperlakukan sebagai unsur nama diri

Contoh

📌 Harimau itu marah sekali kepada Sang Kancil (S, untuk sang-nya menggunakan huruf kapitak, karena menunjukkan untuk kancil)
📌 Para penonton menatap kagum kepada Si Azalea promadona kampus.

Dsb....

Materi kepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang