Dalam sebuah cerita, dibutuhkan sebuah tokoh yang bertugas untuk menggerakkan cerita. Untuk sebuah cerita yang bagus, dibutuhkan tokoh karakter yang jelas dan logis. Bagaimana membentuk sebuah tokoh yang jelas dan logis?1. Menentukan nama yang tidak mirip.
Nama yang serupa akan membuat pembaca kesulitan dalam mengingat tokoh-tokoh yang kamu miliki. Jika hal itu terjadi, bisa saja ceritamu akan sulit dicerna.2. Membuat biodata tokoh.
Biodata tokoh adalah hal yang penting bagi penulis. Hal ini berguna untuk meminimalisir kelupaan juga data antar tokoh yang tertukar. Hal yang harus kamu tuliskan dalam biodata adalah Nama lengkap, Nama panggilan, tempat tanggal lahir, hobbi, makanan kesukaan, minuman kesukaan, tempat kesukaan, hewan kesayangan. Bahkan sebagai tambahan kamu bisa menambah kekurangan serta kelebihan tokoh agar semuanya lebih jelas.3. Mencatat gambaran fisik.
Jika kamu memiliki khayalan tentang bagaimana fisik tokohmu. Jangan lupa untuk dijabarkan. Misal dia berambut pendek, bertumbuh tinggi, berkulit putih, dll.4. Tujuannya dalam sebuah cerita.
Banyak ditemukan tumpukan tokoh figura dalam cerita-cerita, hal ini membuat tokoh itu menjadi mubazir karena tak berperan banyak. Sekedar saran, sebaiknya adakan tokoh yang benar-bener berperan dalam kelancaran ceritamu. Singkatnya 'Tanpa tokoh itu, ceritamu gagal.'5. Konsisten.
Konsisten itu perlu. Apalagi terhadap sikap, sifat, serta fisik tokohmu. Jangan sampai pembaca karyamu malah menemukan keanehan karena tokoh yang sama, tetapi sering berubah-ubah sifat, sikap, serta fisiknya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi kepenulisan
RandomHanya beberapa materi materi kepenulisan dari berbagai sumber.