Penokohan adalah orang-orang / tokoh yang mengisi di dalam cerita kita. Penokohan dibagi menjadi 2, Yaitu tokoh antagonis dan tokoh protagonisKali ini kita akan membahas bagaimana cara menghidupkan karakter antagonis yang di minati pembaca?
ANTAGONIS
1. Antagonis adalah juga manusia. Perlakukan antagonismu sebagai karakter. Beri dia latar belakang, kenangan, keluarga, dan lain-lain. Perlakukan seperti kamu memperlakukan protagonismu. Meski keterangan-keterangan itu nantinya tidak terpakai, tapi kamu harus mengetahui antagonismu sebanyak kamu kenal protagonismu.
2. Beri antagonismu tujuan yang jelas. Apa yang sebenarnya ingin dia raih atau dapatkan? Mereka punya rencana, rencana yang jahat. Kenapa dia harus punya rencana itu? Untuk apa? Mengapa antagonismu ingin mencelakakan protagonis? Meski kelihatannya iseng, tapi pasti ada tujuannya.
3. Ketahui dan kenali apa motivasi antagonismu. Mereka harus punya motivasi yang meyakinkan.
4. Buat antagonismu menantang untuk protagonismu. Setidaknya, buat mereka sama cerdas, kuat, dan punya kapabilitas setara.
5. Tunjukkan tindakan antagonismu. Hindari hanya bicara saja tanpa melakukan hal-hal yang memperlihatkan kalau dia memang antagonis. Tindakan si antagonis ini tentunya akan berpengaruh pada tindakan dan situasi protagonis juga.
6. Jalan antagonismu harus bersilangan dengan protagonis. Keberadaan antagonis itu akan menyebabkan masalah pada si protagonis dan dia harus berjuang, bekerja keras mengatasinya. Mungkin mereka tidak akan langsung bertemu di awal, tapi pada satu momen antagonis dan protagonismu ini akan berhadapan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi kepenulisan
RandomHanya beberapa materi materi kepenulisan dari berbagai sumber.