DIALOG DALAM PENULISAN

2.7K 177 3
                                    

Dialog adalah percakapan antartokoh dalam cerita. Penulisan dialog yang benar, yaitu :

1. Dialog yang menggunakan tanda koma sebelum tanda petik terakhir.

"Aku tak tahu apa maksudmu," balas Rena.

"Dia datang untuk menghajarmu," sinis Rendi.

"Apa masalahmu?" tanya Ria.

Notes :

- Setelah petik pertama, menggunakan huruf awal kapital.

- Jika diakhiri dengan tanda koma, pasti ada dialog tag yang mengikutinya (kata Rena dan sinis Rendi).

- Dialog tag diawali dengan huruf kecil dan diakhiri tanda titik.

2. Dialog yang diakhiri dengan tanda titik sebelum kutip terakhir.

Contoh : "Tatsuya." Terdengar suara rendah Jean Daniel Dupont di seberang sana. (Autumn in Paris - Ilana Tan)

"Tante Ratna baik." Sayang, Dede mengatakannya tidak dengan ekspresi sebagaimana mestinya orang bilang "baik". (Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin - Tere Liye).

"Apa?" Kali ini Ayah ingin tahu. (Happily Ever After - Winna Efendi).

"Maaf ya." Dengan salah tingkah aku cepat-cepat mengangkat kepalaku dari pundaknya. (Critical Eleven - Ika Natassa)

- Jenis ini biasa digunakan jika ingin membuat kalimat baru setelah dialog.

- Antardialog dan kalimat berikutnya, biasanya dipisahkan dengan dua spasi.

3. Dialog yang diikuti dialog.

Contoh : "Saya gembira sekali," kata ibu, "karena kamu lulus."

"Saya belum siap," kata Mira, "tunggu sebentar!"

Notes :

- Jenis ini biasa digunakan untuk menunjukkan jeda sejenak saat bicara.

- Ditulis seperti dialog pada umumnya, ditambah dialog tag, lalu diikuti dialog selanjutnya dengan huruf kecil setelah tanda petik.

4. Dialog dengan keterangan di awal.

Contoh : Ezra bersiul rendah. "Ada dua hal yang Bu Puput nggak suka. Gue, dan murid terlambat." (Happily Ever After - Winna Efendi)

Sebastien tertawa. "Ya, sepertinya begitu. Pagi tadi kepalaku masih sakit seperti dihantam palu."

Notes :

- Kalimat yang ada di depan dialog bukanlah dialog tag, melainkan kalimat sendiri yang terpisah dengan dialog.

5. Dialog dengan dialog tag di depan.

Contoh : Aku hanya bilang, "Mungkin dia malas dapat mahasiswa seperti kamu." (Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin - Tere Liye).

Lila bertanya, "Apa maksud kedatanganmu kemarin?"

Notes :

- Setelah dialog tag di awal, gunakan tanda koma, lalu setelah tanda petik, gunakan huruf kapital.

Materi kepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang