SAJAK, PUISI

728 36 2
                                    

Apa yang terbesit di kepala kita saat mendengar puisi dan sajak? sama bukan? atau lebih tepatnya, SAMAR :;*™\℅℅℅;;!!!!!(

puisi dan sajak adalah dua karya sastra yang memiliki kemiripan. ya sangatttt mirip sampai-sampai kebanyakan orang menganggap kedua karya sastra ini adalah sama, padahal keduanya jelas berbeda, lho. namun, perbedaan dari keduanya memang tidak secara jelas terlihat. oleh karenanya, keduanya dianggap sebagai suatu karya sastra yang sama.

sooooo, ada satu kunci untuk mengingatnya dengan mudah di kepala kita

"SAJAK PASTI MERUPAKAN PUISI,
AKAN TETAPI,
PUISI TIDAK PASTI MERUPAKAN SAJAK."

puisi mengandung arti yang lebih umum, bahkan puisi dapat muncul dalam suatu cerpen, karangan, atau novel. misalnya sering ada istilah "kalimatnya puitis sekali". hal ini menunjukkan bahwa puisi bukan selalu merupakan karya sastra yang berdiri sendiri. puisi diartikan sebagai susunan kata indah yang bermakna dan terikat dengan aturan serta unsur bunyi.

sajak merupakan puisi yang berdiri sendiri atau bersifat individu. sajak memiliki arti yang lebih luas daripada puisi. hal ini karena sajak lebih berkaitan dengan bunyi pada kalimat di dalamnya. dalam sajak, antar kata saling berasosiasi karena persamaan bunyi. Pesan yang disampaikan juga tidak berinterpretasi dan bertafsir-tafsir.

Puisi
berdasarkan pengungkapan kata-katanya, puisi mengungkapkan makna secara implisit, secara samar, dan hanya sekedar tersirat. kata-kata yang digunakan secara dominan menggunakan majas atau cenderung memiliki arti konotatif. penggunaan arti konotatif dalam puisi ini mengundang pembaca untuk berimajinasi sesuai interpretasi mereka masing-masing. puisi sering memberikan ilusi kepada pembaca tentang keindahan, membawa pembaca dalam angan-angan, menciptakan suatu gagasan sesuai suasana ketika membaca puisi.

Sajak
dalam hal pengungkapan kata, sajak secara dominan dipengaruhi oleh unsur lagu, irama, keharmonisan bunyi. makna yang disampaikan dalam sajak tidak hanya secara tersirat tetapi menyangkut keseluruhan isi.

gimana, sejauh ini sudah cukup paham kan? Nah, biar malam minggunya semakin produktif, yuk coba share karya puisi dan sajak yang kalian punya!

Materi kepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang