DIALOG TAG

1.6K 106 2
                                    

Apa itu dialog tag? Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog. Fungsinya menginformasikan si pengucap kepada pembaca. Selain itu, dialog tag di gunakan apabila dialog tersebut isinya tentang pengungkapan sesuatu. Diawali dengan huruf kecil setelah tanda petik. Dan di tandai dengan : "ujar, kata, pekik, sambung, tukas, ungkap, dan lain sebagainya."

Contoh salah : "Aku yang membuang kucing itu." Ungkap Daniel.

Contoh benar : "Aku yang membuang kucing itu," ungkap Daniel.

Dimana perbedaannya? Coba perhatikan. Contoh awal, tanda bacanya adalah (.) yang seharusnya (,).
Kemudian, huruf awal setelah dialog adalah besar. Padahal, seharusnya huruf awalnya adalah kecil.

Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh salah : Salsa berkata. "Sepeda barumu kupinjam."

Contoh benar : Salsa berkata, "Sepeda barumu kupinjam."

frase sejenis "Ungkap Daniel" dan "Salsa berkata" itulah yang disebut sebagai Dialog Tag.

Apabila dialog tagnya berada di awal seperti contoh Salsa, maka setelah kata "Salsa berkata" diberi tanda baca koma (,) baru kemudian memulai dialog dan di akhiri dengan tanda baca titik (.) sebelum tanda kutip penutup sebagai tanda baca.

Apabila dialog tag berada di akhir seperti contoh Daniel, maka gunakan tanda baca koma (,) sebelum tanda kutip penutup dalam dialog.

Catatan : Ingat. Huruf awal setelah dialog adalah huruf kecil.

Materi kepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang