Apa yang pertama kali kalian lihat saat membaca buku? Tentunya judul bukan?
Judul merupakan bagian kecil dari keseluruhan buku namun memiliki efek yang luar biasa terhadap penjualan.
Judul-judul dengan karakteristik tertentu membuat orang lebih tertarik dibanding judul-judul formal atau yang biasa saja. Dengan judul yang pas dan menarik, sebuah buku dapat membuat orang lebih meminatinya.
apa saja karakteristik judul yang menarik itu? Berikut di antaranya:
1. Unik
Cara membuat karya dengan judul yang unik berarti memiliki kekhasan tersendiri, beda dan lebih menonjol dibanding yang lain.
Contoh:
- > Dialog Dengan Jin, Orang Miskin Dilarang Sekolah, Kampus Fresh Chicken, Chicken Soup For The Soul, Rich Dad Poor Dad, dll.2. Sensasional, bombastis, atau absurd
sesuatu yang sensasional, berlebihan, absurd, atau di luar kebiasaan, sering dapat menggoda perhatian orang.
Contoh:
- > Kaya Tanpa Bekerja.
3. Kontroversial
Sedikit berbeda dengan sensasi, kontroversi agak berkonotasi negatif, misalnya bertentangan dengan pandangan umum. Judul kontroversial selalu menimbulkan pro dan kontra sehingga selalu menarik perhatian.
Contoh:
- > Rapor Merah Aa Gym, Kalau Mau Kaya Ngapain Sekolah!, Selingkuh Itu Indah, Ternyata Akhirat Tidak Kekal.
4. Rahasia
Sesuatu yang bersifat rahasia biasanya malah membuat orang ingin tahu. Judul-judul yang diawali atau dikonotasikan mengungkap suatu rahasia sanggup mencuri perhatian.
Contoh:
- > Jakarta Undercover, Rahasia Orang Terkaya yang Pernah Hidup
5. Menjawab persoalan
Judul yang langsung menjawab atau memberi solusi atas suatu persoalan juga cukup menarik perhatian.
Contoh:
- > Bagaimana Memikat Gadis dan Berkencan Efektif, Resep Cespleng Berwirausaha, Agar Menjual Bisa Gampang, Agar Cinta Bersemi Indah, dll.
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi kepenulisan
RandomHanya beberapa materi materi kepenulisan dari berbagai sumber.