30. Waktu untuk diri sendiri

965 138 20
                                    

I'll never be that me again.

(b.m)

(Special song: To My Youth)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

(Special song: To My Youth)

**********
"Mencintai dan dicintai adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika hanya mengalami salah satu, kamu akan kesakitan dan merasa sendirian"

Athara mengulum bibirnya. Suara air purifier yang uapnya mengepul di udara dan suara detik jam yang menuju angka sebelas itu menjadi latar musik di sesi konselingnya. Hari ini ia harus menemui salah satu psikolog—lagi. Hari ini ia harus kembali bercerita apa yang ia ceritakan kemarin secara lebih rinci. Jika kemarin ia bercerita awal mula mengonsumsi obat tidur dan ketergantungan dengan itu, maka sekarang ia harus bercerita tentang awal mula bertemu Keanu. Sudah berlangsung sekian menit ia duduk di kursi berwarna kuning cerah ini, bahkan busanya mulai terasa panas saking lamanya ia duduk.

"Pada awalnya, saya merasa dia adalah orang baik—sangat baik malah. Dia memperlakukan saya dengan sebaik - baiknya perlakuan, dia perhatian, dia pengertian, dia melakukan apa yang mantan - mantan saya tidak bisa lakukan. Saya sempat berpikir bahwa he's nicest person i ever met. Dia selalu bisa saya andalkan dalam banyak hal. Ketika saya takut, saya ragu, saya tidak yakin dengan diri saya sendiri, Keanu selalu datang. Keanu selalu berhasil meyakinkan saya bahwa saya mampu dan berharga"

Netranya menerawang ke arah langit - langit selama menceritakan bagaimana Keanu di awal mereka kenal dan berhubungan. Memang benar demikian. Pada awalnya, Keanu memperlakukan dia selayaknya tuan putri, selalu siap menjadi sandaran dan topangan Tara ketika gadis itu berada di titik terendahnya. Namun, kala itu Tara tak menyadari bahwa Keanu mengangkatnya tinggi - tinggi dari lubang lalu melemparnya ke lubang yang lebih dalam lagi.

"Dia perlahan menempatkan dirinya di posisi penting di hidup dan hati saya," lanjutnya.

"Hal yang sering terjadi dalam hubungan yang tidak sehat adalah salah satu pihak bersikap manipulatif dan satu pihak tidak tahu cara menolak itu. Kebanyakan dari klien saya bercerita bahwa kekasihnya memang memperlakukan mereka dengan cara yang sebaik mungkin, seakan memberi mereka jutaan kupu - kupu di hati mereka setiap waktu, tetapi perlahan - lahan kupu - kupu itu berubah menjadi panah. Sikap kekasih mereka berubah, meminta hal yang awalnya hal kecil dengan cara yang begitu lembut lalu berubah menjadi memaksa dan mereka tidak tau cara menolaknya karena terbiasa menuruti. Kamu ingat hal pertama yang diminta kekasihmu dan kamu menganggap itu wajar walau semestinya tidak wajar?"

"Hal pertama yang Keanu minta itu.... Pascode ponsel saya. Dia bilang, dia hanya ingin tau isi ponsel saya. Dimulai dari cek whatsapp sampai DM instagram"

"Dia bilang apa alasannya?"

"Katanya, dia ingin tau siapa saja teman saya dan dengan siapa saya berkirim pesan. Hal itu terus berlanjut sampai dia mengatur dengan siapa saya harus berteman, alasannya karena dia ingin melindungi saya. Keanu mulai meminta password instagram dan memblokir semua akun teman lelaki saya, menjauhkan saya dari teman A, teman B, teman C dengan alasan yang sama, 'mereka cowok nggak bener', 'mereka bisa ngasih bad influence ke kamu', 'aku cuma mau ngelindungin kamu', atau 'aku cemburu kamu deket sama mereka'. Ya... Alasan - alasan yang diucapkan dengan nada semanis mungkin hingga saya percaya begitu saja"

AnagapesisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang