masak

1.3K 61 21
                                    

🎬🎬🎬

" pagi...
Siang...
Sore...
Malam....

Pada jaman dahulu kita memiliki aktivitas yang padat dan melelahkan namun semua berubah sejak corona menyerang. Hanya masker dan hand sanitizen yang dapat menangkalnya. Namun saat dunia membutuhkanya dia menghilang....."

" MAS KULIN! MAS OKIS TURUN!"

" tuh dek turun! Dipanggil mamah tuh!" Okis merengut acara vlognya diganggu.

" abang aja yang turun! Gak lihat masih ngevlog nih?"

" ya gue turunya gimana kalo lo tiduran diperut gue?" Mas Kulin ngegas. Punya adek gak peka.

Iya dari tadi Okis ngevlog sambil tiduran diperut Kulin.

" ck ganggu aja" Okis angkat kepalanya bentar. Ngasih kesempatan buat Kulin pergi ninggalin kamarnya. Okis emang paling seneng nebeng dikamar kakaknya. Soalnya kamarnya udah gak berbentuk lagi. Barang- barang berserakan, bola basket ada, gitar ada, knalpot motor ada, bahkan gir motor juga ada.

Kalo disuruh beresin sama bu Suk alesanya. " ini seni mah" biasanya langsung dipukul pake raket listrik sama bu Suk.

" jadi guys karena corona bahaya mending kalian dirumah aja. Toh ada banyak hal kok yang bisa dilakuin dirumah kayak...."

" DEK BANTUIN PAPAH CABUT RUMPUT HALAMAN!" Okis natap kamera tanpa ekspresi. Bisa gak sih mamahnya gak tereak- tereak. Okis malu man disuruh cabut rumput. Gak swag banget, masak orang ganteng cabut rumput.

" dahlah males" Okis menyudahi acara ngevlognya tampa pamitan. Kebiasaan Okis kalo lagi kesel.

Akhirnya dengan males- malesan Okis turun dari kamar abangnya.

Kulin nglihatin adeknya yang turun pake celana kolor sama kaos putih yang dipake dari kemarin sore. Okis belum mandi. Katanya mandinya tar sore aja dijamaak sekalian. Jorok sih tapi biar, orang ganteng mah bebas.

" apa sih mah?"

" kamu tuh ya liburan hape terooss" entah kenapa Okis merasa mamahnya gak suka lihat dia bahagia. Pasti klo lagi rebahan atau main hape mamahnya langsung gatel ngasih kerjaan.

" kelas online ini lho"

" kelas online apaan? Main tiktok aja lo kelas online" Kulin mengumpankan adiknya biar makin diamuk bu Suk.

" udah jangan hapean teroosss. Kayak mas kulin ini lho rajin bantu- bantu mamah"

" bandingin terooosss"

Kulin yang dipuji rajin cuma bisa senyum ganteng.

" halah kupas bawang doang gue juga bisa" Okis meremahkan. Kulin yang gak terima pamerin tuh sekeranjang kentang yang udah dikupas.

" ini kentangnya?" Tanya bu Suk nglihat hasil kerja anak sulungnya.

" kok jadi kecil gini? Mas kamu ngupasnya ketebelan! Masak kentang sekilo dikupas jadi setengah kilo?" Kulin udah hafal sama sifat mamahnya yang satu ini. Sifat ngritik. Dibantu gak terima kasih tapi diomelin karena gak sesuai ekpektasi.

Sekarang giliran Okis yang ketawa.

" sini bantu apa sih bantu apa?" Okis ambil clemek bunga- bunga salah satu koleksi bu Suk.

" nih goreng ikanya!" Okis diem. Nyesel dia nawarin bantuan. Bukanya apa- apa. Cuma lemah dia tuh kalo disuruh goreng- goreng.

" males ah"

" eh mau kemana? Goreng ikanya"

" goreng kayak mana?"

" goreng sampai kekuningan"

" buset jauh amat, goreng disini aja kenapa?"

" hiiih maksudnya itu ikanya digoreng sampai warnanya ke kuningan. Bukan kuningan nama daerah" gemes bu Suk kalo ngomong sama anaknya. Bobroknya itu lho jadi pengen bawa ruqiah.

" ngobrol dong!" Okis nyolot.

" mah udah nih bawangnya" Kulin nyerahin hasil kerjanya.

" dek kalo goreng ikan kepala jangan ketemu kepala"

" kenapa?" Tanya Okis dengan polosnya.

" tar matengnya lama, soalnya ikanya ngobrol"

" iya tho?" Dan dengan polosnya Okis percaya.

" ya iya. Nih kita kepala ketemu kepala makanya kita ngobrol"

Bu Suk yang dengerin obrolan anaknya cuma bisa hela nafas. Mungkin benar kata ibunya dulu harusnya anaknya waktu bayi dikasih asi bukan air cucian beras.

" kalian itu yang ngobrol bikin ikanya gosong! Ini mas Kulin tumis kangkungnya!" Titah bu Suk.

" nah masukin bumbunya yang di wadah ini duluan, trus kalo udah harum bumbunya masukin kangkungnya" bu Suk ngasih instruksi. Sedang wanita dua anak itu memilih mengurus hal lain.

" mah udah harum" Kulin ngasih tahu.

" ya itu dimasukin kangkungnya"

" udah nih"

" tambahin garam" instruksi bu Suk sambil ngaduk adonan tepung dimangkok.

" udah"

" masukin kecap yang udah mama taro dekat gula" titah bu suk.

" udah"

" kasih salam"

" assalamualaikum" bu Suk nepuk jidatnya sendiri.

" ini lho mas salam! Nih namanya salam" akhirnya bu Suk turun tangan sendiri masukin salam.

" oh" Kulin cuma beroh ria.

" dek itu kok ikanya gak dibalik? Gosong itu!" Bu Suk lihat ikan yang digoreng yang udah kematengan.

" bukan gosong mah ini trik memasak gaya baru. Nama over cook. Ah mamah gak gaul" ngeles aja ini si Okis udah jelas- jelas gosong masih aja gak mau disalahin.

" over cook over cook! Gosong itu dek! Udah kalian keluar sana! Keluar! Keluar!" Jengkel bu suk.

Akhirnya semua dilakuin bu suk sendiri dari pada dibatuin anak malah bikin emosi.

Fin

wah antusiame kurang banyak. Tp gpp gue suka nulis, terserah kalian suka apa nggak gue tetep berkarya wkwkwk. Nekat

TERLALU TAMPANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang