utbk

126 11 8
                                    

🎬🎬🎬

"setelah lebaran badan jadi tambah lebaran" bu Suk ngeluh tapi gak berhenti nyemilin kue putri salju di toples.

" aaarrgghhhh habis lebaran terbitlah ujian" sekarang giliran si Okis yang ngeluh. Sekolahnya Okis baru ngadain ujian daring sekarang gaes. Padahal masih pengen liburan.

" sana ujian! Ngapain malah rebahan disini?"

" tau ah bodo amat capek! Pengen mati aja" mulutnya Okis minta ditabok pake sendal swallow ijo kayaknya.

" halah dari kemarin juga kamu ngeluh pengen mati mulu gak mati mati" bu Suk nyahut tanpa beban. Bu Suk, kalo ngomong gak ada akhlaq.

" aish, mamah ini kayaknya seneng banget kalo anaknya mati"

" oh jelas dong. Hemat beras, gak perlu keluar uang kouta, otomatis uang belanja mamah gak kepotong banyak" bu Suk ngomong sambil ngibasin rambutnya kemayu.

" bodo ah" Okis pilih keluar dari rumah.

" mas kulin kok kamu gak ujian?" Kulin yang lagi main cacing langsung berhenti.

" udah lulus, mau ujian apa lagi?" Kulin masuk salah satu orang beruntung yang lulus lewat jalur covid 19.

" ya sana lho belajar persiapan utbk! Cari universitas bagus. Biar gampang dapet kerja"

" mah, gak penting Kulin kuliah dimana, lulusan univ mana, ipk berapa, toh nanti pas cari kerja yang terpenting adalah orang dalamnya yang mana" Kulin ngomong serius.

Bu Suk jadi mikir.

" iya ya tumben bijak" lah malah di iya in. Kan si Kulin jadi tuman lanjut rebahan.

" tapikan kita gak punya orang dalam kulin"

Deg...

Bener juga ya. Si Kulin aja jarang membaur dapet orang dalam dari mana coba?.

" tapikan relasi papah banyak mah"

" relasi darimana? Papah mu aja cuma pegawai freelanch" Pak Archewe kerja dari rumah.

" itu mantanya papah banyak. Bisa dimanfaatkan"

Plak...

" berani kamu deket deket mantan papah kamu, mamah coret kamu dari kk!" Bu Suk ngancam sambil telunjuknya nuding Kulin.

Kulin mau bales lempar bantal tapi takut dikutuk jadi batu.

" udah belajar sana! Sekarang cari kerja susah. Kamu tahu anak bu broto? Si Mino itu gagal jadi tentara AL cuma gara- gara gak bisa renang"

" ya iya lah. Namanya juga angkatan laut, masak gak bisa renang?" Ironis yekan?.

" heh yang masuk angkatan udara aja nggak ada yang bisa terbang juga keterima. Diskriminasi tuh!" Nahkan nahkan.

" dahlah. Entah kenapa kalo ngobrol sama mamah kulin jadi berasa bego banget" Kulin pilih keluar rumah refresing. Ngobrol sama mamahnya malah jadi bikin beban. Kayak yang barusan.

🎬🎬🎬

Kulin milih ngungsi ke rumah si boby. Disana juga ada Joni sama joshua yang lagi main ps.

" kenapa lo? muka kusut bener udah kayak headset dikantongin" Boby naruh aqua depan Kulin sebelum ikut duduk disamping temen sekelasnya itu.

" kesel gue, sama nyokap gue disuruh ikut utbk"

" weh sama lin, gue juga disuruh belajar mulu" Joni ikut nimbrung obrolan.

" emang lo pada mau lanjut kemana?" Joshua yang peringkat satu pararel nyahut santai. Dia mah idupnya tenang udah keterima di STAN jurusan perpajakan.

" gue suka fotografi itu sebabnya gue mau ambil PGSD" Kulin jawab enteng sambil nyemilin kacang kulit diatas meja.

" jaka sembung naik ojek! Gak nyambung jek!" Joni ngegas.

" elo jon, gak mau lanjut lo?"

" gue mau coba ipdn dulu. Tar kalo gagal mau bisnis aja gue"

" idih gaya lo sok sok an bisnis" bobi ngremehin. Si Joni gak kelihatan berbakat buat bisnis.

" heh lo jangan ngatain doang. Lo sendiri mau lanjut kemana elah?" Kulin belain sahabatnya dong.

" pelaminan"

" hah?" Tiga bujangan nganggur nyahut gak santai.

" serius weh"

" iya besok agustus gue lamaran sama si soya, awal september resepsi" Kulin en friends masih diem mencerna omongan boby. Maklum otaknya masih pada dibawah batas suci kalo bahas masalah nikah.

" weh selamat ya brow! Kasih selamat dong calon pengantin nih" Joshua nyalami Boby ngasih dukungan.

" kok lo buru- buru banget sih brow?"

" gue udah capek mikir, lagian kalo kelamaan pacaran gak baik juga" Kulin cuma mangut- mangut aja ngiyain. Toh bobi anak pemilik peternakan sapi. Gak usah cari kerja, uang dateng sendiri.

" gue juga udah capek mikir sih, kemaren aja gue ngerjain soal ujian sekolah mate aja gak pake mikir, pake dzikir" curhat si Joni yang langsung diketawain temen temenya.

" lah itu soal matematika? Gue pikir itu agama gue istigfar mulu dari awal ngerjain, bangkai!"

" buahahaha, semoga mendapat syafaatnya ya mas Kulin" dasar generasi jaman now.

" mana soal gak jelas, yang ngutang si budi kenapa gue yang suruh ngitung bangke?" Bobi ikut misuh misuhkan.

" apa lagi yang itu tuh nyuruh ngitung sudut kemiringan pohon dengan rumah. Udah tahu pohonya miring bukanya ditebang malah di itung, keburu ngerubuhin rumah weh" Joni nambah nambahin.

" niat awal gue mau lanjut kuliah di ui, tapi habis ngerjain ujian mate gue jadi milih buat nikah aja!"

" buahaha gak jelas"

Fin

TERLALU TAMPANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang