mudik

125 15 0
                                    

🎬🎬🎬

Sebenernya keluarga pak Archewe gak mudik. Orang rumah orang tua bu Suk cuma beda kabupaten. Tapi berhubung masih masa lebaran ya mereka tetep pergi mengunjungi mertua ' kesayanganya'.

Kulin sama Okis nyaranin buat motoran aja. Biar lebih cepet. tadinya mereka gak mau ikut. Tapi sama mbah enol diancem gak dikasih thr kalo gak dateng.

Yah mau gak mau mereka ke rumah embah. Sayang cuy thrnya 1 juta. Bayangin dapet berapa mangkok tuh kalo dibeliin mie ayam. Apa lagi kalo dibeliin permen yupi.

" pah berhenti depan ya beli gula teh dulu" bu Suk ngomong agak kencengan. Takut suaminya gak denger.

" iya mah" pak Archewe nyahut pendek.

Rasanya gak afdol kalo kerumah orang tua gak bawa apa- apa.

🎬🎬🎬

" sana kulin masuk beli gula sama air mineral aus nih. Mamah mau ke toilet" mereka berhenti dipom bensin sekalian isi bahan bakar.

" ayo!" Kulin narik Okis yang lagi lesehan depan mushola.

" ngapain?" Okis gak peka.

" bawain belanjaanya elah!" Okis muter bola mata malas.

" lemah lo gitu aja ngajak gue!"

" udah sana pergi! Air mineral dua botol, Gula lima kilo, buah melon, rokok satu pack sama apa lagi ya pah?" Bu Suk mikir yang mau dibeli. Si Okis sama Kulin auto ngafalin pesenan emaknya.

" abon sama beras lima kilo" tambah bu Suk.

" gimana mah? Beras lima kilo, abon, sabun sepack"

" ngapain beli sabun? Di inget inget dong Okis. Air mineral dua botol, Gula lima kilo, buah melon, rokok sepack, beras lima kilo sama abon" Bu Suk ngerap. Si Kulin sama Okis cuma melongo.

" udah sana cepet!" Gak sabaran banget bu Suk mah. Padahal anaknya belum pada paham.

🎬🎬🎬

" kok lama sih?" Kulin sama Okis langsung disembur begitu balik dari minimarket.

" antri" Okis membela diri.

" masak sih? sepi gitu?" Bu Suk gak gampang percayaan orangnya mah.

" iya. Tadinya kita yang ke dua kekasir trus ada ibu- ibu nyela antrian bilang ' saya duluan ya dek, buru buru mau bayar nih' LAH DIKATA GUE DISITU MAU MAIN CATUR APA?" Okis kesel sendiri nginget kejadian dikasir. Dia berani ngegasnya disini. Tadi aja dia kicep dilompatin.

" okis, kamu beli apa ini?" Bu Suk lihatin isi plastik item yang dibawa anaknya.

" ya pesenan mamah itu"

" heh ini isinya cuma sirup sama onigiri? Ngapain beli onigiri?" Nahkan ngomel ngomel. Salah siapa tadi ngomong cepet banget udah kayak kereta lewat.

" ya mamah tadi pesen apa?"

" air mineralnya mana? Gulanya mana? Buahnya mana?" Tagih bu Suk.

" ya dibaca itu sirupnya!" Ditanyaain bukanya jawab malah nyuruh nyuruh.

" sirup melon"

" ya itu air, gula sama melon jadi satu praktiskan?" Lah bener juga si Okis.

" praktis nenek mu clubbing! Beras sama abonya?"

" lha itu onigiri isi abon sapi!" giliran Kulin yang jelasin.

Bu Suk hela nafas.

" pah anakmu!" Bu Suk pengen jual anaknya ke tokopedia aja rasanya. Si Kulin laku berapa ya?.

" udahlah mah, sana belanja lagi!" Pak Archewe ngeluarin dompetnya.
" awas kalian! Thr kalian buat mamah!" Ancam bu Suk sebelum turun tangan belanja sendiri.

🎬🎬🎬

Perjalanan dilanjut sebelum magrib. Suasana yang makin dingin bikin bu Suk meluk pinggang pak Archewe erat.

" pah agak cepetan dong pah! Keburu magrib ini"

" iya mah ini udah cepet, keberatan beban aja jadi agak lambat"

" oh jadi maksud papah mamah berat gitu?"

" eng.. enggak mah" pak Archewe gelagapan jawab pertanyaan bu Suk.

" halah ngaku aja pah! Mamah gendutan kan?" Nahkan nahkan. Mau jawab apa kalo gini?. Jawab jujur ditabok gak jujur dosa.

" papah diem aja! Benerkan mamah gendutan! Ih papah, jahat banget sama istri sendiri" perasaan pak archewe jadi gak enak.

" turunin mamah pah! Turunin mamah!"

" jangan dong mah! Bentar lagi gelap lho ini!" Pak Archewe nekat jalanin motornya.

" bodo amat! Pokoknya turunin mamah sekarang!" Udah tahu mau magrib masih sempet sempetnya drama bu Suk ini.

" PAPAH PILIH TURUNIN MAMAH, ATAU MAMAH LONCAT NIH SEKARANG!" Ancaman bu Suk nggak main main.

" jangan mah jangan loncat. Iya iya ini berhenti" pak Archewe minggirin motornya.

" nah mamah bisa turun sekarang"

" IH KOK MAMAH DITURUNIN SIH! PAPAH TEGA YA SAMA MAMAH! hiks... hiks... papah gak sayang lagi sama mamah! Hiks... hiks..." bu Suk jongkok sambil nanggis di trotoar.

Pak Archewe auto jadi tontonan orang- orang. Pengen banget rasanya pak Archewe kabur ninggalin istrinya. Tapi bisa digorok mbah enol kalo tahu anaknya ditinggal.

Kulin sama Okis lanjut jalan terus pura- pura gak kenal sama orang tuanya.

" kis kok mamah sama papah lo tinggalin?" Kulin lihatin orang tuanya yang main drama ditrotoar.

" udah biarin aja" Okis nyahut enteng.

"Tar kalo ditanyain mbah enol mamah sama papahnya kemana, mau jawab apa?"

" mbah menantu sama anakmu ditinggal di rest area. Lagi rewel soalnya"

Fin.

TERLALU TAMPANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang