Jumat berkah

187 16 0
                                    

🎬🎬🎬

Okis turun dari lantai dua sambil pasang peci dikepala. Wagelaseh adem bener lihat cogan alim mode on.

" weh tumben udah siap" biasa bu Suk nyinyir.

" udah dong, puasa itu yang semangat, manfaatkan waktu buat menuai rahmat gak cuma rebahan teros" Si Okis nyindir kakanya yang masih antri kamar mandi.

" ganteng banget anak mamah"

" oh iya dong" Okis dipuji jadi tambah besar kepala.

" lha gini lho rajin mandi, kan enak dilihatnya jadi adem kayak ubin masjid yang habis dipel" Kulin ketawa ngakak. Muka Okis disamaain kayak ubin masjid. Parah emang bu Suk.

" udahlah males" ngambek kan.

" kis gak bareng?" Pak Archewe baru keluar dari kamar mandi sambil ngeringin rambut pake handuk.

" nggak ah, udah kencan sama juned"

" eh kis! Kamu gak lupa sesuatu?" Tanya Bu Suk. Bikin Okis berhenti buat mikir.

" nggak"

" kamu mau nyeker ke masjid?"

" iya"

" loh kok gitu?" Bu Suk khawatir kaki anaknya kapalan kalo gak pake sendal. Kan gak lucu ganteng- ganteng kapalan.

" kemarin kemarin jumatan pake sepatu pulang nyeker, pake sendal, pulang nyeker, pake sepatu sendal pulang tetep aja nyeker. Hari ini Okis mau nyeker siapa tahu pulangnya malah dapet sepatu"

" nyolong njirr"

" heh mas kulin mulutnya ya!" Kulin langsung dapet peringatan.

" jangan kayak orang susah lho dek! Kayak papahmu gak mampu beliin kamu sendal aja! Udah pake sendal!" Okis nurut. Dia ambil sendal dirak.

Heranya Okis dia pake apa aja pasti ilang. Mau pake sepatu gucci, sendal channel sendal swallow pasti ilang.

Makanya Okis bosen pake sendal. Mau nyeker aja sekali- sekali biar malingnya binggung apa yang mau dimaling.

" berangkat mah Assalamualaikum!" Pamit Okis

" walaikumussalam" bu Suk nyahut pendek.

" sana lho Kulin! Buruan keburu adzan! Contoh itu adik kau! Semangat puasa- puasa gini!" Kulin cuma mengulum senyum. Mamahnya gak tahu aja si Okis berangkat duluan tapi gak nyampek tempat.

Biasanya si Okis mah ngkorong dulu depan masjid sampai iqomah. Gak pernah dengerin ceramah dia. Suka enaknya doang.

🎬🎬🎬

Okis nyeret kakinya males- malesan. Moodnya total ambyar gara- gara sendal new eranya raib digondol maling. Padahal Okis udah keluar paling cepet dari masjid tapi tetep aja kalah cepet sama malingnya.

Curiga Okis jangan- jangan malingnya punya jurus kagebunshin.

" dek! Ayo cepetan!" Kulin kesel sendiri nglihatin adeknya jalan kayak nenek- nenek mikir utang. Lama.

" panas ini lho!" Alesan Okis. Niat awal mah dia mau nebeng si Juned tapi anaknya malah ninggalin, sibuk sama pacarnya si rosa.

Ngomong- ngomong Rosa mantanya Okis. Iya temenya Okis biasanya jadi nampung mantan si Okis.

" bang! Bang!"

" apaan?"

" mangga bang!" Okis nunjuk mangga yang gelantungan manja, minta dijarah.

" jangan! Punya Pak Jimen tuh! Tar diomelin kalo ketangkep"

" heleh cemen amat sih bang! Pak Jimen gak bakal tahu! Orang dia lagi rapat sama takmir masjid"

" kok lo tahu?"

" hehehe makanya gue ambil sendalnya" Okis nyengir gak berdosa.

" kok lo nyolong sih! Ketahuan mamah diomelin lo"

" ya lo jangan ngadu elah! Lagian gue gak nyolong gue cuma minjem"

" minjem gak ijin"

" itu dia. Kalo ijin yang ada gue diomelin sama pak Jimen. Udahlah jangan dibahas! Sekarang lo naik, petik mangga, gue jaga dibawah" Okis ngebosin. Udah kayak komandan dia.

" astagfirullah! Dek inget lagi puasa!"

" kita makanya habis magrib"

" bukan itu masalahnya"

" oh berarti boleh makan sekarang"

" puasa- puasa jangan maling woe"

" ya udah ntar malem kalo gitu"

Kulin pasang tampang poker face. Okis ini bandel banget dibilangin.

" udah bang naik bang! Gue jagain!" Okis main suruh- suruh.

" ogah. Naik sendiri sono! Tar lo makan sendiri!"

" heleh cemen lo! manjat pohon aja gak bisa"

" siapa bilang gak bisa?"

" buktiin" pinter di Okis, Pinter ngerjain orang.

" oke" si Kulinya nurut aja lagi. Yah cowok mah harga diri. Di tantang ya maju.

Dengan segenap usaha Kulin naik manjat pohon mangga pak Jimen.

" udah nih!"

"mumpung udah diatas ambilin yang kanan bang"

" nggak!"

" ayolah bang! Ambilin sini lempar!" Si Okis masih bujukin kakaknya buat berbuat kriminal. Gak ada takutnya tuh bocah.

" gak! Nyolong itu haram Okis!"

" ya udah gue ijin deh! Pak Jimen minta satu ya mangganya!" Okis ngomong entah sama siapa. Yang penting mah ijin.

" nggak boleh"

" ya udah berarti dua ya!"

" HOE BODAT SATU AJA GAK BOLEH APA LAGI DUA HAH?" Pak Jimen ngegas. Okis nengok ke belakang takut- takut. Dia kira tadi yang jawab si Kulin. Ternyata si pemilik pohon yang bales.

" eh pak, sudah selesai rapatnya pak?" Okis nanya- nanya sok akrab.
" MAU APA KAU HAH? MAU KAU MALING ITU MANGGAKU?"

" enggak pak. Permisi!" Okis kabur duluan.

" bangke gue ditinggalin!" Gerutu Kulin. Adeknya gak ada akhlak emang.

Urusan melarikan diri Okis nomer satu.

" haha mau kemana kau hah?" Pak Jimen awas nglihatin Kulin. Si Kulin cuma bales senyum gaje. Sialan si Okis nyusahin orang aja kerjaanya.

'Mampus gue!'

Fin.

TERLALU TAMPANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang