Sesuatu yang sedang aku usahakan?
Apa ya? Banyak :v
Aku berusaha untuk menjadi lebih baik yang pastinya. Aku bakal menjabarkan apa aja yang sedang aku usahakan dan apa rencanaku ke depannya.
Nggak mau baca panjang-panjang ya skip aja ke chapter selanjutnya :v //no.
Yang sedang aku usahakan saat ini yang pertama, cara membagi waktu dengan baik. Aku sampe saat ini masih musuhan sama waktu soalnya //nggak.
Oke, mungkin aku masih susah membagi waktu karena aku masih suka bermalas-malasan. Aku nggak bakal dan nggak bisa mengelak. Itu fakta. Aku masih mau bermalas-malasan hingga saat ini. Makanya aku masih susah banget membagi waktu. Walaupun aku bikin jadwal serinci apapun, kalo aku ga niat ngelaksanainnya ya ga bakal aku kerjain.
Yang kedua, jadi lebih rajin. Mirip-miriplah sama yang pertama, tapi mereka beda.
Aku mau jadi lebih rajin ini dalam artian di dunia nyata. Karena aku sukanya males-malesan, rebahan itu kujadikan kegiatan utama. Apalagi ditambah pembelajaran online dari sekolahku kurang efektif (tugasnya ga pake deadline kayak kalian, kalaupun ada belum tentu bakal dikumpul), bikin aku makin males belajar. Kerjaanku ya kalo nggak main hape, main laptop. Ngetik kah, chattingan sama kalian kah, nge gabut kah, lanjutin cerita lah, ato nggak tidur. Yah, siklusku selama liburan gitu-gitu aja. Inilah alasan aku bingung pas mau nulis ‘Dampak Positif Selama Social Distancing di Rumah’, emang ga ada apapun yang positif perasaanku. Malah makin negatif.
Kalau ditulis lebih rinci lagi, aku mau bisa nyapu, masak, bersihin rumah, beres-beres barang dengan perasaan ikhlas. Dengan perasaan riang gitoeh. Nggak dengan takut, tertekan, kesel, de el el.
Ketiga, aku mau lebih produktif nulis.
Saat ini aku sudah berhasil menghilangkan penyakit writer’s block-ku. Bukan, maksudku bukan berarti ide yang ada di kepalaku mengalir lancar begitu aja pas aku nulis, enggak. Aku masih kok stuck nulis dan akhirnya ga jadi nulis. Tapi maksudku tuh, aku udah punya alasan untuk nggak menyalahkan WB lagi kalau aku nggak bisa nulis.
Kak Kia, aku pake nama kakak ya. Soalnya kalo pinjem ntar dibalikin, tapi aku gatau bailikinnya gimana pake apa hshshs.
“Jangan tertekan karena nulis. Dosenku bilang kalau membaca bukan hobi, melainkan keharusan. Tapi menulis itu hobi, dan nggak seharusnya kamu tertekan karena apa yang kamu sukai.” -kiairisa_ (Querencia, tips corner; how to write it right)
Iya, sebagai pensnya, aku sekalian promosiin buku dia uwu
TAPIIIII, bener loh, ini tuh ampuh banget beuh. Kayak kata kak Kia di podcastnya, “Sesuatu yang menohok tuh kadang bisa nyelametin daripada kebohongan yang manis.” HUWAAA, best lah!
Btw, aku ngetik ini sambil dengerin podcastnya lagi, jadi jangan khawatir ada typo kata. Paling ada beberapa yang ku ganti aja kata-katanya biar lebih efektif (?).
Ada lagi perkataan yang lebih menohok beuh. Kata Kak Kia, dia juga pernah kena Writer’s Block sampe tiga bulan. Bah, ga kuat gue--- eh, kok malah ikut-ikutan pake ‘gue’ sih? //insert tikel dinoyaoming. Nggak kuat akuuu kalo kena writer’s block ampe tiga bulaan, huehuehue. Aku pasti bakal ngetik apapun lah, seburuk apapun itu. Nah, saat kena WB Kak Kia juga sama, stress. Refreshing juga katanya malah makin stress :v (Sejujurnya, walau setiap orang pasti pernah kena writer’s block, aku masih agak kaged pas Kak Kia bilang pernah gini). Terus, dia pernah baca tuh, satu kalimat yang katanya bikin hatinya tergerak. Bunyinya (iya, sambil dengerin podcast kok, terjamin 90% sama dengan kata-katanya, huehuehue. Kalo ada yang salah benerin doong), “Writer block itu bukan alasan. Aku nggak mau bersembunyi dibalik ketidakmampuanku, kelemahanku untuk menulis, dibalik kata writer block, gitu. Jadi, kalo kita nggak nulis tuh karena kita nggak mampu. Jadi kalo gue nggak nulis tuh karena gue nggak mampu, gue ga bisa. Nah, atas dasar itu gue jadi punya motivasi gitu, kan? Oh, harus nulis. Gue ga mampu, harus bisa, gitu.” Nusuk bat. Sumpah. Eh, btw kata-kata berikutnya (yang ga kutuliskan) itu kata-kata penyemangad uwu. Aing jadi cemungud, akhirnyaaa.
KAMU SEDANG MEMBACA
FLC WRITING CHALLENGE : APRIL
Non-FictionDaripada mengisi karantina corona dengan hal gabut, mending ikut ngisi Daily Routine yuk bareng member FLC yang maso dan waras Cover nya dari Orang (Sok) Kalem @anomaliez