42. Halte

91 17 0
                                    




Jaemin tersenyum saat Mark merangkulnya ditangga. Candaan mereka gak berhenti dari sore tadi sampai larut malam begini. Rumahnya jadi tempat penampungan teman-temannya.

Waktu mereka mau keluar pintu rumah, Jeno yang didepannya berhenti terus membalikan badan membiarkan Renjun dan Haechan keluar lebih dahulu.

"Kakak lo kemana?" Tanya Jeno, melirik kamar Raya.

Jaemin ikut menoleh, pintu kamarnya terbuka sedikit dan gelap. Raya pergi sebelum ba'da ashar terus sekarang belum pulang?

"Udah jam sebelas, Jaem." Kata Mark ikut panik. Jaemin otomatis panik juga, menghampiri kamar kakaknya, membuka pintu lalu menyalakan lampu. Berantakan karna udah gak ada Doyoung lagi buat ngeberesin.

"Kak???" Panggil Jaemin kaya orang bodoh. Padahal jelas gak ada orang dikamar itu.

"Ada Jaem?" Tanya Mark dan Jeno berbarengan. Jaemin menoleh cepat, menggeleng-geleng.

"Nanti lo sama Haechan ke rumah Heejin duluan aja. Gue nyusul."

Jeno ngangguk ikut meninggalkan rumah temannya.

Masa iya Raya ngumpul sama anak Razen lagi? Padahal Jaemin jelas mendengar gimana kakaknya milih keluar dari gengnya itu. Mana Mama sama Papa ke bandara ngejemput adeknya mama terus ke rumah tante Jael.

Jaemin langsung lari ke meja telpon kuno rumah, nyari nama Sehun didaftar buku nomor.

Panggilan langsung nyambung.

"Kenapa Jaem?"

Jaemin mengigit bibirnya. "A-anu. Kak Raya ada disana?"

"Nggak, pada mau bubar nih. Kenapa?"

"Oh gapapa, makasih bang."

Baru aja Jaemin naruh gagang telpon, hp nya langsung geter tanda pesan masuk.

Mark :
| jaem
| td gue line bang Ten
| ktnya dia gada kelas

Jaemin :
oh ok thanks bang |

Mark :
| mau gue bantu cari?

Jaemin :
ga usah takutnya kaya kemarin lg. |

Jaemin langsung bergegas lari menuju kamarnya, mengambil hoodie putih dan kunci motor sebelum akhirnya keluar mengunci pintu.

Tadinya dia mau berniat ngasih tau Doyoung tapi dia baru inget Raya pasti bakal ngehindar kaya waktu diperpus. Jeno nyeritain itu ke Jaemin.

Jaemin juga baru ngeh motor kakaknya gak ada.

Malam itu Jaemin merasakan ketakutan paling besar. Takut kehilangan untuk pertama kalinya. Jantung Jaemin cukup berdebar cemas mikirin kakaknya yang bahkan sekarang buat dia ngendaliin motor tanpa arah.

Udah hampir se-jam Jaemin muterin wilayah sana. Tapi Raya tetep aja gak ketemu.

Kalau bilang sama mama, yang ada makin parah alias mama lebih khawatir.

Belum lagi pikiran Jaemin belakangan ini kacau. Semenjak dua minggu yang lalu. Dia gak tau antara ngerasa bersalah atau ngerasa takut. Tapi papa berkali-kali nenangin dia, bahkan cuma Mark dan Jeno yang mengetahui masalahnya.

Motor Jaemin berhenti didepan gedung perusahaan. Dia meraung kesal, Raya kemana sih?!

Tadi Jaemin juga sempet pulang dulu ngeliat apa Raya udah sampe atau belum tapi ternyata hasilnya nihil. Jaemin capek sumpah. Tapi dia tau, kakaknya pasti lebih capek belum lagi masalah yang ditimpanya sekaligus.

Jaemin nyerah. Dia mau pulang dulu, dia juga baru inget harus ke rumah Heejin jam dua belas nanti tapi sekarang udah jam setengah dua belas malam.

Saat Jaemin membelokan motornya diperempatan, dia mengernyit merasa familiar dengan motor yang terparkir didepan halte. Disana ada cewek yang lagi terdiam.

Motor Jaemin berhenti tepat dibelakang motor itu. Itu benar Raya, kakaknya.

Setelah melepas helm, Jaemin berjalan mendekat tapi dia duduk berjarak semeter disebelah kirinya. Jaemin kira Raya cuma duduk disana tapi Jaemin jelas mendengar isakan samar yang mungkin ditutupi saat dia datang.

"Gue daritadi nyariin lo." Kata Jaemin sambil menunduk. Tapi Raya masih diam dengan air mata yang terus turun menatap jalanan yang sudah sangat sepi bahkan gak ada yang lewat satupun.

"Lo tau tempat ini?" Tanya Raya tiba-tiba belum mengalihkan pandangannya. Jaemin menggeleng. "Dulu gue pernah kecelakaan disini waktu lo umur empat tahun."

Jaemin menoleh, melihat kakaknya yang mulai terdiam.

"Disitu gue mulai gak peduli sama diri gue sendiri. Gue yang ceroboh makin ceroboh gue yang keras kepala makin keras kepala. Gue gak tau kalau papa sebenarnya susah ngerawat gue." Lanjut Raya, dia menghembuskan nafasnya sebelum melanjutkan. "Tapi papa gak pernah ngomelin gue. Dia ngebantu gue jadi lebih baik tapi tetep aja. Gue adalah gue."

"Semenjak itu gue menghindar dari kerumunan. Gue lebih milih duduk sendiri disekolah, milih berteman sama diri sendiri sampai akhirnya gue dijauhin semua orang." Raya tersenyum tipis merasa lucu lalu mendengus. "Sampai gue dibully. Tiba-tiba Doyoung pindah ke depan rumah kita sama sekolah gue, dia ngedeketin gue bahkan ngebela gue dari mereka padahal gue udah ngejauhin dia. Sampai akhirnya...

...gue ngerasa punya temen untuk pertama kalinya lagi."

Raya menoleh ke Jaemin, "gue pernah bersyukur punya Doyoung. Tapi sekarang gue benci dia. Walau sebenarnya yang pantas gue benci adalah diri gue sendiri."

"Kak..."

"Dingin Jaem. Ayo pulang."

"Gue juga bersyukur karna gue punya lo."


September, Musim Hujan.

"Pake payung gue."

Bocah itu menoleh lalu mendelik, "bahasa kamu."

"Pake payung Doy."

"Apasih. Aku bisa nerobos kok."

"Raya, pake."

"Aku Er—"

"Nanti Raya sakit, gak ada yang bisa Doy temenin lagi dikelas."

"Nama aku Eray!"

"Tapi lebih cantik dipanggil Raya."

"Gak jelas kamu. Pergi sana!"

"Raya lupa ya rumahnya tetanggaan sama Doy?"

Raya menatap Doyoung yang membuka payung besar ditangannya.

"Pulang sama Doy aja, papa Raya gak jemput kayanya."

"Doy—"

"Mau Doy tinggal? Nanti Raya sendirian disini diledekin mereka, gak ada Doy gak ada yang ngebela."

Raya melirik segerombolan teman kelasnya yang sedang duduk dikoridor menunggu orang tua mereka. Ah, bener juga lagian rumah nya cuma keluar dari gang nembus jalan raya dan masuk perumahan.

"R-raya mau deh."

Doyoung tersenyum tipis, "ayo!"

"Doy mau temenan sama Eray?" Tanya Raya yang berjalan disebelah Doyoung. Hujan masih belum berhenti.

"Gak mau. Maunya sama Raya."

"Yaudah mau temenan sama Raya?"

"Tapi Raya jangan ngusir Doy terus ya?"

Raya mengangguk-angguk cepat. Untuk pertama kalinya lagi senyumnya terpancar dihadapan orang setelah kecelakaan dua bulan yang lalu.

Ah Raya gak tau aja senyumannya nular ke pria yang sedari tadi memperhatikan dan mengikutinya.

Garis TerdepanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang