BACA DAN RESAPI

36.4K 2.7K 316
                                    


2A3: 4 MENIT 9 DETIK (new)


- TOLONG BACA BAIK BAIK PLIS BANGET LAH




4 Menit 9 Detik udah reborn dua kali, yang tandanya sudah terbit tiga kali.


- Pertama, indie oleh Okeydorkyo di 2017 (isi seperti di wattpad dulu)


- Kedua, oleh bukupintarindonesia tahun 2018 (banyak perubahan, konsep cerita flashback yaitu yang pernah dipublish preview –seperti part sebelum ini-) (KARNA ITU UDAH BANYAK YANG TAU MASA DEPAN YENA ENO BERSAMA OKNUM E LAINNYA(?) JADI PLIS BANGET LO SEMUA HEBOHLAH PROTES LAH INI ITU KELIATAN SEKALI KALIAN TIDAK PERNAH MEMBELI NOVELKU HUFT :') ) (udah dari awal 2018 anjir bayangin aja ELU BARU NGOMEL SEKARANG)

Dikarenakan banyak skandal, yang selalu aku misuhin dari dulu, aku selalu update merch 4M9D biar lebih menarik. Entah merch totebag, merch box, merch edisi valentine, ebook pdf versi ff, ebook pdf novel, dll.

Kalau kalian gak tau ceritanya, yaudah diam saja kenapa suudzon mikir ini itu.

Karena bapakku ngajarin untuk gak spal spil spal spil, jadi aku hanya misuh misuh dengan mutualku yang juga ultrakiddos. Aku tidak akan menjelaskan rinci apa yang terjadi, sekalipun dari sudut pandangku.


Ketiga, versi loveable. Sejak dulu aku ingin menarik 4m9d dari penerbit lama, tapi udah kontrak 5tahun di sana. Sudah hopeless dan putus asa. Tapi akhirnya loveable mengulurkan tangan membantu dan mengatakan ada jalan keluarnya.


JADI,

JANGAN TANYA TANYA LAGI YA INI DIJELASIN. NANYANYA JUGA KE GUA AJA BUKAN ADMIN YANG TAUNYA JUALAN AJA MANA TAU ISI CERITA.


- Empat Menit Sembilan Detik terbitan Buku Pintar Indonesia masih produksi, kembali lagi, isinya berkonsep flashback. Tentang Yena masa depan – lalu kembali ke SMA – cerita Yena masa depan lagi – kembali ke SMA – lalu Yena dewasa lagi. Isi juga diedit oleh editor sepenuhnya hingga banyak perubahan terutama di gaya bercerita.

- Cerita Yena dan Eno di Loveable akan berganti menjadi, 2A3: 4 Menit 9 Detik dan menjadi spin off official dari novel Perfect Classmates yang juga diterbitkan Loveable.

Isi novel:

- gaya bercerita sama seperti wattpad

- memakai konsep plot maju, jadi tidak flashback

- beberapa part yang dicut di novel lama akan dikembalikan

- karna plot maju, jadi akan diceritakan bagaimana dari perpisahan SMA mereka sampai kejadian Yena Dewasa.

- Karena awalnya jadwal terbit di Loveable itu Classmates: Jane & Jevon duluan, jadi ada spoiler besar di 4 Menit 9 Detik yang berhubungan dengan cerita itu. Tetapi, dikarenakan hype 4M9D sedang besar, 4Menit9 Detik yang didahulukan.

- Intinya, Empat Menit Sembilan Detik terbitan bukupintar itu berdiri sendiri sedangkan 2A3: 4 Menit 9 Detik terbitan Loveable berhubungan erat dengan Perfect Classmates dan jadi official Series. Jadi tidak ada yang dipotong, center pasti tetap Yena dan Eno, tapi 2A3 tidak hanya jadi 'bayangan' saja.

- di Novel Perfect Classmates, menceritakan tentang fakta fakta dari kejadian di 4M9D yang tidak pernah dipublikasikan. Tentang bully Deya, tentang Joy, tentang pertengkaran Faili Theo, tentang amukan Faili, dan gimana Theo sebagai kapten 2A3 akhirnya melek tentang bullying. Jadi, kedua novel ini akan sangat berhubungan satu sama lain.

- CERITANYA YA TETAP SAMA LAH KALAU BEDA YA MENDING BIKIN JUDUL BARU ATUH (hanya KONSEP AJA yang beda, moon maap aku gak bisa cari kosakata lain kebanyakan liatin kambek idol jadi begini)





- INFO LANJUTAN

+ Totebag 4M9D di tahun 2018 itu TIDAK AKU PRODUKSI LAGI YA. Jadi yang punya ya hanya yang iktu PO tahun itu. Letter Eno Yena di PO pertama juga sangat rare tidak dicetak lagi.

+ Okeydorkyo tidak ikut PO ini karena masih menyelesaikan PO kemarin yang terpause pandemik. TETAPI—

+ Karena perkiraan cover tidak memakai face art, sedangkan Novel 2A3 identik dengan faceart, aku akan membuat cover sendiri. Berbentuk jaket buku seperti Box 4M9D versi Valentine, dengan desain yang baru dan beda. Aku tidak tau apakah ini akan ku jadikan box PO buku, atau nanti aja aku jual sendiri sebagai merchandise.




4 Menit 9 Detik adalah anak emas pertamaku. Batu loncatan paling besar pertama dari yourkidlee. 4M9D sempat aku 'tinggalkan' entah karena masalah novel dan penerbit yang ini itu atau karena komen-komen rude berlebihan yang jelas-jelas disindir di cerita ini sendiri.

Aku harap di lahiran ketiga kali ini, 4M9D bisa kembali menjadi anak emas kesayangan yang membagikan energy positif selalu.






- SEKALI LAGI YA, kalau lu telat datang ya udah gak usah marah marah. Apinya udah abis lu baru teriak teriak kan aneh. Yaudahlah. 4M9D dan 2A3 itu ada dari 2016, tamat di 2017. Yang lu baca ini cuma republish.


Udah ya? Sabar. Minal aidin wal faidzin, lebaran kelima with 2A3 nih btw.





2A3: 4 Menit 9 Detik ✔ ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang