Gue sekarang

30 3 0
                                    

A story by :: SonaP5024

•••

P.S.
makenya lu gue yak,
biar lempeng.

Hari itu merupakan pertama kalinya gue kelas sembilan. Bisa dibilang, tidak begitu bagus juga. Gue dah ngerasain kalau nanti akhirnya ada yang gak beres sama kelas itu.

Pertama-tama, gue sendirian pas masuk kelas. Udah mana paling depan, paling pojok, sendirian lagi. Teman-teman sekelas gue dulu dah ada pasangannya. Tinggal gue sendiri. Tapi lima menit kemudian, ada cewek yang celingak-celinguk kayak nyari temen. Gue panggil aja lah dia. "Eh, mau duduk bareng gue?" ajak gue masih di tempat duduk.

"Oh, boleh deh ...." jawabnya kikuk.

Pas dia udah duduk, okelah kita sama-sama gugup. Karena gak ada yang memulai percakapan seorang pun, akhirnya gue memulainya. "Eh, kenalin, nama gue Arali (pas masih SMP gue make nama depan)," ujarku sambil tersenyum.

"Oh, nama gue Vina. Dari kelas mana?" tanyanya balik.

"Dari 8C, lu sendiri?"

"Gue dari kelas 8F."

Ya, dan kalian bisa bayangkan ... kita bertanya tentang banyak hal. Awal-awal masuk ke kelas sembilan merupakan awal baru untuk menempuh kefokusan gue terhadap Ujian Nasional. Gue berharap banget kalau nanti di kelas itu betah, nyaman, banyak temen kayak kelas delapan. Apalagi, temennya Vina juga temen gue walaupun gak deket-deket banget.

Sampe akhirnya, gue nemuin cinta untuk ke-empat kalinya. Yang pertama pas masih SD, dua di kelas tujuh dan tiga di kelas delapan. Tetapi, hati gue lumayan teriris saat mendengar ini. "Katanya dia putus sama pacarnya, ya?" Saat itu gue, Vina, Annisa, sama temen gue, Yoshi lagi gosip ceritanya.

"Loh, pacarnya emang siapa?" tanya gue. Maklum, pas itu gue kudet alias kurang update.

"Temen sekelas gue, tuh Si De***a (gue sensor yee, soalnya nyebut merek). Baru jalan tiga bulan katanya," jawab Yoshi sambil minum teh sisrinya.

"Lah, terus kenapa lu bilang?" tanya Vina sama Yoshi.

"Nah ini yang gue mau omongin. Mereka tuh putus gara-gara ...."

Pembicaraan kami sempat terputus karena mantan pacar gebetan gue lewat di depan kita. Dia senyum sambil nyapa kita, emang sih gue akui ramah banget walaupun tomboi. ".... mantan pacarnya 'dia' itu disebut-sebut orang ketiga," sambung Yoshi pelan-pelan.

Gue, Vina, dan Annisa sontak kaget dan penasaran. "Mantan pacar?! Siapa?" tanya kita barengan.

"Anak kelas 9I sekarang, namanya R*t* (merek ya, jangan ditulis penuh)," bisiknya.

Belum saja kami memulai percakapan lagi, bel masuk berbunyi di atas kita. Akhirnya gue simpen rasa penasaran itu dalem-dalem. Pas di situlah gue ngerasain gimana sakit hati. Jujur, udah mana gak keterima cinta gue ... tiba-tiba ada kabar kurang bagus dari dia.

Saat itu, dia memasang status dengan nama pacar barunya. Semua temen sekelas gue pada ngucapin selamat, sekalian mintain jatah traktiran. "Jangan lupa, yee. PU-nya nanti," sahut salah satu temen gue. Gue yang lihat percakapan itu hanya menelan ludah dan hanya mengetik satu kalimat,

"Selamat, ya!! Semoga langgeng."

Dan untunglah dia notice gue. "Makasih ya, Ral," jawabnya.

Gue berusaha gak sakit hati, bersikap biasa aja. Ya, untunglah dia orangnya santai. Akhirnya gue mutusin buat menjalin pertemanan aja sama dia.

Sampai pada suatu saat, angkatan gue ngadain Buku Tahunan Sekolah (BTS). Jujur, gue mau ikut pas itu. Tetapi, gak direstui sama orang tua gue. "Emangnya ada surat resmi dari sekolah?" tanya Bapak saat gue bilang itu.

"Gak ada sih, pak," jawab gue pendek.

"Berarti gak diharuskan, dong. Gak usah ikut berarti," jawab Bapak gue to the point.

Pas itu, perasaan gue bener-bener campur aduk. Antara pengen nangis karena gak ikut, tetapi juga kesal gara-gara cuma peemasalahan resmi atau tidaknya.

Dan, ya ... akhirnya gue terima juga setelah denger bayaran buat bikin bukunya mahal banget. Dan itu, bener-bener diluar pertanggung jawaban sekolah. Otomatis, waktu itu gue gak boleh ikut kalau bukan acara sekolah. Kalian pasti tahu kalau Jakarta sampai saat ini tidak mengadakan acara dengan tarikan biaya apapun.

Sumpah, sampai sekarang gue masih sakit hati. Satu-satu, temen-temen gue pada ngejauhin tanpa alasan yang jelas. Jujur, sakit hati banget gue. Kenapa karena gue gak ikut event itu jadi dijauhin hampir setengah populasi kelas gue. Dan, ini bukan masalah biaya ... tapi orang tua gue lebih memerhatikan keselamatan anaknya. Gimanapun juga, acara itu gak resmi dari sekolah dan kalau takutnya ada urusan sama yang lebih jauh takut berabe.

Dan sampailah pada puncaknya. Saat gue bagi rapot, seperti biasa datengnya sekitar jam setengah sepuluh pagi. Bareng Bapak gue, jalanlah ke kelas gue.

Di sana, temen-temen gue yang masih setia gak ada di tempat. Cuma ada pengurus kelas doang sama 'mantan' gebetan gue. Bapak gue masuk ke kelas, gue berusaha mengajak ngobrol sama salah satu anak kelas. "Eh, lu liat Vina sama Annisa gak??? Udah pulang, ya?" tanya gue sekadar basa-basi.

Ya, gue sih berharap dia respect sama gue yang bener-bener butuh temen. Soalnya di sepanjang lorong kelas gue gak ada satupun yang gue kenal.

Dan apa jawabannya? Dia cuma ngangkat bahu, senyum miring, terus memalingkan mukanya ke arah temen-temen gue.

Di situ, gue mau nangis sekenceng-kencengnya. Kalian bayangin, apa gak sakit hati digituin?

Dan karena tahu anaknya kayak orang kebingungan, Bapak gue manggil buat ke kelas. Maksudnya biar gak sendirian. Tapi, begonya gue tetep gak mau masuk kelas. Pura-pura lihat HP, lihat sosmed gue, padahal gak ada kuota saat itu. Karena kalah, gue akhirnya ke kelas.

Nyampe rumah, Bapak gue cerita ke Ibu gue. "Jangan dimakan hati, Mba. Nanti yang ada kamu stress lagi," ujar Ibu gue. Di hadapan mereka, gue berusaha kuat buat gak nangis. Pas sampe di kasur, akhirnya gue bisa nangis sejadi-jadinya.

Untungnya, sebelum gue ambil rapot orang tua gue udah ada rencana buat pindah rumah. Dan dibulan Juni tahun 2019, akhirnya gue pindah rumah. Seminggu kemudian kalau gak salah, di SMP diadain perpisahan sekolah.

Dan karena gue terlalu cuek, dari rumah cuma modal make bedak tabur doang. Rambut gak ditata, dandan aja nggak. Di suruh pake kebaya, gue make atasnya doang dan rok sekolah SMP. Jujur, gue gak modal soal kebaya karena faktor waktu dan gak ada rok batik. Sampe sekolah, gue kaget setengah mati. Semua cewek di sekolah gue pada dandan!! Dan sialnya, gue cuma modal bedakan doang.

Di situ, gue juga udah mulai gak diajak ngobrol. Untung temen gue, Annisa duduknya sampingan dan mau diajak ngobrol saat itu. Ya, namanya juga udah lumayan lama gak ketemu jadi gue sapa-sapain temen gue dari kelas tujuh sampe kelas delapan. Dan disaat gue mau nyapa Vina, ada rasa gak enak di antara kita berdua.

"Eh, Vin. Gimana kabarnya?" tanya gue. Bukannya mau basa-basi, tapi semenjak habis UN gue gak tatap muka sama dia.

"Baik, kok. Mau ngapain?" tanyanya balik. Dari nadanya dia udah gak betah sama gue.

"Nggak, kan udah lama gak ketemu. Ngobrol sedikit aja lah," jawab gue antusias.

Dan dia hanya jawab 'oh'. Di saat yang bersamaan, Yoshi dateng nyapa gue, nyapa Vina juga. Tapi yang bikin kaget, Vina tiba-tiba ngajak pergi Yoshi. Padahal gue dah ngelihat kalau Yoshi mau ngobrol sama gue juga. Di situlah sakit hati gue tumbuh lagi. Bener apa kata orang tua gue, dari awal gue temenan sama Vina, dia cuma manfaatin gue doang.

Sampai acara selesai, gue cuma ngobrol sama Annisa, sesekali ngajak ngobrol Aisah juga (kebetulan kita sederet waktu itu duduknya). Dan sejak saat itu, gue mutusin buat vakum dari temen SMP gue dan keluar dari semua grup SMP.

Dan jadilah gue sekarang yang ngomong asal ceplas-ceplos, suka jutek, dan ya ... itu semata-mata buat menghapus masa lalu gue. Gue juga udah memutuskan untuk tidak ada satupun diri gue saat SMP kemarin, termasuk nama, sifat gue yang polos bin bego.

Tamat

Bukan Kepala Yang Kehilangan TubuhTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang