Malam ini, ditemani siaran tv dan beberapa toples camilan, seorang perempuan paru baya dan seorang gadis menikmati time girls mereka.
"adek lusa ulang tahun,mau minta kado apa?" Tanya sang ibu.
"adek ga minta apa-apa bun. Bunda disamping adek aja itu udah cukup" ucap sang anak pada ibunya.
"maafin bunda ya nak" ucapnya pada sang anak tulus.
"bunda..."panggil aruna lirih.
"bunda gak usah sungkan kalo mau nikah lagi, Udah 16 tahun bunda sendiri,apapun yang buat bunda bahagia, nana bakal dukung kok" ucapnya sambil menatap sang ibu.
Sang ibu tersenyum dan mengelus kepala anaknya.
"iya nanti kalo bunda udah nemu yang cocok,bunda kenalin" ucapnya."adek kalo ada apa-apa cerita sama bunda nak." Ucapnya dan diangguki aruna.
~~~
Dua minggu berlalu, kini aruna dan ibunya akan makan malam bersama rekanya.
"bun..." ucap aruna menahan ibunya yang akan turun dari mobilnya.
"kenapa dek?"
"kalo bunda nikah lagi,boleh gak adek yang jaga rumah itu sendiri. Nanti adek sering main kok" pintanya.
"maksud adek apa minta kek gitu." Tanyanya agak menaikan nada.
"bundaa.." ucap aruna lirih.
"liat nanti aja sayang. Ayo turun udah ditunggu" Ucapnya
Aruna dan ibunya berjalan beriringan menuju sebuah meja yang berisi 4 orang,3 lelaki dan 1 perempuan.
"maaf telat mas" ucap bunda aruna.
"iya gapapa, duduk dulu sa" ucap lelaki itu.
kemudian aruna dan bundanya duduk di kursi yang sudah disediakan.
"kenalin nama om Adimas wiratmaja, yang ini anak pertama om kembar namanya Bintang Putri wiratmaja dan Rendika Candra Wiratmaja dan yang terakhir David wiratmaja" ucapnya mengenalkan.
"Aruna Adhara, salam kenal om,kak, bang" ucap aruna sambil tersenyum.
"kamu kelas berapa dek?" Tanya bintang
"kelas 10 kak" jawab aruna.
"wah adek kelas david berarti" ucapnya sambil tersenyum
"udah makan dulu. Lanjut nanti" ucap adimas.
makan malam berlangsung hikmat diselingi dengan berbagai pertanyaan untuk mencairkan suasana. Aruna atau panggil saja ara atau nana, ia hanya diam menikmati. Baginya,kebahagiaan sang bunda lebih dari cukup untuk membuatnya bahagia.
"Aruna, jika om berniat menjadikan bunda kamu sebagai istri om dan kamu anak om, apa kamu bersedia" tanyanya. Seluruh penghuni meja diam menanti jawaban aruna.
"kalo memang om serius sama ucapan om,ara gak masalah. Selama bunda bahagia ara juga bahagia" jawabnya yang membuat yang lainya tersenyum.
"Ara titip bunda ya om, jangan bikin bunda sedih." ucap ara.
"kita jaga bunda bareng-bareng oke." Ucap bintang pada ara.
"Baiklah, karna sudah dapet restu gimana kali kita percepat. Lebih cepar lebih baik bukan." Ucap adimas dan disetujui yang lain.
"1 minggu lagi resepsi, bagaimana??" Tanyanya dan diangguki yang lain.
"boleh. Tapi kalo gak ada adek gak apapa kan bun, om" ujarnya yang membuat yang lain menatap ara.
"kenapa dek?" Tanya bunda.
"adek 5 hari lagi harus berangkat ke filipina buat acara unicef perwakilan pelajar bun kira-kira 3 bulan lah paling singkat. Baru aja di kasih pemberitauanya tadi" ucap ara yang membuat yang lainya kaget.
"wahh" ujar bangga yang lainya.
"kok gue insinyur sama lo dek" ucap david lalu mendapat toyoran dari candra.
"makanya belajar. Bolos mulu sih lo" ucap candra.
"gapapa kan bun, om?." Tanya ara ulang.
"Kita undur aja gimana?" Tanya Adimas
"Ga usah om. Ara gapapa kok,beneran. Nanti kan bisa VC juga" ucap Aruna.
"Yaudah berarti 1 Minggu lagi resepsi" ucap Adimas dan diangguki semuanya.
•••
Kini, aruna dan calon keluarganya sedang mengantar nana sampai bandara. Tentang keluarga dari mempelai pria mereka sangat menerima nana dengan tangan terbuka.
"inget kata bunda dijaga kesehatanya" ucap bundanya untuk kesekian kalinya.
"iya iya bunda astagaa" ucap nana pasrah.
"adek hati hati disana kalo ada apa apa kabari ya nak" ucap adimas
"Siap om. Maafin nana dan selamat menempuh hidup baru bunda ayah" ucap aruna pada mereka.
adimas memeluk aruna dan mengcium pucuk kepalanya. Kemudia bergantian satu persatu memeluk aruna.
"adek berangkat, see you again" ucap aruna sambil melambaikan tangan pada keluarganya.
•••
tbc.
Moon maap nih acak soalnya. Ini yang buat lagi ngebug
KAMU SEDANG MEMBACA
DANDELION - ARUNA ADHARA
De Todo"gini nih gue jelasin sini,khusus buat yang diselingkuhin" ucap nana sambil maju menuju papan tulis "ibaratnya gue 80% dan si selingkuhan 20%. Cowok gue udah dapet 80% tapi dia nyari seseorang yang bisa melengkapi kekosongan itu" "berarti bener do...