01 | kita pindah

8.3K 839 20
                                    

"Mama kemana pah, kok mama ryujin gak pernah pulang?"

Ryujin saat berusia lima tahun.

"Mama liburannya lama juga yah? padahal ryujin mau dianter ke sekolah sama mama"

Ryujin saat berusia tujuh tahun.

"Kata temen-temen ryujin gak punya mama yah pa? emang bener?"

Ryujin saat berusia sembilan tahun.

"Mama gak sayang sama ryujih kan pah? buktinya dia gak pernah nemuin ryujin"

Ryujin saat usia sebelas tahun.

"Mama ryujin udah meninggal yah? ayok pah kita ke makam mamah"

Ryujin saat berusia tiga belas tahun.

"Ryujin gak bakal nanyain mama lagi, ryujin udah seneng papa ada di samping ryujin". kata anak itu.

Kini ryujin yang berusia tujuh belas tahun itu menghela nafasnya. Hidup tanpa seorang mama di sampingnya memang sangat berat. Apa lagi papanya yang kerap sibuk hingga tidak bisa bersamanya tiap hari. Tapi menurutnya itu gak jadi masalah. Dia sangat menyayangi papanya.

"Kamu udah siap-siap sayang?" 

Ryujin menoleh saat mendapati papanya yang sedang memperhatikan dirinya dari belakang. Ryujin tersenyum dan menganggukan kepalanya. 

"Tinggal barang yang ada diatas lemari, bantuin aku dong pah"

Ryujin mengerucutkan bibirnya. Jeffrey pun tersenyum geli melihat tingkah putrinya itu.

"Manja"

"Gimana mau tinggal di kampung kalo kayak gini". Lanjut jeffrey yang membuat ryujin semakin mengerucutkan bibirnya kesal. 

Papanya pake sengala ingetin kalo sebentar lagi dia bakal jadi bocah kampung alias bopung.

"Lagian harus banget tinggal disana pah?"

Jeffrey mengagguk.

"Tugas papa sayang, lagian papa juga mau bantu perekonomian disana"

"Terlalu baik. Pasti papa lebih sibuk nanti di sana"

Jeffrey pun kembali mengangguk.

"Iya, papa harus bolak-balik sukabumi-jakarta"

Tuhkan sudah di duga. Ryujin bakal kesepian lagi deh.

"Udah deh kamu siap-siap cepetan. Mobil pick up nya datang jam dua belas"

Dengan pasrah anak itu mengemas barangnya kembali. Tiga jam lagi ia akan merubah status dari anak hitz jaksel jadi bopung di desa terpencil.

.....

Ryujin membuka pintu mobilnya dan turun di depan rumah yang akan dia tempati untuk beberapa bulan kedepan. Gadis itu menarik nafasnya dan membuang nafasnya kembali dengan tenang. Desa Cibatu emang setenang ini ternyata?

"Eh assalamualaikum Pak jeffrey"

Jeffrey yang lagi bantuin nurun-nurunin barangnya pun tersenyum kecil.

"Waalaikumsalam pak candra". kata jeffrey sambil bersalaman dengan lawan bicaranya.

"Mau di bantu pak jeffrey?"

"Ah gak usah pak, terimakasih. oiya ini anak saya namanya ryujin"

Ryujin pun tersenyum canggung saat pak chandra beralih mentapanya.

"Ih neng ryujin meni geulis pisan"

"Makasih pak, hehe"

Jujur aja ryujin gak tau mau bales apa? makanya dia cuma bisa hahaha hihihi, senyum canggung, garuk-garuk kepala. Gak ngerti bahasa sunda ryujin tuh...

EPIPHANYTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang