VIII - Pasca Apon Jatoh

223 34 24
                                    

Sehari setelah Apon jatoh, orang rumah mulai pada cemas sama doi. Iya, bahkan gua. Pasalnya badan tuh anak biru-biru serem gitu, terutama di bagian bahu, sikut, sama lututnya. Pokoknya tempat-tempat doi nahan diri pas jatoh dan gelundung dari motor. Terus katanya badannya pegel banget sampe ga bisa digerakin.

Papah Plan yang awalnya galak banget gara-gara Apon teledor, berubah jadi orang lembut penuh kasih sayang yang kerjaannya masakkin makanan favorit si Apon. Gua ampe ngirain si Apon pake jampe-jampe karna bikin Papah Plan demi banget masak berjam-jam buat Apon.

Daddy Mean juga kerjaannya ke kamar Apon mulu, nanyain tuh bocah butuh apa. "Nanti biar Abang ambilin atau beliin." Dih, siapa yang nawarin, siapa yang ngerjain! Tapi karna gua juga gak tega liat doi kayak babak belur abis dikeroyok, gua nurut aja. Plus perasaan gua lagi seneng aja dari semalem. Jadi, walaupun gua kuliah siang, dari pagi gua udah rela bangun dan sibuk banget bolak-balik ke apotek atau indomaret demi si bontot.

Tiap kali gua ke kamar si Apon buat nganterin air minum dingin, atau makanan, mau gak mau gua jadi kepikiran Kak Gun. Apa doi juga kayak Apon gini, nggak bisa gerak banyak saking pegelnya? Apa adeknya Kak Gun udah balik? Dan apa tuh adeknya, yang kedengerannya brandal gitu, mau repot-repot ngurusin Kak Gun?

Lamunan gua buyar setelah ada wassap jawaban dari si Kris setelah gua tanya hari ini kelas jam berapa. Dengan ngeselinnya doi jawab kelas bakal mulai 15 menit lagi. Panik, gua buru-buru berangkat ke kampus, dan pikiran gua tentang Kak Gun pun terlupakan.

Malem itu, pas makan malem, gua sama Papah Plan dan Daddy Mean makan di ruang makan sementara makanan si Apon dianter ke kamarnya. Ruang makan agak rame dari suara dentingan sendok dan garpu ke piring. Gua yang udah kelaperan banget langsung nyiapin satu suapan jumbo di sendok gua.

"Bang, itu si Apon udah dibawain makan belom?" Papah Plan nanya pas banget gua mangap mau nyuap ke mulut. Dengan terpaksa gua turunin lagi tuh sendok buat jawab.

"Udaah," Gua nenangin Papah Plan.

"Minum?" Tuntut Papah Plan lagi.

"Hu umm! Dingin, sesuai pesenan Apon."

"Kue-kue?"

"Pah, itu Apon bisa-bisa keluar-keluar kamar jadi gendut, saking semua kue udah ditaro di atas." Gua muterin bola mata gua. Ini gua kapan bisa makan, sik? Udah laper banget, woy! "Daddy aja sampe gak bisa nyolong kue buat dicemilin lagi." Gua mengedikkan kepala ke arah Daddy Mean yang lagi sibuk ngunyah sampe pipinya gembung.

Ngedenger omongan gua, Daddy Mean berenti ngunyah, melototin gua, terus ngelirik takut-takut ke Papah Plan. Pipinya masih gembung, penuh dengan makanan.

"Ohh! Pantesan kue kering kemarin kok cepet banget abisnya!" Teriakan Papah Plan terdengar berbahaya. Waduh. Gua nelen ludah.

Papah Plan ngerangkulin tangannya ke sekeliling bahu Daddy Mean, maksa orang yang lebih gede itu condong ke Papah dalam pelukan menakutkan. "Enak, kuenya?" Tanyanya dengan nada manis berbisa. Daddy Mean ngunyah dan nelen makanan di mulutnya susah payah biar bisa ngomong buat ngebela diri.

Nah, mumpung Papah lagi rusuh sama Daddy, gua ambil kesempatan ini buat nyuap tuh makanan di sendok yang dari tadi udah setia nungguin gua.

Sambil ngunyah dengan nikmat, gua tontonin aja gimana Daddy Mean ngelus-ngelus tangan Papah Plan yang nyantol di bahu doi dalam usahanya nenangin sang suami galak.

"Enak banget, Yaang~ Gimana mau nggak aku abisin, coba! Kamu jago banget gitu, bikinnya~!" Daddy Mean cengengesan sambil ngeliat Papah Plan, berharap diampuni.

"Hmm, gitu? Saking enaknya sampe kue di rak atas di dapur juga kamu abisin, gitu?" Papah Plan kedengerannya udah greget banget.

Eh, mampus. Kue yang di situ sih gua yang embat, buat nemenin nge-game. Gua diem aja, sibuk ngabisin makan malem gua, berharap nggak ada yang ngeh kalo gua pelakunya.

TEMPT'S MEMBER, GUNTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang