IX - Apon, Babu Baru Gua

193 31 15
                                    

Gua udah siap-siap mau tidur pas kamar gua diketok pelan. Heran sama siapa gerangan yang lembut banget ngetok tuh pintu kamar (biasanya orang rumah kalo nggak ngegedor, ya asal masuk aja), gua bangkit berdiri terus jalan buat bukain pintunya.

"Loh, Apon?" Rupanya yang ngetok itu tak lain dan tak bukan adalah adek gua sendiri. "Ngapain lu malem-malem ngetok pintu kamar gua kalem banget?"

"Jadi gini, Bang," Si Apon ngedorong gua yang lagi berdiri di depan pintu, langsung masuk begitu aja ke kamar gua. Dih, ni anak ngapa kagak ada sopan-sopannya ama kakak sendiri.

"Apaan?" Gua jalan balik ke kamar, duduk di ujung kasur. Si Apon sendiri udah menyamankan diri duduk di sofa pojok kamar gua, ngadep kasur.

"Lu beneran, mau nganter-jemput gua tiap hari, selama sebulan?" Si Apon numpuin dua sikutnya ke lutut. "Gua nggak lagi mimpi, kan, pas lu dateng malem-malem ke kamar gua buat nawarin itu?" Tampangnya kayak yang curiga dan nggak percaya. Yah, wajar si. Sejak kapan gua jadi murah hati banget gini yekan. Ke doi, terutama.

"Hm mm," Gua naikin satu kaki gua ala boss mafia.

"Dan lu bilang, ada bayarannya." Lanjut Apon ati-ati. Gua nyeringai sambil naikin alis gua. Apon senyum kecut ngeliat tingkah gua. "Bayarannya apaan?" Doi nanya takut-takut. Gua pengen ngakak dengernya. Apon nggak pernah kayak gini.

"Bayarannya…" Gua sengaja ngomongnya diputus, biar intens. Seringai gua melebar. "Lu jadi babu gua."

"Hah?!" Apon berseru tanda protes.

"Iya. Babu. Lu tau kan, babu apaan?" Kata gua dengan nada menang sambil ngelipet tangan di dada. Apon udah cemberut aja di sofa. Doi ngangguk kesel.

Gua nahan ketawa dan lanjut. "Oke. Jadi, lu harus cuciin mobil gua minimal tiga kali seminggu, ingetin jam kuliah gua, nanti gua kasih jadwalnya. Emm apa lagi, ya. Ah! Lu juga harus selalu nurut sama apapun yang gua suruh, lu harus selalu jawab wassap gua, minta ke Papah masakin masakan favorit gua."

Apon menganga gak percaya denger penjelasan gua. Doi ngambil nafas dalem, mejemin matanya, seolah ngumpulin semua kekuatan untuk nurut sama syarat yang gua ajuin. Demi dianter-jemput sebulan.

Beberapa detik kemudian, si Apon ngebuka matanya, ngeliat gua tajem. "Gua dapet kompensasi gak?"

"Yep." Kata gua, nginget peran gua sebagai mata-mata. "Lu dapet tiga kompensasi. Silakan pilih sendiri," Lanjut gua, bak jin dalem botol. Gua udah bisa duga sama apa yang Apon mau.

"Mmm…" Si Apon mikir baik-baik tiga kompensasi yang doi boleh minta.

"Gak pake lama." Gua mulai gak sabar.

"Oke, oke!" Seru Apon panik. "Satu, lu anter-jemput gua buat ke kelas DAN ke ruang latian! Walopun gua lagi gak ada kelas, misalnya."

"Iyaa." Kata gua ngangguk. Bagus. Emang itu tujuan utama gua, biar gua punya alesan buat selalu mampir ke ruang TEMPT.

"Dua, kalo lu nyuruh gua buat beliin apapun, itu tetep pake duit lu." Si Apon nekenin banget di sini.

"Hm mm." Gua ngangguk lagi, tanda setuju. Namanya juga doi lagi kere, gua maklum lah. "Tiga?"

Gua berharap Apon bakal minta dibebas-tugaskan selama doi mau jalan sama Kak Saint. Gua nggak keberatan, dan dengan gitu doi bakal selalu laporan kalo mau jalan sama Kak Saint. Gua jadi bisa nerusin info itu ke Papah Plan sama Daddy Mean.

"Tiga," Di sini si Apon keliatan malu. "Gua mau lu ngebebasin gua jadi babu tiap kali gua mau jalan sama Kak Saint." Katanya rada ngegumam karna malu. Tapi gua nangkep kata-katanya. Gua menyeringai puas.

TEMPT'S MEMBER, GUNTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang