Gua ngedip berkali-kali, berusaha ngeliat Kak Gun sejelas mungkin dengan kondisi gua yang lagi teler ini. Sialnya, mata gua kayak nggak bisa fokus ngeliat muka Kak Gun, gak peduli gua udah berusaha kayak apa. Gua nyoba buat duduk tegak, dan gua otomatis oleng sampe harus pegangan ke meja bar.
Sialan, lu, alkohol!!
"A – apa, Kak…? Gimana?" Gua tergagap.
Gua yakin, gua pasti salah denger. Ga mungkin Kak Gun bener-bener tersinggung sama gaya gua pedekate ke doi! Gak mungkin!
Kak Gun ngeliat gua dengan senyum khas orang pengertian, bibirnya ngebentuk senyum lembut dan matanya mancarin sinar simpati. Seolah dia ngerti banget kalo yang dia hadepin tuh anak kecil yang gak bisa mikir jauh soal konsekuensi dari kelakuannya. Seolah dia lagi berusaha jadi orang yang lebih baik, lebih pengertian, karna dia yang lebih tua diantara kita berdua.
Tapi, dibalik itu semua, gua bisa liat kalo Kak Gun sebenernya lagi kesakitan. Ekspresi itu jelas banget di mata gua: Kak Gun lagi nyembunyiin dan nahan rasa sakit di hatinya.
Ngeliat ekspresi itu, walopun lebih lambat dari biasanya karna lagi teler, muncul rasa panik di pikiran gua. Badan gua langsung berusaha semampunya buat sadar dari pengaruh alkohol sialan itu. Taik!! Kenapa pas disaat-saat genting kayak gini, badan gua gak mau kerjasama sama otak gua, sih!!
Sebelum otak gua kelar memproses apa yang lagi terjadi sekarang, dan tindakan apa yang baiknya gua lakuin, Kak Gun ngomong lagi, ngejawab pertanyaan gua barusan.
"Iya… Udahan ya, bercandanya. Bercanda kayak yang gua sama lu lagi pacaran. Atau bercanda kayak yang ngegombal gitu." Doi masih berusaha kedengeran santai. Suaranya pelan, dan masih ada senyum di bibirnya. Senyum itu senyum terpedih yang pernah gua liat dari bibir indah Kak Gun.
"Kak, gua tuh…! Eh gua—!" Gua berdehem frustrasi, berusaha ngebentuk satu kalimat, tapi lidah gua kelu. Otak gua bener-bener gak bisa dipake rasanya. Seolah otak sama lidah gua gak konek.
Kak Gun ngulurin tangannya, lalu megang lengan gua lembut. Mata gua ngikutin gerakan tangan doi, sebelum gua ngedongak lagi, balik ngeliat matanya. Jantung gua mulai berdetak kenceng, tapi kali ini detakan jantung ini terasa gak familiar. Rasanya asing yang dipacu sama rasa cemas, bukan perasaan grogi bahagia yang biasa gua rasain kalo lagi deket doi.
"Iya, Maark. Gua tau, lu mau bilang kalo lu gak maksud gitu, kan?" Kak Gun sekarang ngelus lembut lengan gua. Tiap elusan itu kayak ngasih luka baru di hati gua.
Gua gak maksud buat bikin lu gak nyaman sama semua gombalan gua itu, Kak…! Karna gua bener-bener suka sama lu…!
Gua pengen banget ngomong itu semua, tapi gak ada kata-kata yang keluar dari mulut gua. Yang sekarang gua lakuin cuma bisa ngeliatin doi dengan tatapan panik, dengan nafas memburu.
Ngeliat gua diem aja, Kak Gun menghela nafas berat. "Gua tau lu cuma bercanda, Mark. Makanya dari kemarenan juga kan gua selalu ngeladenin candaan lu itu…"
"Tapi —!"
"Tapi gua juga punya batesan, Mark." Senyum Kak Gun yang sebelumnya nunjukin rasa maklum dan simpati, sekarang berubah jadi senyum sedih. Tangannya dilepas dari lengan gua, bikin gua makin panik. "Gua… gua tau, gua juga salah di sini. Maksud gua — yah, gua juga kan dulu beberapa kali pernah bercanda yang menjurus kayak gini juga. Jadi mungkin lu…"
Gua bahkan gak bisa inget kapan Kak Gun pernah bercanda menjurus. "B – bukan, Kak…! Ini gak ada hubungannya sama candaan lu —"
"Dulu, gua bercanda kayak gitu karna gua kira itu cuma buat seneng-seneng aja. Karna kita temen. Kadang gua juga suka bercanda kayak gitu ke temen-temen gua." Kak Gun motong perkataan gua lagi. Nadanya mulai keras, alisnya berkerut, dan doi nundukin kepalanya. "Masalahnya, lu tuh udah kelewatan."
KAMU SEDANG MEMBACA
TEMPT'S MEMBER, GUN
Fiksi PenggemarDari semua klub yang bisa diikutin Apon, adek gua itu milih jadi anggota band. Gua sih sebenernya terserah dia aja, yang bikin gua males tuh, gua harus nganterin tiap kali dia harus latian. Tapi gua yakin usaha gua ini bakal ada hikmahnya. Kenalin...