"Mark, lu mau ikut gak, ntar?" si Kris condong ke gua pas di kelas hari itu.
"Hah?" Gua tersadar dari lamunan gua. "Ngapain? Ke mana?"
Di depan, Pak New lagi sibuk ngejelasin teori ga tau apaan. Tapi berhubung ini kelas gabungan, pake ruangan auditorium yang nampung puluhan orang, gua sama Kris bisa ngobrol santai. Apalagi kita duduk di bagian agak belakang.
"Ke bar, minum." Si Kris nyengir lebar.
"Hari Kamis gini?" Gua tanya, mastiin. Biasanya kita nunggu akhir pekan dulu buat minum. Si Kris nyengir sambil naikin alisnya. Gua menghela nafas aja, emang setan ni temen satu. "Tempat biasa?" Gua akhirnya nanya sambil nyoret-nyoret buku catetan gua, bosen.
"Bukan," Saut si Kris. Matanya nyalang, cengirannya jail. Wah, mulai deh ni anak. "Gua nemu bar baru tempat nongki anak-anak kampus laen. Bakal banyak cewek juga, sekalian bisa ngeceng." Kris nyeringai bandel. Gua ngeliat doi heran.
"Lu bukannya punya cewek?" Gua nanya, bingung.
Tampang Kris langsung asem. "Tai, lu. Kan gua udah putus ama yang maren! Gua cerita ke lu, elu gak dengerin ya!"
Ealah, lupa gua. Gua cengengesan, ngerasa nggak enak. "Ya maap, gua kan lupa." Gua nyengir ke Kris yang dibales dengan doi muterin mata kesel. "Terus, baru putus, lu udah mau nyari kecengan baru?" Gua mendecakkan lidah dan menggelengkan kepala, sok heran. Ni anak emang gampang banget gonta-ganti cewek sejak gua kenal doi dari jaman ospek.
Giliran Kris yang cengengesan. "Ya namanya juga anak muda." Emang dasar ni anak. Pacaran buat seneng-seneng doang. "Kan gua ga bisa galau terus-terusan! Hidup itu harus liat ke depan!" Doi nyari-nyari alesan sendiri.
Gua udah nggak dengerin lagi. Otak gua lagi muter, mikirin baiknya gua ikut apa nggak bareng si Kris buat ngeceng. Pikiran gua melayang ke kejadian tadi pagi, pas Kak Gun bilang gua cakep. Gua senyum-senyum sendiri ngingetnya. Tapi yah, namanya dipuji, siapa sih yang gak seneng? Apa gua ikut aja sama Kris? Kali gua dapet kecengan, dan ternyata perasaan gua ke Kak Gun itu sebenernya bukan apa-apa.
"Oi, Mark! Gimana? Ikut gak lu?" Si Kris nyenggol gua pake sikutnya. Ni anak kalo soal ngeceng aja, gigih bener ngajakin gua. Ngeceng, atau minum, atau dua-duanya.
Gua udah mau ngeiyain, pas gua inget gua harus jemput si Apon. "Ehh jam berapa? Gua harus nganter balek adek gua, motor doi lagi di bengkel." Gua nanya. Si Kris mikir-mikir bentar.
"Ya yang pasti malem, lah." Jawab temen gua itu. "Adek lu harus dijemput jam berapa? Kalo sempet, lu bisa jemput adek lu, abis tu langsung cabut." Bener juga ni anak.
"Okelah kalo gitu. Kabarin ya, jam berapa di mananya." Kata gua setuju. Si Kris nyengir seneng.
"Siap, bruh." Katanya semangat bener. Abis itu doi nambahin dengan nyebelin, naro tangan di bahu gua simpati. "Udah saatnya lu cari pacar. Malu gua jalan ama orang jomblo akut!" Kris ketawa tertahan tanpa perasaan. Gua mendecakkan lidah kesel.
"Ah, diem lu. Udah kayak bokap gua aja, tiap hari nanyain mana kecengan gua." Gua ngedumel, berusaha fokus ke layar slide Pak New di depan. Tapi nggak nyangkal juga sih. Sialan emang nih anak, ngingetin aja gua lagi jomblo.
Kelar kelas, si Kris nanyain gua mau makan siang di mana. Gua yang lagi kepingin ayam geprek krispi ngajakin doi ke situ, yang diikutin sama anggukan kepala doi tanda setuju. Langsung aja kita berdua jalan lambat-lambat keluar area kampus, karna stand ayam itu emang di jejeran pinggir jalan, bukan kantin kampus.
Sesampainya di tempat ayam geprek krispi itu, kita berdua mengerang pelan ngeliat antrian yang panjang. Agak bete, kita ikut ngantri. Udah laper banget, nih! Teori panjang Pak New nguras abis energi yang gua dapet dari nasi uduk tadi pagi. Padahal gua meratiin aja kagak.
KAMU SEDANG MEMBACA
TEMPT'S MEMBER, GUN
FanfictionDari semua klub yang bisa diikutin Apon, adek gua itu milih jadi anggota band. Gua sih sebenernya terserah dia aja, yang bikin gua males tuh, gua harus nganterin tiap kali dia harus latian. Tapi gua yakin usaha gua ini bakal ada hikmahnya. Kenalin...