V - Manggung

256 35 18
                                    

"Apon mana, belum tampil!" Papah Plan celingukan ngeliatin panggung dari tempat kita duduk.

"Ya belum lah, Pah, orang itu yang lagi nyanyi mbak-mbak gitu, lho!" Kata gua muterin bola mata gua.

Gak lama gua masuk ke Cafe, Papah Plan sama Daddy Mean sampe. Sayangnya, meja yang paling deket sama panggung udah ada orangnya. Jadi kita terpaksa duduk agak jauh. Masih keliatan, sih. Tapi sejauh ini Papah Plan kerjaannya manjang-manjangin leher buat ngeliatin panggung, bikin band yang lagi tampil salah tingkah.

"Cafe-nya bagus ya." Daddy Mean nyeletuk santai, dengan tangan megangin menu. Doi kayak seneng banget ke Cafe ini, ngga tahu karna jadi semi ngedate sama Papah Plan ato karna Apon tampil. Kayaknya yang pertama, deh. Rambutnya yang agak klimis dibenerin sama Papah Plan dikit.

"Hu um." Gua ngangguk setuju, sementara Papah Plan berdecak sebel karna Apon belum muncul juga. "Kan Abang niat mau ke sini sama temen. Tapi kok kayaknya kebagusan, ya." Kata gua, iseng ikut ngebuka menu juga.

"Ah kamu mah sama temen terus. Gebetan mana, gebetaan." Papah Plan nuntut dengan suara cemprengnya bikin gua nyesel udah cerita. "Seenggaknya Apon udah ada gebetan, tuh. Ganteng banget, lagi."

Wah, rekor baru nih Kak Saint. Belum dikenalin secara formal udah disayang duluan ama Papah Plan. Langka banget ini. Gua ngehentak-hentakin kaki gua pelan. Kok gua jadi agak sirik ama si Apon, sih. Sial.

"Yang, kayak nggak tau si Mark aja sik." Daddy Mean tiba-tiba angkat suara. Gua noleh, ngeliat Daddy Mean, berharap bakal dibelain. "Tampang boleh aja ganteng, turunan dari Daddy, jelas. Tapi soal asmara belum tentu berhasil!"

"Ih, Daddy Mean mah, jahat banget sik!" Gua manyun, sibuk ngebolak-balik menu tanpa ngeliat isinya. Daddy Mean sama Papah Plan sibuk ngetawain gua. Untung abis itu kita disamperin sama waiter, buat nanyain pesenan kita.

Daddy Mean pesen red velvet, Papah Plan pesen cheesecake. Samar-samar gua denger mereka berdua rencana saling cicip kue satu sama lain. Gua sibuk merhatiin panggung, dengerin band aliran jazz yang lagi tampil, kedengerannya classy banget. TEMPT gimana ya, nanti?

"Kalo masnya pesen apa?" Gua kaget tiba-tiba ditanya gitu.

"Ehh… emmm…" Sahut gua terbata-bata sambil buka-buka menu. Akhirnya gua bilang, "Ehmm… Macaron aja, deh!"

Si waiter senyum sambil nyatet pesenan gua. "Minumnya?" Doi nanya lagi.

"Jus jeruk." Kata gua gak pake mikir, males buka menu lagi. Si waiter nyatet sambil ngangguk, abis itu doi pergi buat bikinin pesenan kita.

"Masa makan macaron sama jus jeruk, Bang! Suka aneh aja!" Papah Plan protes sama keputusan gua mesen jus jeruk. Gua masih merhatiin panggung, nggak terlalu ngedenger omongan Papah Plan.

"Yaudah, sih Yang, namanya juga suka." Tumben Daddy Mean belain gua. Gua noleh ke doi, senyum penuh terima kasih.

"Emang sejak kapan Mark sesuka itu sama jus jeruk??" Papah Plan ngeliat Daddy Mean bingung.

"Suka aneh, maksudnya." Kata Daddy Mean garing banget, terus ketawa sama lawakannya sendiri. Gua manyun. Harusnya gua tau Daddy Mean gabakal belain gua.

Beberapa menit nunggu, band lain ngisi panggung. TEMPT belum tampil juga. Agak bosen, gua mutusin buat nyamperin Apon dan kawan-kawan. Gua bangkit dari kursi gua, ngerapiin jas gua dikit sebelum jalan pergi.

"Mau ke mana?" Papah Plan ngedongak, ngeliat gua heran.

"Sebentar." Jawab gua nggak nyambung. Gua sibuk ngeliatin si waiter yang tadi ambil pesenan gua sekeluarga, mau nanya backstage ada di mana.

TEMPT'S MEMBER, GUNTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang