"Heh, Bang, ngapain duduk di situ jam segini?!" Papah Plan terkaget-kaget ngeliat gua duduk sendirian di kursi makan jam 6 pagi.
Gua ngedongak dari layar hape gua yang dari tadi gua pegang. Gua senyum ala kadarnya ke Papah Plan, abis itu jawab. "Iya, kebangun nggak bisa tidur lagi." Kata gua jujur.
Semenjak kejadian kemarin, gua emang nggak bisa tidur saking kepikiran terus kenapa Kak Gun kayak gak nyaman sama gua. Bahkan doi nolak brownies bikinan gua dengan alesan gak mau makan manis karna lagi gak enak perut. Tapi doi lancar aja makan kukis cokelat buatan Pure. Jadi pasti emang ada yang salah antara gua sama Kak Gun. Tapi apa?? Berkali-kali gua nyoba mikir, gak ketemu juga jawabannya.
Gua inget kemarin semaleman doi keliatan banget kayak ngejauh dari gua. Pas mau gua ajak ngobrol, ada aja alesannya. Ya mau latian, lah. Ya maen game di hape, lah. Ya ngomongin skripsi sama Mas Tle, lah. Pokoknya gua dikacangin abis-abisan deh.
Tapi pas gua tanya ke anak-anak lain, apa mereka ngeliat Kak Gun kayak aneh gitu, mereka semua jawab nggak. Gua nyoba mikir mundur sebelum Kak Gun bersikap aneh gini, tapi gua gak bisa inget ada hal gak enak yang gua lakuin ke doi sampe doi segitunya sama gua.
"Tumben." Komentar Papah Plan soal gua bangun pagi, bikin gua balik ke dunia nyata. Gua liat doi jalan lambat ke meja di dapur buat bikin kopi di coffee maker. Gua cuma bergumam ngebales komen doi, balik lagi scrolling hape gua.
Kelar bikin kopi, Papah Plan ngebawa mug isi kopi doi ke meja, dan duduk di depan gua. "Kamu lagi gak ada masalah kan? Soal urusan kampus? Atau urusan klub?" Tanyanya perhatian. Doi emang tajem bener instingnya kalo udah nyangkut kemaslahatan anak-anaknya.
Gua senyum kecut, pengen banget nyeritain soal Kak Gun kemarin. Tapi gua males bawa-bawa masalah sepele soal kecengan ke rumah. Gua juga masih nggak sanggup nerima konsekuensi kalo gua cerita tentang gua yang lagi demen sama orang. Akhirnya gua cuma bisa ngegelengin kepala gua sambil senyum nenangin Papah Plan.
"Nggak ada apa-apa, kok. Lancar lancar aja" Kata gua berusaha kedengeran santai. Papah Plan ngangguk, kayaknya percaya sama jawaban gua. Tapi gak tau juga.
"Oh, iya! Kamu UTS kapan?" Doi tiba-tiba keingetan.
"Emm… minggu depan." Jawab gua yang bisa inget UTS tuh minggu depan karna tiap hari setiap dosen nggak ada bosen-bosennya ngingetin.
"Ohh, oke. Jangan lupa print jadwalnya, tempel di pintu kulkas." Papah Plan ngingetin kebiasaan kita buat nempelin jadwal di kulkas biar gak lupa. Gua ngangguk singkat, nyautin doi. Abis itu doi lanjut nasehatin gua. "Banyak-banyak belajar, jangan banyak main game dulu!"
"Hm-mmm." Gua sautin doi ogah-ogahan. Gua yang lagi males ngomongin kampus beserta isinya, nyoba ngalihin perhatian doi. "Pah, ntar sarapan apa?" Tanya gua.
Seperti yang gua duga, perhatian Papah Plan langsung teralih. Gua dengerin aja ocehan Papah Plan soal sarapan dan setuju aja sama ide doi supaya gua ikut bantuin masak doi hari ini. Doi kayaknya semangat bener akhirnya bisa masak bareng gua. Mumpung udah bangun pagi-pagi gini, katanya, sok ngasih alesan. Padahal gua seneng aja disuruh masak bareng doi.
Gua sebenernya agak lega denger ocehan rame Papah Plan. Karna dengan gitu, gua bisa ngesampingin pikiran gua tentang Kak Gun untuk sementara.
Pagi itu ternyata hari yang jadwal gua sama Apon samaan, jam 9. Si bontot itu seneng (plus heran) banget, tau gak usah bangunin gua. Daddy Mean lain lagi, doi ngirain doi masih mimpi pas turun dan ngeliat gua lagi di dapur, masak sama Papah Plan. Dengan nyebelinnya doi nepok-nepok pipi gua, mastiin kalo itu emang gua. Sial. Segitu anehnya, apa, ngeliat gua bangun pagi terus masak? Mm… Dipikir-pikir iya, sih.
KAMU SEDANG MEMBACA
TEMPT'S MEMBER, GUN
FanfictionDari semua klub yang bisa diikutin Apon, adek gua itu milih jadi anggota band. Gua sih sebenernya terserah dia aja, yang bikin gua males tuh, gua harus nganterin tiap kali dia harus latian. Tapi gua yakin usaha gua ini bakal ada hikmahnya. Kenalin...