XXIV - Festival Hari Pertama

226 24 77
                                    

Gua turun tangga pagi itu dengan langkah agak tergesa-gesa. Kak Zung barusan nge-wassap di grup klub masak, katanya yang jaga shift hari ini harus dateng secepatnya ke booth. Ada masalah sama kue, katanya. Gak tau maksudnya itu kuenya kurang, atau kuenya abis ada yang nyolong kayak Daddy Mean nyolong kue kacang. Ditambah kita harus briefing pagi. Jadilah jam setengah tujuh gini gua udah siap jalan.

Dua menit, dan gua udah sampe ke pintu depan, kunci mobil udah siap di tangan. Tiba-tiba gua denger suara keras Papah Plan ngehentiin langkah gua.

"Eits, eits!! Mau ke mana, itu?!" Gua langsung membeku di tempat denger suara itu. "Sarapan dulu, ayo! Gak boleh keluar rumah kalo perut kosong!" Ealah, ketauan deh gua.

Pelan-pelan gua noleh, keliatan Papah Plan berdiri di depan ruang makan. Kedua tangannya di pinggang, dan matanya bersinar galak. Waduh.

Tangan gua berenti di udara, pas tadi siap mau megang handle pintu depan. Gua nyengir bersalah ke Papa Plan, yang jelas tau kalo gua mau ngacir ke kampus tanpa sarapan dulu.

Papah Plan mengedikkan kepalanya ke arah ruang makan, kode buat gua supaya langsung ke sana dan makan, gak pake protes. Gua langsung nurut, balik badan, dan jalan ke arah ruang makan sambil agak manyun. Kunci mobil balik lagi masuk kantong celana. Mana berani gua ngelawan Papah Plan.

Begitu masuk ruang makan, ternyata udah ada si Apon di situ. Ada mangkok isi susu sama sereal di hadapannya, dan doi lagi sibuk makan sambil nonton pake hapenya. Dari tampang dan bajunya yang udah rapi, kayaknya Apon juga korban aturan Papah Plan yang gak ngebolehin pergi sebelum sarapan.

Gua lalu narik kursi makan di hadapan doi dan duduk di situ. Ngedenger gua, si Apon angkat muka, ngeliat gua udah rapi juga, abis itu nyengir bandel ke arah gua. "Ketauan sama Papah juga?" Tanyanya pelan.

"Apalagi?" Bales gua, sama pelannya.

"Kalo nggak sarapan tuh, nanti bisa sakit!" Tiba-tiba Papah Plan naro mangkok isi susu sama sereal di hadapan gua. Apon sama gua langsung kicep. "Seenggaknya sereal juga gak apa-apa! Gak harus nasi!"

Gua ngedongak, dan bilang makasih udah disiapin sarapan gini sambil senyum manis. Kali hati Papah Plan jadi leleh liat senyum gua. Gak cuma itu, gua juga ngeiyain aja semua omongan Papah Plan, biar gak makin dimarahin atau apa. Gak pake lama, gua langsung nyuap tuh sereal, nunjukin ke Papah Plan kalo gua anak penurut.

"Tapi kan, hari ini Apon sama Abang jadi panitia. Harus cepet datengnya!" Si Apon malah protes. Gua langsung pelototin doi dengan pipi gembung, penuh sereal sama susu.

Ah, elah nih adek bontot satu! Kayak gak tau aja, makin protes, makin lama omelan Papah Plan! Bener aja, begitu Apon protes, Papah Plan langsung makin gencer sama wejangan soal pentingnya sarapan

"Walopun hari ini hari spesial, tetep harus makan! Mau sunat, kek, mau jadi panitia, kek, nggak ada alesan buat gak sarapan dulu!" Omel Papah Plan. Ini… kenapa bawa-bawa sunat? "Sarapan itu yang ngasih energi buat badan, nutrisi buat otak! Gimana kalo nggak sarapan, coba? Nanti kalian ngantuk gara-gara —"

Tuh, kan. Sepanjang makan gua jadi harus rela ditemenin sama omelan Papah Plan yang berkepanjangan. Gua sama Apon (yang akhirnya udah belajar buat gak protes) diem aja, sambil makan sereal di mangkok masing-masing.

Gua udah gak dengerin lagi ocehan Papah Plan. Suaranya masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Lagian suara renyah sereal emang agak menuhin pendengaran, sih.

"Ada apaan sih, ribut amat pagi-pagi?" Keluh Daddy Mean, sambil masuk ke ruang makan.

Kita bertiga sontak noleh ke sumber suara. Keliatan doi masih pake piyama, masuk ke ruang makan dengan langkah lambat-lambat. Dari mukanya yang bengep, jelas doi baru banget bangun tidur.

TEMPT'S MEMBER, GUNTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang