Apa itu memaafkan? Memaafkan berarti memberi ampun atas kesalahan. Apakah memaafkan itu ada jenisnya? Dimulut aku berkata memamaafkan, tapi dalam lakuku aku membicarakan. Seperti ibu-ibu di komplek perumahan yang ghibah menjadi kerjaan
Apa itu memaafkan? Memaafkan berarti tidak menganggap salah. Bukankah itu berarti aku memaklumkan, tapi dalam hatiku mempertanyakan. Seperti sebuah buku misteri yang sering mengundang tanya, kenapa fakta dilapangan tidak sesuai dengan kenyataan.
Apa itu memaafkan? Jika masih terus diungkit dalam percakapan, menyatakan diri sudah memaafkan namun ternyata tidak dilupakan. Ternyata malah disimpan dalam kenangan bukankah itu menyakitkan? Seperti api makan di dalam sekam.
Apa itu melepaskan? Melepaskan berarti mencurahkan. Ada cara lain melepaskan kesal dan kepenatan, yaitu dengan mengungkapkan. Tidak perlu frontal didepan, namun cukup dalam karya yang di pamerkan. Meski yang di dapati adalah sebuah presepsi yang berbeda, yang terpenting adalah ganjalan hati sudah diungkapakan.
Apa itu melepaskan? Melepaskan berarti membalas. Apakah hanya berbicara tentang dendam? Bukan. Ada sakit hati yang terkadang perlu dibalaskan agar ada kelegaan untuk melangkah ke depan. Namun apakah menjadi penyelesaian? Tidak. Menjadi perputaran kusut yang tidak bisa di usut.
Apa itu melepaskan? Jika kamu masih menyimpan dalam raga sebuah kesal dan sakit. Biarkanlah dia berlaku dan bertutur seperti apa, yang terpenting kamu sudah bebas dan tersadarkan. Tidak perlu mengulang cerita, karena terkadang yang menjadi tempat bercerita belum tentu bisa dipercaya.
Apa itu melupakan? Melupakan berarti lupa akan. Lupa akan kata manismu yang sempat menjadi candu, bujuk rayumu yang sempat membuat rindu. Namun kini menjadi sembiluan karena engkau menghilangkan jejak canda menjadi sebuah jejak amukan tanpa sebab.
Apa itu melupakan? Melupakan berarti menghapus ingatan. Akan menjadi susah jika masih ada disekitar, menjauh pun tak bisa karena ada yang harus diselesaikan. Namun seakan ingin mengelur kebersamaan, kesal itu dibiarkan berlarut malah ditambah garam laut yang semakin membuat kalut. Bingung? Aku pun bingung.
Apa itu melupakan berarti memaafkan dan melepaskan? Mungkin akan terdengar sebagai pendendam, atau orang yang jahat. Namun bagiku memaafkan kesalahan orang itu mudah, karena kita insan yang tak pernah lepas dari salah, melepaskan kesal dan amarah itu hanya sebatas jari dengan keyboard gadget karena aku meluapkannyya lewat karya dan aku pamerkan di media. Namun untuk melupakan aku bukanlah orang yang gampang lupa, karena selalu aku ingat untuk menjadi pembelajaran dan peringatan agar tidak terulang.
Bukankah mengingat untuk mencegah lebih baik daripada melupakan kemudian sakit berulang?
Inilah arti dari memaafkan, melepaskan dan melupakan dimataku, dan aku bersyukur karena hal ini aku memiliki pengingat akan adanya pesakitan mulai mendekat#Day12
#JumlahKata405
#30HSMK
#SeiraAsa
#EventSeiraAsa
#MenulisKebaikan
#BelajardanBertumbuh
KAMU SEDANG MEMBACA
Zindagi - Solilokui lika liku kehidupan
PoetrySenandika atau solilokui tentang apa yang ditemui, apa yang dirasa, dalam lika liku kehidupan, yang tidak mungkin di suarakan, namun ingin diungkapkan. Suara hati yang terdalam, yang mungkin terlalu kasar, namun kini diperhalus lewat sastra.