UM--10

1.8K 57 1
                                    

Halo!!!

Masih ada yang baca sampai sini?

Happy Reading!!!

****

Kesabaran memang ada batasnya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kesabaran memang ada batasnya. Tapi, apalah daya manusia yang hanya menjalankan skenario yang tercipta dari sang Maha Kuasa.

Skenario Tuhan memang tak bisa di tebak, tapi bisa dirasakan. Katanya, "Hanya akar yang kuat, yang mampu menopang pohon yang besar."

Menahan sabar memang tidak mudah. Akan tetapi, Allah sangat mencintai orang-orang yang menahan kesabaran.

Didalam surah Al-baqarah, ada 3 surah yang membahas mengenai kesabaran. Pertama dalam surah Al-baqarah ayat 45, "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'."

Surah yang kedua terdapat pada Al-baqarah ayat 153, "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Kemudian, surah Al-baqarah terakhir yang membahas mengenai kesabaran terdapat pada ayat 155, "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."

Tak hanya surah Al-baqarah, surah lain juga ada yang membahas mengenai kesabaran. Sifat sabar ini sangat Allah muliakan bagi manusia.

Dalam sebuah hadist shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari, dalam kitab Fathul Bari No. 6424, "Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Allah Ta'ala berfirman: Tidak ada balasan yang sesuai di sisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian ia rela dan bersabar kecuali surga."

Sekian kuliah subuh pada hari ini, semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sabar.

Author pov...


Bilal mengakhiri kuliah subuhnya, hari ini giliran ia yang memberikan kuliah bagi para penghuni Aşkim Nur.

Topik yang ia berikan hari ini membahas mengenai kesabaran, yang ia ambil dari keadaan yang sedang ia rasakan sekarang.

Walaupun dirinya difitnah, ia tidak berniat untuk membesar-besarkan masalahnya. Mungkin, ini sudah menjadi takdir yang digariskan untuknya, pikirnya.

Ustadz Muda √Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang