٤١ [أبي وأمة والأطفال]

389 41 0
                                    

"Orang yang selalu mengingat kebesaran Tuhan, tidak akan pernah membesarkan dirinya."
-KH. Ahmad Mustofa Bisri-

"Jadi gini, Aa Kafa." Alzam berdehem sebentar, bersiap menjelaskan. "Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam 1 hari 1 ayat, Aa bakal menghafalnya secara keseluruhan dalam waktu 17 tahun, 7 bulan, 9 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 2 ayat, Aa bakal menghafalnya selama 8 tahun, 9 bulan, 18 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 3 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 5 tahun, 10 bulan, 13 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 4 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 4 tahun, 4 bulan, 24 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 5 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 3 tahun, 6 bulan, 7 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 6 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 2 tahun, 11 bulan, 4 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 7 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 2 tahun, 6 bulan, 3 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 8 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 2 tahun, 2 bulan, 12 hari."

"Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 9 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 11 bulan, 12 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 10 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 9 bulan, 3 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 11 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 7 bulan, 6 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 12 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 5 bulan, 15 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 13 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 4 bulan, 6 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 14 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 3 bulan. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 15 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 2 bulan, 1 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 16 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 1 bulan, 6 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 17 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 1 tahun, 10 bulan. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 18 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 11 bulan, 19 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 19 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 11 bulan, 1 hari. Kalo Aa menghafal Al-Qur’an dalam satu hari 20 ayat, Aa bakal menghafalnya selama, 10 bulan, 16 hari. Kalo Aa dalam 1 hari menghafal satu muka atau 1 halaman, Aa bakal menghafalnya selama 1 tahun, 8 bulan, 12 hari. Kalo Aa dalam 1 hari menghafal satu lembar atau 2 halaman, Aa bakal menghafalnya selama 10 bulan 6 hari." Alzam tersenyum usai menjelaskan. "Aa paham?"
    
Kafa mengerjap lucu lalu mengangguk. "Paham Abi."
    
"Sekarang Abi tanya, Kafa mau mulai perhari berapa ayat?"
    
Terlihat anak itu yang nampak sedang berpikir. "Sepuluh ayat aja, Bi. Jadi nanti setiap abis sholat wajib Kafa hafalin dua ayat dua ayat, terus setiap habis sholat qiyyamullail murojaah sama Abi dan Umma."
    
Alzam sempat terpengah melihat bagaimana cara berpikir anaknya itu. Rasa-rasa, Alzam sepertinya berhasil dikalahkan oleh jagoannya itu.
    
"Aa pinter, ya.... Masya Allah!" Ada jeda. "Oke, kalo itu keputusan Kafa harus konsisten, ya. Ada beberapa surat yang emang agak sulit itu untuk dihafalinnya. Abi cuma berharap meskipun Kafa nanti mungkin bisa aja hafal tiga ayat masing-masing setelah sholat wajib, itu tetep nggak boleh, ya. Harus konsisten, karena kalo gitu bakalan acak-acakan. Lebih baik lancarin hafalan. Boleh kurang tapi nggak boleh nambah. Abi kayak gitu diajarin sama Kakek soalnya."
    
"Iya, Abi. Kafa mau tanya, deh. Kalo misalnya ada orang yang cuma hafal ayatnya tapi nggak tau artinya apa itu sia-sia?"
    
Alzam menukik alisnya tajam. "Mana ada yang sia-sia kalo bersama Al-Qur'an? Bahkan meski pun kita baca tapi nggak tahu artinya kita bakalan tetep dapet sepuluh kebaikan di masing-masing huruf yang kita baca." Ada jeda. "Abi, kan, kemarin udah bilang, banyak banget keutamaan yang kita dapet. Untuk pertanyaan Kafa yang ini, tetep nggak akan sia-sia. Karena Allah Maha Mengetahui, Allah lihat perjuangan hamba-Nya itu. Dan Abi percaya, seorang penghafal Al Qur'an itu nggak berhenti sampe di situ aja."
    
"Semua itu ada tingkatannya, A. Metode orang beda-beda. Tapi dulu Abi diajarin hafalin semua ayatnya dulu, setelah itu murojaah sampe mutqin, kalo udah mutqin lanjut hafalin artinya per kata diulang-ulang sampe bisa di sambungin jadi per ayat, abis itu perlahan Abi renungin arti-arti itu terus Abi berusaha untuk amalkan. Ketika udah sampe ditahap itu seorang penghafal Al-Qur'an akan memberi manfaat kepada orang lain dengan cara menyebarkan ilmu yang dia miliki. Istilahnya dakwah. Jangankan menghafal Al-Qur'an, hijrah pun ada tingkatannya, A!"
    
Kafa tersenyum haru lalu menunduk. "Abi... Makasih, ya... Udah buat Kafa di dunia ini. Kafa beneran bahagia banget bisa masuk ke dalam rahmat-Nya juga bisa punya orang tua kayak Umma dan Abi." Ada jeda. "Karena temen-temen Kafa katanya kebanyakan orang tuanya malah acuh nggak acuh buat ngajarin hal ini."
    
Seketika Alzam tertawa. "Kamu pemikirannya lewat batas usia, ya." Ada jeda. "Jangan sampe nanti kamu udah gede pikun prematur juga."
    
Kafa mendelik meskipun tidak tahu artinya.
    
Alzam berdehem keras untuk melanjutkan pembelajarannya lagi. "Menghafal Al-Qur'an itu dengan metode 3T+1M. Yaitu Talqin---mendengar bacaan murobbi lalu mengikutinya, tafahum---memahami ayat-ayat yang akan dihafal, tikrar---mengulang-ngulang bacaan hingga hafal, murojaah---setelah hafal ulang ulangi bacaan sampe mutqin." Ada jeda. "Inget, Kafa. Menghafal Al-Qur'an jangan dijadikan ajang perlombaan. Abi dulu prinsipnya bukan seberapa lama kita menghafal tapi seberapa lama kita dengan kitabullah. Kalo ditanya seberapa lama kita hafal, itu lama banget. Selama nyawa masih ada kita bakalan terus menghafalnya meski pun udah hafal semua, itu fungsinya murojaah supaya nggak lupa. Kalo nggak murojaah itu sama aja kita mengkhianati diri sendiri, khianati usaha kita sendiri. Tujuan kita menghafal Al-Qur'an, karena Allah, karena Rasul-Nya sampai kita husnul khatimah bersama Al-Qur'an."
    
Kafa terdiam lalu mengembuskan napasnya. "Gimana Umma nggak jatuh cinta, modelannya kayak Abi gini siapa yang bisa nolak?"
    
Alzam tersenyum mesem mengingat istrinya. "Ada, dong...."
    
Kafa melotot. "Serius ada yang berani nolak Abi?!"
    
Alzam mengangguk tapi selanjutnya menggeleng. "Bukan berani nolak tapi emang Abi yang akan menolaknya."
    
"Siapa, Bi?"
    
"Bidadari surga." Ada jeda. "Karena Abi udah punya bidadari Abi sendiri. Ummamu."
    
Kafa melengos. "Abi nggak percaya, ya, kalo aku itu jodohnya Shanum?"
    
Lagi. Alzam hanya terdiam, bingung ingin berkata seperti apa.
    
"Abi tau nggak? Kafa, tuh, selalu liat apa aja yang dilakuin Umma sama Abi. Makanya Kafa selalu bilang di dalam hati, bakalan Kafa terapin sama kekasih impian Kafa."
    
Gantian Alzam yang mendelik. "Emangnya kamu liat Abi sama Umma ngapain aja?"
    
Kafa tersenyum menggoda. "Apa, ya. Itu, loh... Yang kalo abis sholat qiyyamullail peluk-pelukan, terus ummanya sesekali dicium-cium gitu pipinya kalo salah bacaannya. Terus gombalan Abi ke Umma juga udah Kafa hafalin di buku list Kafa!"
    
Alzam tersedak mau tak mau. "A.... Jangan bilang kamu ikut ngeliat proses terbuatnya Adikmu?"
    
Kafa melotot lalu menepuk pelan betis abinya. "Nggak loh, Bi. Nggak sopan itu namanya." Ada jeda. "Nanti kalo Kafa jadi mau gimana?," Selanjutnya anak itu tersenyum lebar.
    
Alzam menggeleng tak karuan lalu memijit keningnya. Demi apa pun, sekarang dirinya menyesal punya sifat seperti itu. Jujur saja, Alzam tahu jika Kafa ini dominan sikapnya ke dirinya. Pantas saja Mawar selalu bilang, kakak rese! Karena memang serese itu. Alzam baru menyadari setelah bercermin lewat anaknya.

My Heart is Calling You✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang