kode 0-0 A

33 1 0
                                    

"Woaaa! Mama lihat kura-kura itu besar sekali." Kisa berseru takjub. 

"Itu bukan kura-kura, Kisa. Itu adalah penyu." 

"Penyu? apa itu penyu? apakah penyu dan kura-kura itu berbeda..." Kisa memiringkan kepala. 

"Coba perhatikan kakinya" Ucapku sambil menunjuk. 

"Ini adalah perbedaan yang sangat terlihat dari keduanya. Kura-kura memiliki kaki yang pendek dan bulat seperti kaki gajah, serta memiliki kuku-kuku yang tajam. Sedangkan penyu  memiliki kaki berselaput yang berbentuk seperti dayung atau sirip. Kaki inilah yang digunakan penyu untuk berenang dan menghabiskan waktunya di dalam air, Kamu mengerti?" 

"...Mengerti, mama!" Dia mengangguk mantap. Aku mengacak-acak rambutnya gemas, Este terkekeh pelan. 

"Tapi ukuran penyu itu sangat besar ya mama... dia pasti memakan banyak makanan yang enak, makanya tubuhnya bisa sebesar itu. Aku juga ingin menjadi besar sepertinya!." 

"Hahaha, kalau begitu makanlah yang banyak agar kamu bertumbuh." 

"Nona, di sini mereka meletakkan informasi tentang penyu itu." Seru Este. Kisa berlari kecil menghampirinya. 

"Dimana? aku ingin melihatnya juga."

Este membantu Kisa dan menggendongnya. 

"Apakah Nona bisa membaca?" 

Kisa menggeleng. Este tersenyum memaklumi. 

"Baiklah, biar saya bantu untuk membacakan nya." 

"Dorothie seekor penyu sisik betina yang sudah hidup selama 37 tahun dan lahir pada  tanggal 19 april. Penyu merupakan satwa pemakan segala (omnivora), makanan utama bagi penyu sisik adalah spons laut dari jenis tertentu, seperti ordo Astroforida, Spiroforida, dan Hadromerida dalam kelas Demospongiae. Penyu sisik juga bisa memakan alga, cnidaria, ctenofora, ubur-ubur, serta anemon laut." 

"Este, apa itu omnivora?"

"Omnivora adalah pemakan segala, itu artinya mereka bisa memakan daging ataupun tumbuhan, itu sudah tertulis di sana." 

"... aneh, bukankah semua orang juga memakan daging dan sayur?" 

"Tidak, bukan begitu Nona. Ada tiga (3) jenis pemakan yaitu, omnivora, karnivora, dan herbivora. Seperti yang kita tahu, omnivora adalah tipe yang bisa memakan segalanya seperti daging dan tumbuhan. Lalu karnivora adalah tipe yang hanya bisa memakan daging. Sedangkan herbivora adalah jenis yang hanya bisa memakan tumbuhan." 

Dahi Kisa berkerut, berpikir keras. Dia tidak mengerti. 

"...Kenapa bisa seperti itu Este?" 

"Karena...semua makhluk di ciptakan dengan sistem pencernaan yang berbeda-beda. Ada yang di ciptakan dengan lambung yang hanya bisa mencerna serat dari daging. Ada juga yang di ciptakan dengan lambung yang hanya bisa mencerna tumbuhan. Lalu yang paling spesial adalah mereka yang di ciptakan dengan sistem pencernaan yang bisa mencerna daging ataupun hewan. Tapi kembali lagi... semuanya di ciptakan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan" 

"Sesuai dengan apa yang mereka butuhkan?" Ucap Kisa mengulang kalimat terakhir yang Este katakan.

"Iya Nona, contohnya seperti Harimau atau Serigala. Mereka adalah jenis hewan Karnivora, hewan Karnivora juga di kenal sebagai pemburu aktif. Kenapa? itu karena mereka hidup di lahan terbuka, hutan. Mereka juga hanya memiliki empat (4) kaki. Berbeda dengan monyet, mereka tidak bisa memanjat. Mereka juga tidak memiliki sirip seperti ikan, jadi mereka juga tidak bisa berenang di laut. 

Tapi meskipun begitu, mereka di karuniai cakar tajam yang mampu merobek kulit mangsanya hanya dengan sekali cakar. Dan taring yang runcing untuk menggigit mangsanya hingga mati. Apakah Nona sudah mengerti?" 

My fragile little hornTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang