35

31 3 4
                                    

Dua hari kemudian...
Keisya sedang asik bersantai di rumahnya. Tiba-tiba, ia mendapat telepon dari Mr. Adam.

Keisya: Halo Pa?
Mr. Adam: Keisya...
Keisya: Kenapa Pa?
Mr. Adam: Dara.
Keisya: Hah Dara kenapa Pa?!
Keisya: Ngomong to the point dong Pa!
Mr. Adam: Maaf, maksud Papa, Dara udah ga ada Sya.

Mendengar hal tersebut, Keisya mulai menangis.

Keisya: G-ga ada maksudnya meninggal?
Mr. Adam: Iya Keisya...
Keisya: Kemaren kondisinya baik-baik aja kok pas aku jenguk dia, kita masih sempet bercanda bareng. Ga mungkin tiba-tiba kaya gini!
Mr. Adam: Keisya... Katanya dia sempet nge-drop kondisinya sebelum meninggal.
Keisya: T-terus sekarang posisinya dia di mana?!
Mr. Adam: Udah on the way pemakaman, makanya kamu sekarang siap-siap. Di depan udah ada supir papa yang bakal nganterin.
Keisya: OTW pemakaman?! Gila cepet banget?! Padahal aku pengen mandiin dia Pa! Dia kan adik aku Pa! Kenapa aku gaboleh mandiin dia Pa?! Kenapa dia tiba-tiba mau dikubur aja?!
Mr. Adam: Keisya, Papa aja baru dikabarin beberapa menit yang lalu. Pas dikabarin katanya dia udah dimasukkin ke peti, karena emang di LIN prosedurnya gitu, harus pake peti kalo dikubur.
Mr. Adam: Papa juga sempet marah ke mereka, kenapa telat banget ngasih taunya, tapi ya kita bisa apa?
Mr. Adam: Semua udah terjadi.
Keisya: Jean gimana? Dia udah tau?
Mr. Adam: Udah.
Keisya: Kenapa Dar?!! Kenapa?!! Kemaren kamu masih seneng-seneng sama kita. Kenapa sekarang gini Dar?!
Mr. Adam: Udah udah, kamu sekarang siap-siap aja.
Keisya: I-iya Pa...

Keisya mematikan teleponnya dan menangis histeris. Ia segera bersiap-siap menggunakan pakaian hitam dan on the way ke pemakaman.

Di sana, ia bertemu dengan Mr. Adam dan Jean. Dia langsung memeluk Jean dan mereka berdua menangis. Saat berjalan menuju tempat Dara dimakamkan, hanya sedikit orang yang membantu prosedur pemakaman. Orang-orang itu juga sepertinya berasal dari LIN.

Keisya: Pak, dia jangan dikubur dulu pak. Saya mau lihat dia untuk yang terakhir kalinya.
Bapak-bapak: Maaf Dik, tidak bisa.
Bapak-bapak: Prosedurnya memang begitu, jika peti sudah ditutup, berarti peti sudah tidak bisa dibuka lagi dengan alasan apapun.
Keisya: Tolong pak, sebentar saja.
Bapak-bapak: Maaf, tidak bisa dik.
Keisya: Papa, emang prosedurnya gitu ya?

Mr. Adam hanya menggangguk.
Keisya hanya bisa pasrah menerima kenyataan sambil menangis.

Beberapa lama kemudian, proses pemakaman pun selesai. Orang-orang yang membantu pemakaman pun langsung pulang. Kini tersisa Keisya, Jean, dan Mr. Adam.

Mr. Adam: Keisya...

Keisya pun menatap Mr. Adam.

Mr. Adam: Papa turut berduka ya.

Keisya langsung memeluk Mr. Adam sambil menangis.

Mr. Adam: Keisya, Papa bentar lagi ada rapat, maaf gabisa nemenin.
Keisya: Gapapa.
Mr. Adam: Oke, kalo nanti mau pulang telpon supir Papa ya.

Keisya hanya menggangguk. Mr. Adam pun pergi.

Jean: Sya
Keisya: Hm?
Jean: Jadi inget waktu kita ke Bali bertiga, seru banget ya.
Keisya: Iya ya...
Keisya: Sekarang kita berdua lagi deh...
Jean: Iya...

Jean mendapat notifikasi dari handphone-nya bahwa ia juga harus mengikuti rapat yang Mr. Adam ikuti.

Jean: Sya...
Jean: Aku duluan ya...
Jean: Ternyata aku juga harus ikut rapat...
Keisya: Oke...
Jean: Dadah...
Keisya: Dah... hati-hati...
Jean: Iya... kamu juga...

Sekarang hanya tersisa Keisya, ia memilih untuk diam di samping makam Dara dan mengingat awal pertemuan dengan Dara hingga kejadian dengan Pak Suryo. Walau baru sebentar, ia sudah merasa kehilangan.

Akhirnya, ia berdoa untuk Dara, lalu ia pulang.

.
halo gais, part 35 ini bakal jadi part terakhir sebelum epilog! makasih yang udah setia baca, love y'all <333

maaf kalo banyak sekali kekurangan dalam cerita ini karena ini adalah pertama kalinya aku nulis cerita yang panjanggg! semoga kekurangan-kekurangan yang ada, bisa aku jadiin pelajaran buat ke depannya.

Dara (END!)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang