The Best Little Teacher Ever (29)

16 5 0
                                    

Merry, gadis siswa TK yang tak disangka pintar juga berbahasa Inggris. Bahkan Merry punya aksen yang bagus dan pronunciation atau pelafalan bahasa Inggrisnya nyaris mendekati sempurna. Cukup luar biasa untuk ukuran anak seorang imigran, walaupun ayahnya seorang warga asli Hawaii, namun lazimnya seorang anak yang beribukan warga pendatang punya kelemahan dalam pengucapan bahasa Inggris yang kurang standar, belum lagi kekurangan dalam tenses dan tata bahasa secara global.

The English Sunflower Club, sesuai namanya, English, merupakan klub bimbingan belajar bahasa Inggris khusus untuk murid-murid anak imigran. Ide yang digagas Aaron Douglas Park ini lumayan brilian sebetulnya, hanya saja mereka kekurangan relawan pengajar cilik dan tenaga pengajar dewasa. Satu-satunya guru native speaker hanya Sir Aaron yang pernah menjadi guru kursus online untuk warga pendatang baru, sementara Madame Song bermasalah dengan pemakaian tenses yang membingungkan bagi penutur bahasa Korea seperti dirinya.

Hukuman kerja sosial Sir Aaron berbuah hikmah besar bagi anak-anak perumahan Ala Moana Avenue. Anak-anak imigran yang sebagian besar orangtuanya berasal dari Korea akan menerima kursus gratis, karena tidak semua sekolah menerapkan kebijakan Kelas Sabtu cuma-cuma sebagaimana sekolah Chloe, King Liholiho Elementary School, dan kelas pengayaan bahasa Inggris ini sekaligus menjadi ajang keakraban antara orangtua murid, yang beberapa di antaranya sudah bertetangga bertahun-tahun namun masih tidak mengetahui nama masing-masing.

Ayah Chloe yang pemurung termasuk tak suka bergaul. Berhubung tidak ada waktu luang bahkan di hari libur, tanggal merah, atau akhir pekan sekalipun, ayah Chloe hanya punya kebebasan sore dengan catatan ia pulang lebih cepat pada hari-hari tertentu. Contohnya beberapa hari terakhir ini, ayah Chloe tumben-tumbenan selalu pulang sebelum pukul setengah lima petang, maka pesta sore ini termasuk kelangkaan bagi Chloe yang tak pernah didampingi ayahnya ke mana pun, termasuk ke sekolahnya. Rapor di sekolah-sekolah Amerika dikirimkan ke rumah masing-masing melalui pos, dan lazimnya disebut daftar nilai, yang menggunakan standar nilai setara indeks prestasi di bangku kuliah Indonesia, dengan A sebagai skor tertinggi dan E sebagai nilai yang terburuk.

Pesta kebun di sore hari yang santai, terlihat pemandangan sejuk seorang anak sembilan tahun mendekap kucing tabby mackerel abu, postur kucingnya gemuk, dan si anak merapat pada ayahnya dengan manja.

"Paddy, Kitten selama ini ternyata tidak jauh-jauh dari rumah kita, ya?"

"Kamu kira Paddy membuang Kitten ke tempat jauh, kan? Paddy menitipkan kucingmu pada Madame Song, sampai kamu siap bertanggungjawab sebagai pemilik hewan. Senang punya dua kucing, Nak?"

"Thank you so much, Paddy. Aku cinta pada kalian ketiganya, Lady Grey, Kitten, dan last but not least, Paddy juga, dong."

Chloe rasanya tak perlu mengungkapkan kegembiraannya dengan kata "gembira". Ia menggunakan "cinta" sebagai ungkapan kebahagiaan hatinya. Seperti cinta pada diri Madame Song, yang secara lahiriah ketus dan kurang ramah, nyatanya berjiwa sosial mencengangkan, karena kepandaian Merry berbahasa Inggris berkat  kebaikan si Madame, yang mengajak Merry kursus online bersama-sama, dan mereka saling berbagi demi mengatasi kendala bahasa, khususnya bagi Madame Song yang baru berimigrasi di usia 30 tahun dan tadinya bahasa Inggrisnya amat minim. Maklum, di rumah ia berbicara bahasa Korea dengan suaminya, sementara di luar rumah ia jarang berbincang dengan tetangga-tetangga.

Kebun belakang rumah Madame Song tak ubahnya taman bermain yang menyenangkan. Petak-petak sunflower atau bunga matahari bundar berdansa anggun beriringan dengan angin sepoi sejuk. Terdapat bangku-bangku plastik beraneka warna, dijajarkan menghadap ke meja kayu dan sebidang whiteboard besar, di teras belakang yang bisa memuat seratus tamu sekaligus dan takkan dibasahi oleh hujan tampias, terlindung pula dari matahari di sore yang terik, seperti pada hari ini.

Chloe and The Claus (FIN)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang