Hmmh! Jadi anak kecil memang serba salah! Enak ya jadi orang dewasa, selalu serba benar, serba unggul, dan serba punya kuasa di mana pun juga. Paddy bilang, anak kecil mestinya diam saja supaya tidak salah, pokoknya kamu jangan banyak tanya, katanya. Lalu Big Daddy Kevin ternyata sama saja, tuh. Janjinya meneruskan cerita Old Father Christmas tak kunjung terlaksana, padahal Chloe sudah gatal untuk tahu kelanjutan kisahnya. Apa benar ya Kakek Robin bisa menyulap ranting mati jadi pohon Natal gemerlapan? Seajaib itukah Natal di masa dahulu? Kalau di zaman abad ke-21 ini bagaimana?
Kata Big Daddy Kevin, cerita Old Father Christmas kisah yang sangat tua, dua kali lebih tua dari usia Methuselah, sementara Methuselah memiliki umur terpanjang dalam Alkitab dan merupakan kakek kandung Nabi Nuh, termasuk tokoh yang dihormati dalam Yudaisme, Kristen, dan Islam. Dituliskan Methuselah tidak pernah mati, ia diangkat ke surga pada usia 969, ya, diyakini usia Methuselah hampir mencapai sepuluh abad, walaupun sebagian percaya, usia luar biasa panjang itu merupakan kesalahan dalam penerjemahan Alkitab. Intinya, Old Father Christmas sudah berusia dua puluh abad, dan telah ada sejak zaman Masehi dimulai.
Apakah Natal yang ajaib cuma ada di masa kuno, dan sekarang manusia modern tak lagi diberikan keajaiban karena hidup mereka sudah lebih baik? Namun, Chloe yakin dan percaya, tidak semua anak seberuntung dirinya yang punya orangtua - walau ibunya ada di penjara - dan rumah - meski mengontrak dan kecil ukurannya - setidaknya ia bukan anak gelandangan yang meminta-minta. Masih banyak orang-orang malang di dunia dan mereka butuh keajaiban Natal dan kasih sayang.
Di hari Minggu berikutnya, Chloe mendapati selembar amplop dalam kotak surat, ditujukan untuknya, dari Po Box Hohoho Club sebagai pengirim surat. Ah, iya, batin Chloe, ini tugasnya sebagai sukarelawan cilik untuk membalas surat anak-anak yang merindukan Natal sukacita. Kebetulan surat yang didapatnya berasal dari anak perempuan dengan nama samaran Sunflower Moon.
Sunflower Moon seorang gadis cilik kelahiran Suriah, tepatnya dari kota Aleppo yang dulunya indah bak bunga matahari dan rembulan. Saat masih di Jakarta, Chloe sering mendengar berita tentang perang Suriah, civil war atau perang saudara berkepanjangan yang bermula dari aksi protes damai tahun 2011. Wah, astaga, bahkan Chloe belum terlahir di tahun itu, dan peperangan berlanjut hingga tahun 2023 ini, kala usia Chloe mendekati sepuluh tahun. Betapa melelahkan peperangan sepanjang itu!
Buku pelajaran sejarah Chloe menyebut, peperangan panjang itu terinspirasi oleh revolusi Kebangkitan dunia Arab, merupakan gelombang revolusi unjuk rasa dan protes yang terjadi di dunia Arab, berlangsung sejak 17 Desember 2010 hingga Desember 2012, bermula di Tunisia dan akhirnya memicu pergolakan politik, ekonomi, dan sosial di Libia, Mesir, Suriah, dan Bahrain. Namun, perang Suriah menjadi sorotan utama karena peperangan berlanjut hingga lebih dari satu dasawarsa dan menelan ratusan ribu nyawa yang mati sia-sia.
Sebelum bersekolah di Honolulu, Hawaii, Chloe mengira antara Suriah dengan Syria adalah dua negara yang berbeda. Rupa-rupanya, Suriah adalah pelafalan Indonesia untuk Syria, dan dua nama itu merupakan negara yang sama, beribu kota di Damaskus dan memiliki sejarah sangat tua, terhitung sejak sepuluh ribu tahun sebelum Masehi sudah menjadi pusat budaya Neolitikum. Namun, tanah air Sunflower Moon kini tercabik peperangan tak berperikemanusiaan dan tanpa pandang bulu meremukkan setiap jengkal negeri tercintanya.
Dear Friend,
Senang bila kamu, ya siapa pun kamu dan siapa pun namamu, bisa membaca suratku ini. Sebut saja namaku Sunflower Moon dan usiaku tahun ini dua belas. Negeriku masih berkecamuk perang dan kami tidak lagi menganggap perang peristiwa luar biasa, karena kehidupan sehari-hari kami diisi perang dalam letusan granat tangan, desingan peluru tajam, dentuman serangan udara serta teror bom mobil, tiada habis-habisnya. Bersisian dengan perang dan ancaman kehilangan nyawa, harus kami lalui setiap detiknya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Chloe and The Claus (FIN)
General FictionChloe Noella, gadis kecil yang mencintai Natal, mesti pindah ke Honolulu sejak ibunya dipenjara atas tuduhan penipuan. Terpaksa Chloe tinggal bersama ayahnya yang sibuk dan tak punya semangat Natal, hingga hari-hari membosankan berakhir sejak seoran...