Karena aku nggak mungkin bales komentar semua, jadi kayaknya aku bikin bab ini deh.
Nggak penting sih, boleh diskip kalo kalian nggak gabut.Aku ambil pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul.
1. Endingnya kok gantung?
Untuk versi wattpadnya aku pangkas segitu.
Kalo yang ngikuti masa on going kalian beruntung karena sampe part nikah. Meskipun begitu di versi novel ada tambahan lagi, jadi lebih lengkap.2. Nggak ada penyelesaian tentang Keysha?
Ada sayang, cuma aku spil tipis aja.
Nggak aku jelasin di sini karena pastinya panjaaaaang banget. Nggak cuma tentang Naranya, Keysha yang udah terlanjur trust issue ke cowok dan dia yang udah pin Nara sebagai seseorang yang harus dia lindungi, dia nggak bakalan biarin Naresh anteng sama Nara apalagi sampe bisa nikah.
KALAU masalah dia nggak diselesain dulu. Dan itu nggak mungkin di sini, jadi ada lapaknya Re-Hello.
3. Billa siapa?
Jangankan di sini yang dispill-nya dikit aja, di Katanya Mantan yang dia itu deket banget sama tokoh utamanya aja aku nggak kasih part tentang dia di saat yang lain punya part khusus.
Kenapa? Biar bisa nebak-nebak. Dari KM sama SY ini aku yakin udah ada gambaran siapa dia sebelum bener-bener debut ke ceritanya sendiri Pacaran.
4. Ceritanya kayak webtoon True Love.
Hai, aku juga suka baca webtoon. Terkhusus I Wanna be U sama Beauty in a Click. Aku nungguin banget dua itu.
Ada mungkin 2 minggu ke belakang setiap aku scroll di Facebook pasti ada iklan webtoonnya True Love.
Aku terinspirasi dari Webtoon? Iya. Tapi bukan True love dan bukan buat alurnya juga. Entah ini bisa disebut inspirasi atau bukan, tapi yang ada sangkutannya sama webtoon itu tokoh Keysha.
Jadi.... (Tarik napas dalam)
Aku tuh berpandangan nggak ada orang yang bener-bener jahat, setiap orang pasti punya alasan. Dari dulu nggak pernah bikin tokoh yang bener-bener jahat. Pasti ada alasan yang biki dia kayak gitu.
Plot awal cerita ini adalah yang kayak sekarang udah aku beberin. Keysha punya alasan di balik semua yang dia lakuin.
Cuma ya, waktu awal nulis aku tuh kayak tergiur sama tokoh Canva Narendra.
Kok bisa terkenal banget bahkan aku yang nggak baca aja ceritanua tau dia.
Aku pengen deh nyiptain tokoh yang kayak gitu.Tapi setelah dipikir-pikir nggak mungkin. Kecuali Naresh sama Ganesh aku tanem, soalnya kebanyakan yang membekas itu yang bikin nangis 'kan?
Aku tiba-tiba keinget sama Soomin (antagonis di webtoon Marry My Husband) dia itu tokoh nyebelin, sampe di komenan webtoon lain pun dia dikenal. Sebut aja dia ratunya deh kalo soal nyebelin di dunia perwebtoonan.
Aku kepikir, apa Keysha aku bikin jadi tokoh super nyebelin aja kali ya?
Nah dari itu mungkin kalian baca Keysha diawal-awal itu maki-able banget.Jalan beberapa bab nulis, webtoon I Wanna Be U update. Aku nemu part di mana Meddie (yang punya kehidupan keras) ketemu Halley (yang punya kehidupan sempurna) aku lupa kalimatnya, intinya:
Meddie itu nggak iri sama Halley, tapi dia ingin melindungi kesempurnaan Halley itu.
Tanpa sadar itu bangkitin plot awal aku tentang Keysha dan aku nulis kayak rencana awal lagi sampe JEDER, aku dapet chat dari senior aku itu.
Pembaca yang ngikutin dari awal pasti inget banget kejadian aku yang sampe unpublish part 37 dan 38, aku yang tertampar itu sampe ngilang dalam beberapa waktu. Renungin lagi plot SY dari awal, sampe akhirnya berani lanjutin meskipun jujur aja itu aku malu banget.
Ada gitu penulis kayak aku yang perbakin alur di tengah-tengah, sambil dibaca readers pula. Fix labil banget ini penulis.
Sampai sini, nemu kah korelasi sama True Love? Nggak ada, aku juga bingung.
"Halah baperan, cuma dibilang mirip."
Aku nggak masalah dibilang mirip, toh waktu di Katanya Mantan juga ada yang bilang mirip drakor ini itu, aku B aja.
Aku nggak nonton drakornya, terus manusia di dunia ini banyak banget, nggak mungkin gitu yang kepikiran hal ini cuma aku aja.
Jadi sebenarnya dibilang mirip sama karya lain itu bukan masalah.Cuma waktu masih on going pernah ada yang bilang kalo aku plagiat True Love itu.
Kalian kesel nggak sih dibilang plagiat? Sumpah aku bad mood banget di situ.
Sampe kalo ada yang bilang mirip TL lagi aku secara spontan inget sama itu dan kesel lagi akhirnya. Nggak bisa santai lagi kalo bilang mirip itu.
(Dipikir-pikir ternyata aku memang baperan. Wkwk... )
Akhir-akhir ini webtoon lagi gembar-gembor promosiin True Love, sampe di mana-mana aku liat, kalian juga pasti liat. Yang bikin aku makin tertekan banget sama ucapan-ucapan readers yang nyangkutin ke sana.
Aku baca deh, terus ... yang bilang mirip mungkin karena selingkuh dibalas selingkuh lagi kah?
Oke aku bongkar.
Ini pengalaman pribadi.
My ex dulu selingkuh. Dia boncengin cewek itu dengan alasan rumahnya deketan sampe kissing. Samalah kayak Rega, minta dibanting.
Ego aku yang setinggi langit, akhirnya mencetuskan bahwa aku bakal balas mereka dengan selingkuh lagi. Aku nggak mau ya jadi yang terbuang. Wkwk... (Nara jaya! Jaya!)
Aku deket sama temen si Ex, niat balas dendam banget. Tapi pas si temennya nembak aku yang mundur, haha ... keburu sadar. "Gue apaan banget sih ini."
Setelah beberapa taun berlalu, aku mikir lagi, sayang banget 'kan kalo ide selingkuh aku dulu itu kalo dibuang gitu aja, jadilah aku tuangin ke novel, jreng.... Lahir Om Naresh sama Dek Nara.
Pas kalian komen, ngatain ide Nara yang ngeribetin sendiri itu sebenernya langsung jleb ke aku wkwk...
Emang bego banget sih, tapi karena aku tau banget perasaan Nara, meski yang jadi alasan ego kita itu beda, aku tetep lanjutin kebegoannya.
5. Cheryl ada ceritanya?
Nggak ada. Karena satu sifat jadi terwakili Billa.
6. Pengen kehidupan pernikahan si Om sama si Adek.
Aku nggak bisa kabulin, cuma sampe mereka nikah aja, soalnya ada cerita aku yang emang alurnya tentang pernikahan.
Coba tebak, cerita siapa?
Mmm... Apa lagi ya?
Oh, buat kalian yang punya kritik atau saran boleh kok dikeluarin
Misal part yang harus ditambahin atau dikurangin, part yang menurut kalian ganjel.
KAMU SEDANG MEMBACA
Selingkuh, Yuk? [TAMAT]
Teen FictionNara memergoki pacarnya berciuman dengan sahabat terdekatnya. Sakit hati, rasa dikhinati, semua berkumpul memenuhi rongga dadanya. Belum lagi orang-orang yang akan menatapnya iba. Berkata seberapa menyedihkan dia, ditikung sahabat sendiri. Tidak, it...