23 - A M S

1.4K 87 1
                                    

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum

Halo semua

Apa kabar?baik? Alhamdulillah

Dimohon untuk vote Karena vote itu geratisss tidak di pungut biaya,hanya saja vote bisa mengapresiasi karya penulis. Dan bisa menghargai cerita tersebut.

 Dan bisa menghargai cerita tersebut

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Happy reading 🌷

Suara adzan subuh berkumandang,dua sejoli yang sudah sah menjadi suami istri itu sedang melaksanakan sholat subuh. Sebelum melaksanakan sholat fardhu subuh mereka terlebih dahulu sholat Sunnah subuh,yaitu qobliyah subuh.

Mengapa kita melakukan sholat sunah subuh dan apa keutamaan sholat tersebut.

Sebagai umat Islam selain berkewajiban menunaikan sholat wajib, kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah, sebagaimana yang disebutkan dalam hadis .

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim).

Keutamaan sholat sunah subuh iyalah:

1. Penyempurna sholat fardhu dan sholat sunnah terbaik

Salah satu keutamaannya ialah sebagai penyempurna sholat fardhu sekaligus menjadi sholat terbaik diantara sholat sunnah lainnya sebab telah disebutkan pada hadis sebelumnya lebih baik dari dunia dan seisinya. Hal ini karena sholat subuh sendiri adalah sholat wajib yang terkadang sulit dilakukan karena sulitnya bangun pagi oleh sebagian orang, melakukan sholat sunnah subuh akan menguatkan dan mendisiplinkan waktu sholat subuh.

2. Rutinitas Mulia

“Ketika terbit fajar Subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah sholat kecuali dengan dua raka’at yang ringan”(HR. Muslim no. 723).

Jelas bahwa melakukan sholat sunnah sebelum subuh adalah rutinitas yang mulia sebab tidak semua orang mampu melakukannya. Sholat sunnah sebelum subuh dapat mendekatkan diri pada setiap kebaikan seperti disiplin di waktu sholat dan terbiasa beraktivitas sejak pagi.

3. Syafaat di hari kiamat

Diriwayatkan dalam hadis Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat sholat sunnah subuh membaca ayat قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا  (Al Baqarah 136) pada rakaat pertama  dan membaca آمَنَّا بِاللّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ  (Ali Imran 52) pada rakaat kedua” ( HR. Muslim 727).

Assalamu'alaikum Mas Santri - ENDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang