19 - A M S

1.4K 81 0
                                    

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum
Hai apa kabar?
Baik? Alhamdulillah

Terimakasih yang sudah membaca cerita saya
Dan jangan lupa untuk di vote dan share cerita saya di sosmed kalian atau rekomendasikan ke teman/sahabat.

Gak maksa ko hihi

Tim happy end??

Tim sad end??

Happy reading 🌷

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Happy reading 🌷

Saat ini nizar sedang berada di kelas.

"Kita akan belajar tentang tajwid"ucap Nizar.

"Agar dapat membaca al-Quran dengan baik dan benar, seseorang diharuskan memakai Ilmu Tajwid. Belajar Ilmu Tajwid ternyata bukan hanya mengenai hukum bacaan saja, melainkan ada hal lain seperti sifat. Lalu apa sebenarnya pengertian Ilmu Tajwid?"tanya Nizar.

Nizar melihat seluruh isi kelas,"Ada yang tau pengertian ilmu tajwid?"

"Tidak ada ya,baik saya akan jelaskan pengertian ilmu tajwid. Dengarkan baik-baik ya ini bermanfaat untuk dunia dan akhirat kelak."suruh Nizar.

"Secara bahasa, kata Tajwid (التَّجْوِيْدُ ) artinya sama dengan tahsin (memperindah), itqan (mendalam), dan ityan bi jayyid (melakukan yang terbaik). Secara istilah, ilmu Tajwid adalah ilmu yang membahas cara pengucapan huruf dan memperhatikan waqaf."bahas nizar.

"Pengertian di atas adalah sebagaimana yang disampaikan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib ketika menjelaskan pengertian tajwid. Beliau berkata :
التَّجْوِيْدُ هُوَ تَرْتِيْلُ الْحُرُوْفِ وَ مَعْرِفَةُ الْوُقُوْفِ
Artinya : "Tajwid adalah mentartilkan huruf dan mengetahui waqaf"." Lanjut Nizar

"Dari pengertian yang disampaikan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib, setidaknya terdapat 2 poin penting mengenai makna atau pengertian dari tajwid. Poin pertama adalah tartil nya huruf, sedangkan poin kedua adalah mengetahui wuquf (waqaf).
Para ulama juga ketika memberikan pengertian atau denifisi Ilmu Tajwid, menyadur perkataan sahabat Ali bin Abi Thalib di atas. Apa maksud dari tartil huruf dan mengetahui wuquf? Mari kita ulas satu per satu." Seru nizar.

"Berbicara mengenai kata tartil, tentu kata itu tidak asing bagi para pembaca al-Quran. Kata tartil diambil dari potongan QS Al-Muzammil ayat 4 yang berbunyi :
وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا
Artinya kurang lebih : "Dan bacalah al-Quran dengan tartil"

Assalamu'alaikum Mas Santri - ENDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang